iklan

Cara Menanam Merica Atau Lada Di Pot, Mudah

 


Cara menanam merica atau lada ternyata tidak harus ditanam dilahan yang luas saja akan tetapi tumbuhan merica atau lada sanggup juga ditanam di pot. Dengan cara menanam merica atau lada di rumah kita maka kebutuhan bumbu dapur berupa merica atau lada ini sanggup kita penuhi sendiri sehingga ibu rumah tangga tidak perlu lagi membeli di pasar, selain itu kelebihan panen merica atau lada sanggup dijual untuk menambah penghasilan keluarga.


Tanaman merica atau lada perdu memiliki nama latin Piper Albi Linn yaitu merupakan jenis tumbuhan yang banyak memiliki kandungan kimia mirip minyak lada, minyak lemak serta pati. Tanaman merica atau lada perdu ini memiliki sifat sedikit pahit, hangat, pedas dan antipiretik. Dan kita semua tahu bahwa tumbuhan merica atau lada perdu ini sudah ada dan sudah populer di Indonesia semenjak puluhan masa yang kemudian dan telah menjadi komoditas perdagangan dunia.


Merica merupakan salah satu rempah rempah asal Indonesia yang sudah populer semenjak jaman dahulu dan merica atau lada perdu ini biasa dipakai oleh ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan. Karena merica rasanya agak pedas maka merica sanggup menghangatkan badan kalau kita mengkonsumsinya. Tanaman merica ini merupakan jenis tumbuhan yang tidak menjalar atau merambat tetapi berbentuk perdu sehingga tumbuhan merica termasuk kedalam jenis tumbuhan perdu.


Harga dari merica ini cukup menjanjikan alasannya ialah dari waktu kewaktu selalu mengalami kenaikan, sehingga jenis tumbuhan merica ini sanggup menjadi salah satu alternatif untuk dibudidayakan oleh para petani sebagai peluang perjuangan dengan hasil hemat yang bagus. Bagi ibu rumah tangga, tumbuhan lada sanggup ditanam di pot untuk mengisi pekarangan rumah sebagai pengganti tumbuhan hias yang bermanfaat dan sanggup menambah penghasilan keluarga.


Cara menanam merica atau lada ternyata tidak harus ditanam dilahan yang luas saja akan tet Cara menanam merica atau lada di pot, mudah
Merica atau lada kering

Tanaman merica atau lada perdu sanggup menghasilkan setiap tahun dan tumbuhan merica yang ditanam di pot sanggup menghasilkan merica sebanyak 200 s/d 300 gram untuk setiap potnya. Untuk tumbuhan merica yang sudah berumur diatas 3 tahun akan sanggup menghasilkan merica sebanyak 500 gram untuk setiap potnya, dan harga merica di pasaran mencapai lebih dari 100 ribu rupiah untuk 1 kg. Marilah kita salurkan hobi bercocok tanam kita dengan cara mencoba cara menanam merica di pot dan berikut akan kita uraikan tahap tahap dalam cara menanam merica di pot yang sanggup kita gunakan sebagai pedoman. (Baca juga : Cara menanam kacang hijau, panen bagus)


Cara menanam merica atau lada perdu dan pembibitan merica atau lada perdu


Cara menanam merica atau lada ternyata tidak harus ditanam dilahan yang luas saja akan tet Cara menanam merica atau lada di pot, mudah
Bibit tumbuhan merica atau lada perdu

Sebelum kita mulai menanam merica atau lada perdu maka kita perlu melaksanakan pembibitan tumbuhan merica atau lada perdu terlebih dahulu. Pembibitan merica atau lada perdu ini sanggup kita lakukan dengan cara stek cabang primer dan sekunder, atau sanggup juga dengan stek bertapak yaitu stek cabang primer yang menyertakan sulur panjar.


Media semai yang kita gunakan berupa tanah yang dicampur dengan pupuk Trichokompos dan pasir dengan perbandingan 7 : 3 : 1, kemudian ketiga adonan media semai tadi kita campur hingga rata. Setelah media semai tercampur rata maka masukkan media semai kedalam polybag. Tahap selanjutnya masukkan biji merica atau lada kedalam media semai kemudian tutup dengan plastik supaya matahari sanggup masuk sekitar 60 s/d 70 %. Lidungi biji merica dari serangan hama dengan cara memasang jaring. Setelah biji merica yang kita semai berumur 4 s/d 5 bulan maka benih biji merica sudah mulai berakar dan sudah mulai sanggup kita pindahkan ke media tanam. Kita sanggup memakai zat organik Trichoderma pada media semainya untuk sanggup merangsang pertumbuhan akar dari bibit merica atau lada perdu tersebut.


Cara menanam merica atau lada perdu  dan persiapan media tanam


Sebelum proses menanam merica atau lada perdu di halaman rumah kita, maka kita harus mempersiapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam sanggup kita buat sendiri dengan memakai tanah yang dicampur dengan sekam bakar atau arang sekam dan pupuk sangkar dengan perbandingan 5 : 1 : 2, sesudah media tanam tercampur rata maka biarkan media tanam selama 2 ahad sebelum dipakai untuk menanam tumbuhan merica atau lada perdu.


Pupuk yang kita gunakan untuk sanggup meningkatkan kesuburan tanah ialah pupuk sangkar sebanyak 10 kg, pupuk Trichokompos sebanyak 10 kg dan kapur sebanyak 500 gram dan Trichoderma 100 gram, dan pot yang kita gunakan memiliki diameter 50 cm dan tinggi pot 40 cm.


Pemupukan sanggup dilakukan secara teratur supaya pertumbuhan tumbuhan merica atau lada perdu sanggup optimal dan penanaman tumbuhan merica atau lada perdu sanggup dilakukan 2 ahad sesudah pemberian pupuk dasar.


Pemberian pupuk kandang, kompos maupun pupuk NPK sangat dibutuhkan media tanam supaya unsur hara yang dibutuhkaan oleh tumbuhan merica atau lada perdu sanggup terpenuhi dengan baik. Berikut dosis pupuk dan kapan perlu diberikan pupuk tersebut :



  • Setiap tahun diberikan pupuk sangkar sebanyak 5 kg untuk setiap tumbuhan merica

  • Pupuk NPK sebayak 50 gram untuk setiap tumbuhan merica diberikan di tahun pertama

  • Pupuk NPK sebanyak 100 gram untuk setiap tumbuhan diberikan di tahun kedua

  • Pupuk NPK sebanyak 200 gram untuk setiap tumbuhan diberikan di tahun ketiga

  • Pemupukan dilakukan secara teratur sebanyak 4 kali dalam 1 tahun.


Cara menanam merica atau lada perdu dan proses penanaman bibit merica atau lada perdu


Setelah bibit merica berumur 4 bulan maka bibit merica sudah mulai sanggup dipindahkan dari media semai ke dalam pot. Dalam proses pemindahan bibit merica dari media semai kedalam pot harus kita lakukan secara hati hati supaya tidak merusak akarnya.


Buatlah lubang pada media tanam yang ada di pot kemudian masukkan bibit merica tersebut kedalam lubang yang kita buat tadi. Selanjutnya padatkan media tanam dan siram dengan air secukupnya supaya bibit merica tidak layu dan stres.


Cara menanam merica atau lada perdu dan pemeliharaannya


Pemeliharaan terhadap tumbuhan merica atau lada perdu harus kita lakukan sesudah proses menanam selesai. Pemeliharaan ini perlu dilakukan supaya tumbuhan merica atau lada perdu sanggup tumbuh dengan baik dan optimal.


Berikut beberapa langkah atau aktivitas pemeliharaan terhadap tumbuhan merica atau lada perdu yang sanggup kita lakukan yaitu :



  • Penyiraman : penyiraman sanggup kita lakukan secukupnya saja dan diubahsuaikan dengan kondisi media tanamnya

  • Penyiangan : penyiangan harus kita lakukan segera apabila terdapat gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan merica atau lada perdu dan kita harus mencabut rumput liar yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan merica

  • Pemangkasan : apabila tumbuhan merica terlalu rimbun maka kita perlu melaksanakan pemangkasan cabang cabangnya

  • Membuatkan penyangga : penyangga yang terbuat dari kayu atau bambu dibutuhkan untuk sanggup menyangga tumbuhan merica supaya tidak menyentuh tanah


Cara menanam merica atau lada perdu dan pengendalian hama serta penyakit


Cara menanam merica atau lada ternyata tidak harus ditanam dilahan yang luas saja akan tet Cara menanam merica atau lada di pot, mudah
Penyakit kuning tumbuhan merica atau lada perdu

Tanaman merica atau lada perdu sanggup diserang oleh hama maupun penyakit, apabila kita tidak menjaga percabangan tumbuhan merica atau lada perdu ini sehingga tumbuhan merica atau lada perdu menjadi terlalu rimbun dan menciptakan kelembaban disekitar tumbuhan cukup tinggi. Untuk mengatasi kelembaban udara yang cukup tinggi tersebut kita sanggup mengembangkan penyangga dari kayu mirip para para dan untuk mengendalikan hama maupun penyakit tumbuhan merica atau lada perdu ini maka kita sanggup memakai biopestisida dan agensi hayati.


Penyakit sering menyerang tumbuhan merica atau lada perdu dan cara mengatasinya antara lain :



  • Penyakit amis pangkal batang sanggup diatasi dengan memakai Jamur Trichoderma

  • Penyakit kuning sanggup diatasi dengan memakai kuman pasteuria penetrans

  • Hama walang sangit sanggup diatasi dengan memakai jamur beuveria bassiana


Jenis biopestisida yang sanggup dipakai untuk mengendalikan hama tumbuhan merica atau lada perdu ialah ektrak biji bengkuang, tepung cengkeh dan ekstrak akar tuba.


Cara menanam merica atau lada perdu dan cara panen merica atau lada perdu


Cara menanam merica atau lada ternyata tidak harus ditanam dilahan yang luas saja akan tet Cara menanam merica atau lada di pot, mudah
Panen merica atau lada perdu

Tanaman merica atau lada perdu mulai sanggup dilakukan panen sesudah tumbuhan merica atau lada perdu berumur 12 bulan sesudah masa tanam. Namun demikian sebaiknya pada umur 12 bulan pertama bunga dan buah yang terbetuk dibuang terlebih dahulu,  supaya  untuk selanjutnya sanggup meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen tumbuhan merica atau lada perdu menjadi lebih bagus.


Apabila kita sanggup melaksanakan budidaya tumbuhan merica atau tumbuhan perdu dengan baik dan benar maka di tahun ke 2 kita sanggup menikmati panen merica atau lada perdu tersebut, dengan hasil panen kira kira 150 s/d 200 gram lada kering untuk setiap tumbuhan merica atau lada perdu tersebut. Dan pada tahun ke 3, biasanya panen akan meningkat lagi menjadi 350 s/d 500 gram merica atau lada kering untuk setiap tumbuhan merica atau lada perdu.


Demikian cara menanam merica atau lada perdu di pot yang sanggup kita coba dengan mencoba membudidayakannya di rumah. Semoga bermanfaat.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Merica Atau Lada Di Pot, Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel