iklan

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan – Pengertian laporan keuangan secara singkat diartikan sebagai citra wacana kondisi keuangan suatu perusahaan secara positif atau sebenarnya.. analisis laporan keuangan dibutuhkan untuk menerjemahkan informasi pada laporan keuangan. Pada artikel ini akan dijelaskan fungsi laporan keuangan secara umum dan secara khusus untuk fungsi jenis-jenis laporan keuangan menyerupai neraca, laporan keuntungan rugi, perubahan modal dan laporan arus kas.

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum


Proses akuntansi tentu tidak bisa lepas dari laporan keuangan sebab laporan keuangan mempunyai fungsi yang sangat penting baik fungsi bagi internal perusahaan maupun pihak ekstern sebagai pihak pemakai informasi keuangan.

Fungsi Laporan keuangan secara umum sanggup di bagi menjadi :

  1. Sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja perusahaan
  2. Menyusun Perencanaan Kegiatan Perusahaan
  3. Mengendalikan Perusahaan
  4. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan
  5. Pertimbangan dan pertanggung balasan pada pihak Ekstern

1. Alat Mengetahui Kondisi Keuangan dan Kinerja Perusahaan

Untuk melihat acara perjuangan atau kegiatan operasional perusahaan telah berjalan baik ataupun sebaliknya bisa kita lihat atau analisis melalui laporan keuangannya. Misalnya pada laporan keuntungan rugi kita bisa melihat keuntungan perusahaan. kalau manfaatnya tinggi itu berarti kinerja perusahaan sanggup berjalan baik atau sesuai dengan yang diharapkan. Namun kalau terjadi sebaliknya, maka perlu dilakukan penilaian serta tindakan lanjutan.

Berbagai informasi dalam laporan keuangan yang mencakup kas, asset, piutang dan modal perusahaan. Kita sanggup mengetahui kondisi keuangan sebetulnya apakah dalam kondisi baik, tidak baik atau bahkan buruk. Itulah salah satu fungsi dari laporan keuangan.

2. Dasar Penyusunan Rencana Kegiatan Perusahaan

Informasi yang berisi wacana kemampuan perusahaan dalam mengelola kegiatannya selama satu periode bisa di lihat pada laporan keuangan. Informasi kemampuan yang dimaksud yakni dari segi penggunaan dana/keuangan. Informasi keuangan tersebut tentu sanggup membantu perusahaan dalam penyusunan planning kegiatan perusahaan yang efektif dan bisa dilakukan administrasi sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan ingin melaksanakan promosi produknya dan mempertimbangkan jenis promosi apa yang akan dilakukan, apakah melalui marketing atau media online. Kegiatan marketing tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Saat perusahaan menyusun rincian biaya promosi dan diadaptasi dengan kondisi keuangan perusahaan, apakah keuangan perusahaan bisa membiayai kegiatan marketing atau hanya melalui media online saja.

Bayangkan seandainya perusahaan tidak mempunyai informasi keuangannya sendiri, tentu akan sulit dalam menyusun planning kegiatan dan resiko kegagalan atau kerugian akan semakin besar terjadi.

3. Sebagai Alat Mengendalikan Perusahaan

 Fungsi laporan keuangan juga sebagai citra wacana beberapa faktor yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Misalnya saja di dikala suatu perusahaan mempunyai banyak piutang yang tertunggak di perusahaan lain maka sebagai antisipasi yang dilakukan perusahaan yakni mengurangi jumlah penjualan kredit dan meningkatkan penagihan piutang. Gambaran wacana informasi keuangan tersebut sanggup memudahkan administrasi perusahaan dalam mempertimbangkan langkah selanjutnya.

4. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan

 Seperti yang sudah banyak dijelaskan sebelumnya, bahwa adanya informasi keuangan yang tersedia di laporan keuangan yakni sanggup memudahkan pihak manejemen perusahaan dalam mengambil kebijakan atau menciptakan keputusan untuk melaksanakan kegiatan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

5. Sebagai Pertimbangan dan Pertanggung balasan Pada Pihak Ekstern 

Pihak yang menjalin kerjasama dengan suatu perusahaan bisa disebut sebagai pihak ekstern. Contohnya perusahaan yang menginvestasikan modalnya atau forum perbankan yang memperlihatkan dukungan perusahaan tentu ingin juga melihat perkembangan perusahaan melalui laporan keuangan yang disusun perusahaan. inilah fungsi laporan keuangan sebagai bentuk pertimbangan. Dan fungsi pertanggungjawaban contohnya kepada forum pemungut pajak yang membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung jumlah pajak perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan Menurut Jenis Laporannya


Fungsi laporan keuangan berdasarkan jenis laporannya sanggup dijelaskan menyerupai berikut ini.

1. Neraca

  • Menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu.
  • Memberikan informasi mengenai alokasi penggunaan dana perusahaan yang menjadi kebijakan invstasi perusahaan.
  • Memberikan informasi wacana asal sumber dana yang dipakai untuk membiayai investasi.

Baca Juga : Bentuk Neraca Staffel dan Skontro “Mudah”

2. Laporan keuntungan rugi

  • Laporan ini sanggup menilai keberhasilan operasi serta efisiensi administrasi di dalam mengelola kegiatan perusahaan.
  • Dapat menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan atau profitabilitas dari modal dana yang diinvestasikan kedalam perusahaan.
  • Sebagai dasar untuk menciptakan perencanaan keuntungan di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

3. Perubahan ekuitas

  • Memberikan informasi wacana perubahan aktiva
  • Memberikan informasi wacana peruabahan kewajiban
  • Memberikan informasi pemikiran modal perusahaan terutama menyangkut modal pemilik perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian, Contoh dan Unsur Laporan Perubahan Modal

4. Ailran kas 

  • Memudahkan investor atau forum yang memperlihatkan dukungan dana (kreditur) dalam memperkirakan kas (baik berupa bunga, deviden atau pengembalian dana yang di berikan ke perusahaan) yang akan diterima.
  • Memudahkan administrasi perusahaan dalam memperkirakan resiko yang mungkin terjadi dan antisipasi yang akan dilakukan.

Baca Juga : Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh

Itulah tadi klarifikasi mengenai Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan , biar bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi juga artikel lainnya. Terimakasih.

Kunjungi Juga :


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel