iklan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Sedulurtani.com Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh.


Kentang dengan nama latin Solanum tuberosum L. termasuk dalam tumbuhan semusim yang berbentuk perdu. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan termasuk ke dalam tumbuhan berkeping dua atau dikotil.


Tanaman kentang mulai dikenalkan ke Eropa pada masa 16 dan pada kesannya menjadi kuliner pokok penduduk Eropa. Penyebaran kentang ke Asia, menyerupai Jepang, Cina, dan India dilakukan oleh orang- orang Inggris pada selesai masa ke-17.


Kentang merupakan sayuran yang terkenal di kalangan masyarakat dunia, termasuk penduduk Indonesia. Makara tidak mengherankan apabila  kentang banyak digemari, hal tersebut dikarenakan umbi ini mempunyai rasa yang gurih dan lezat.


Kentang sanggup diolah menjadi banyak sekali varian kuliner sesuai selera. Berbagai sajian tersebut, antara lain sop kentang, perkedel, kentang balado, sambal goreng, stick, dan masih banyak lagi.


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh
Kandungan gizi dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh

Selain mempunyai rasa yummy dan sanggup diolah menjadi banyak sekali sajian masakan, kentang juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Kentang merupakan sayuran batang yang kaya akan karbohidrat dan mineral. Sayuran batang ini juga mengandung protein dan pro vitamin A yang rendah.


Satu – satunya sayur dengan kandungan vitamin C yang tinggi yakni kentang. Apabila kita mau mengonsumsi kentang, maka kebutuhan vitamin C harian kita akan terpenuhi. Di bawah ini yakni tabel komposisi gizi  per 100 g Umbi Kentang.


































































































































SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)70, 003, 50
Karbohidrat (g)15, 9012, 00
Protein (g)1, 893, 00
Lemak total (g)0, 100, 50
Serat (g)2, 507, 00
Folat (µg)18, 004, 50
Niasin (mg)1, 1497, 00
Asam Pantotenat (mg)0, 2796, 00
Piridoksin (mg)0, 23918, 00
Riboflavin (mg)0, 0383, 00
Tiamin (mg)0, 0817, 00
Vitamin A (IU)7, 00< 1, 00
Vitamin C (mg)11, 4020, 00
Vitamin K (µg)2, 902, 50
Natrium (mg)6, 000, 40
Kalium (mg)455, 0010, 00
Kalsium (mg)10, 001, 00
Besi (mg)0, 739, 00
Magnesium (mg)22, 005, 50
Magan (mg)0, 1416, 00
Fosfat (mg)61, 009, 00
Seng (mg)0, 333, 00
Β-karoten (µg)4, 00
Lutein – Zeasantin (µg)21, 00

Sumber. USDA National Nutrient Data Base.


Kentang yang kaya akan kandungan gizi tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.  Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Berikut ini adalah kandungan gizi dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh.


1.  Kentang sebagai pencegah penyakit kanker


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Tanaman sayur ini bisa untuk mencegah penyakit kanker. Antioksidan dan vitamin A yang terdapat pada kentang bisa untuk mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh manusia.


Seorang profesor dari Amerika Serikat yang berjulukan Jairam Vanamala dan merupakan pakar kesehatan telah mengungkapkan pada semua orang. Beliau menyebutkan bahwa kentang ungu dan banyak sekali sayuran lainya ternyata kaya akan senyawa bioaktif, asam fenolik, dan anthocyanin. Senyawa tersebut telah terbukti bisa untuk mencegah penyakit kanker.


Beliau beserta timnya juga menyampaikan bahwa senyawa ini ternyata bisa bekerja hingga tingkat molekul. Dimana tingkat molekul ini dianggap menjadi langkah awal untuk menemukan obat bagi penyakit mematikan tersebut.


2.  Menurunkan Kolesterol


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Di dalam menjaga kesehatan tubuh banyak orang menghindari kuliner yang mengandung lemak tinggi. Kolesterol yang tinggi tidak termasuk penyakit, tetapi sanggup menimbulkan dampak jelek bagi kesehatan manusia.


Penyakit yang ditimbulkan oleh kolesterol yang tinggi, menyerupai jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Salah satu sayuran yang sanggup menurunkan kolesterol yaitu kentang.


Kandungan zat potasium yang tinggi pada kentang ini bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Akan tetapi biar tidak mengandung kolesterol cara memasaknya supaya tidak dengan cara digoreng. Jadi, alangkah baiknya dengan cara direbus biar lebih sehat untuk dikonsumsi.


Bagi seseorang yang ingin diet dengan sajian rendah kolesterol dan kalori maka dianjurkan untuk mengonsumsi kentang setiap hari.


3.  Sebagai Pencegah Penyakit Jantung


 


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Seorang profesor yang bernaman Derek Stewart berasal dari hutton Institute Skotlandia mengungkapkan terkait salah satu manfaat mengonsumsi kentang. Dari hasil studi epidomiologi yang dilakukan oleh Stewart, Belliau menyebutkan konsumsi kentang sanggup menurunkan resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.


Kentang mengandung Vitamin C, B kompleks, serat, mineral dan senyawa karatenoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta fungsi tubuh yang lainya.


4.  Menjaga Kesehatan Tulang


 


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Tulang merupakan pecahan tubuh yang berfungsi untuk menggerakan badan. Tulang juga berfungsi sebagai pembentuk struktur tubuh, sistem syaraf, pelindung otak maupun organ tubuh dari benturan yang sanggup menimbulkan cidera.


Salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang yaitu teladan makan. Pastikan tubuh mendapat asupan cukup yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang melalui apa yang kita konsumsi.


Tanpa kita sadari kentang mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kentang merupakan sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang . Kentang mengandung  Zat besi, kalsium, magnesium, fosfat, dan seng . Kandungan tersebut merupakan kombinasi baik dalam membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.


5.  Mencegah Penuaan Dini


 


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Seiring berjalanya waktu menjadi renta merupakan hal yang niscaya akan terjadi bagi semua orang.  Akan tetapi ketika ini begitu banyak orang mengeluhkan bahwa dirinya sudah terlihat renta walapun seharusnya usianya belum sedemikian. Hal yang menyerupai ini yang disebut dengan penuaan dini.


Salah satu penyebab penuaan dini, yaitu penggunaan kosmetik maupun make up berbahan kimia yang akan menciptakan wajah tampak lebih tua. Selain itu  yang menimbulkan penuaan dini yakni kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


Maka dari itu perlu pencegahan melalui pemenuhan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh. Kebutuhan gizi dan nutrisi tersebut terdapat pada sayuran kentang, maka kentang disebut sayuran yang sanggup mencegah penuaan dini.


Kandungan Vitamin C dari kentang  sebagai sumber antioksidan yang berperan bagi kehatan kulit, sehingga kulit tidak akan gampang keriput.


6.  Mengobati Wajah dari Jerawat


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Pada umumnya jerawat sering kali muncul pada wajah seorang remaja. Selain remaja, seorang yang mengalami stres berat pun juga sanggup muncul jerawat. Jerawat begitu mengganggu penampilan wajah  sehingga menciptakan kita merasa tidak nyaman.


Untuk mengatasi jerawat supaya hilang kita sanggup memakai umbi kentang. Caranya dengan mengiris tipis- tipis kentang secara melebar dan mencucinya. Selanjutnya kentang ditempelkan pada wajah yang bermunculan jerawat hingga kentang berwarna keabu- abuan.


Cara ini sanggup dilakukan setiap malam hari ketika ingin tidur. Hal tersebut dikarenakan kentang mempunyai kandungan alkali yang tinggi dan bersifat antibakteri, sehingga baik untuk membersihkan basil yang menimbulkan jerawat.


7.  Mengatasi Bengkak Pada Mata (Kantung Mata)


 


 Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Bengkak pada mata terasa begitu menggangu penampilan seseorang, terutama bagi wanita. Bengkak pada mata biasanya disebabkan lantaran kurang tidur akhir dari aktifitas yang berlebihan.


Selain kurang tidur infeksi juga bisa disebabkan lantaran menangis. Sayuran kentang bisa menawarkan efek dingin. Kentang sanggup dipakai untuk mengatasi infeksi pada mata.


Caranya yaitu dengan mengiris kentang dan meletakkan pada kedua mata yang infeksi serta biarkan selama 10 – 15 menit . Setelah itu bilas memakai air hangat secara pelan.


Baca juga : Morfologi Lengkap dan Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.)


Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh


Demikian artikel wacana Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh, semoga sanggup membantu anda dalam mencari warta yang berkaitan dengan manfaat kentang.


Jangan lupa Follow Facebook saya di Facebook




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel