iklan

Cara Gampang Mengetahui Status Kepesertaan Bpjs Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat Sms

Kali ini kami akan share perihal cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek masih aktif atau tidak. Hal ini sangat penting, mengingat salah satu syarat utama untuk dapat mencairkan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) yaitu status kepesertaan yang sudah nonaktif minimal satu bulan.

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bahwasanya secara otomatis akan non aktif (NA) ketika karyawan sudah berhenti bekerja, ketika perusahaan tidak lagi membayarkan iuran untuk pekerja yang bersangkutan. Tetapi di beberapa kasus, ada akseptor yang ternyata kepesertaannya masih aktif padahal sudah resign semenjak lama. Sehingga uang Jaminan Hari Tua tidak dapat cair.

 Kali ini kami akan share perihal cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan Cara Praktis Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS

Nah sebelum berangkat mencairkan JHT, ada baiknya dicek dulu kartu BPJS Taman Kanak-kanak kita sudah non aktif atau belum. Daripada nanti sudah jauh-jauh ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, ternyata status kepesertaan kita masih aktif, yang berujung pada ditolaknya pengajuan pengambilan tabungan JHT kita.
Baca Juga: Cara Membuat Akun BPJSTK/Jamsostek Untuk Mencairkan JHT Secara Online
Cara mengecek status kepesertaan bahwasanya dapat melalui beberapa metode. Bisa dengan bertanya eksklusif ke kantor BPJS TK, melalui website dengan cara log in memakai akun kita, melalui aplikasi BPJSTK Mobile, dan yang paling mudah tentu saja cek melalui SMS menyerupai yang akan kami bagikan kali ini. Cara ini merupakan bab dari Layanan SMS 2757 yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah pesertanya dalam mengakses beberapa isu terkait kepesertaannya.

Dan untuk dapat cek status kepesertaan via pesan singkat ini, terlebih dahulu kita wajib mendaftarkan nomor handphone dan nomor akseptor BPJS Ketenagakerjaan kita. Pendaftarannya sangat gampang alasannya juga dapat dilakukan via SMS. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam registrasi yaitu KTP elektronik, kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) dan pulsa secukupnya, alasannya layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Untuk dikala ini provider yang mendukung layanan ini hanyalah Simpati, Indosat dan XL.

Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

No KTP, nama akseptor dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan yang tercantum di E-KTP. Untuk abjad silakan ditulis dengan abjad besar. No akseptor juga harus diisi sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS TK, jangan kurang seangka atau sehuruf pun. Untuk email kalau tidak punya tidak diisi tidak apa-apa.

Kemudian kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890002#YENNY SUSANTI#30-10-1989#11025697118001#yennysusanti@gmail.com

Kirim ke 2757

Setelah nomor handphone dan nomor rujukan terdaftar, kita sudah dapat menggunakannya untuk cek status kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak melalui SMS. Format SMS-nya yaitu menyerupai ini:

STATUS(spasi)TK#NO. PESERTA

Kirim ke 2757.

Contoh:

STATUS TK#11025697118001

Kemudian kirim ke 2757.

Oh iya, registrasi ini hanya diperuntukkan bagi yang belum pernah mendaftar. Jika sebelumnya nomor HP sudah pernah dipakai mendaftar Layanan SMS 2757 lainnya, contohnya untuk cek JHT via SMS, maka tidak perlu daftar ulang lagi.

Atau kalau teman-teman ingin mengganti nomor yang sebelumnya pernah dipakai mendaftar dengan nomor yang baru, ada layanan khusus ganti nomor dengan cara ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#NO HP lama#NO. KTP, kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR GANTI HP#085233334444#1401073010890002

Kirim ke 2757

Demikianlah cara cepat mengetahui isu status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) kita, apakah sudah nonaktif atau masih aktif melalui layanan SMS 2757. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pekerja akseptor BPJS Taman Kanak-kanak di manapun berada. Selamat bekerja.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Cara Gampang Mengetahui Status Kepesertaan Bpjs Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat Sms"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel