iklan

Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)

contoh gampang menciptakan neraca saldo perusahaan dagang  Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)

Neraca Saldo Perusahaan Dagang – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai neraca saldo perusahaan jasa, tak lengkap rasanya bila tidak menciptakan rujukan neraca saldo bagi perusahaan dagang.

Langkah-langkah pembuatan neraca saldo baik perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa intinya tidak jauh berbeda. Sumber penyusunan neraca saldo perusahaan dagang juga berasal dari informasi di buku besar.

Yang membedakan antara neraca saldo dari kedua jenis perusahaan ini yaitu ketika pemostingan ke buku besar, bila pada neraca saldo perusahaan jasa yaitu hasil acara posting dari jurnal umum ke buku besar, namun pada neraca saldo perusahaan dagang yaitu hasil acara posting dilakukan dari jurnal khusus ke buku besar.

A. Cara Praktis Prosedur Menyusun Neraca Saldo


Setidaknya ada empat langkah yang harus dilakukan untuk menyusun sebuah neraca saldo perusahaan dagang. Ke empat langkah ini cukup gampang untuk dilakukan, meskipun gampang kita sebaiknya juga tetap cermat semoga tidak ada yang salah dalam prosesnya baik Analisa, perhitungan atau pemindahan data dari langkah-langkah yang dilakukan.
Apa saja empat langkah itu?

  1. Siapkan format neraca saldo. menyerupai yang dijelaskan diatas.
  2. Meninjau buku besar dan memindahkan setiap rekening beserta isyarat akun dan saldo kesannya dari buku besar ke dalam neraca saldo secara urut dan sistematis.
  3. Langkah selanjutnya sehabis dipindahkan dari buku besar yaitu menjumlahkan total saldo yang berada di kolom debet dan kredit.
  4. Setelah diketahui hasil kolom debet dan kredit langkah selanjutnya yaitu memastikan bahwa kedua kolom tersebut hasilnya seimbang (balance).

**Catatan : Apabila hasilnya berbeda atau tidak seimbang maka yang harus dilakukan yaitu periksa kembali pemindahan dari buku besar kedalam neraca saldo. bila sudah diketahui letak kesalahannya maka ulangi lagi langkah nomer 3.

B. Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang


Berikut ini yaitu rujukan perpindahan dari buku besar ke neraca saldo UD. Sinar pada bulan Juli 2017.

Baca: Inilah Pengertian, Fungsi, Bentuk dan Contoh Buku Besar Akuntansi

Buku Besar
UD. SINAR 
Periode Juli 2017

contoh gampang menciptakan neraca saldo perusahaan dagang  Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)

contoh gampang menciptakan neraca saldo perusahaan dagang  Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)

Neraca Saldo 
UD. SINAR
Periode Juli 2017

No. Akun Nama Akun Debet Kredit
111 Kas Rp. 15.000.000
112 Piutang Dagang Rp. 10.000.000
113 Persediaan Rp. 5.000.000
210 Utang Dagang Rp. 8.500.000
310 Modal Tn. Nakula Rp. 15.000.000
410 Penjualan Rp. 25.000.000
510 Pembelian Rp. 15.000.000
610 Biaya Gaji Rp. 3.500.000
  Total Rp. 48.500.000 Rp. 48.500.000

Keterangan

  1. Gambar diatas memperlihatkan informasi wacana proses penyusunan neraca saldo perusahaan dagang yang berupa kas ,piutang dagang penjualan dan retur pembelian.
  2. Dari gambar tersebut dapat kita lihat proses pencatatan dari buku besar kedalam neraca saldo. langkahnya yaitu memindahkan jenis akun harta yaitu kas dengan isyarat akun beserta saldonya.
  3. Saldo yang terakhir diperoleh yaitu saldo yang akan ditulis pada neraca saldo.

Neraca saldo perusahaan dagang disusun sehabis dilakukan pemostingan dari jurnal baik jurnal umum atau jurnal khusus kedalam buku besar. Setelah dikelompokkan dengan akun sejenis di buku besar langkah selanjutnya yaitu memindahkan akun rekening beserta isyarat dan jumlah saldo kesannya kedalam neraca saldo.

Itulah tadi klarifikasi mengenai Contoh 4 Cara Praktis Membuat Neraca Saldo Perusahaan Dagang semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Baca: 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel