iklan

General Chemistry 10Th Ed. (Raymond Chang)

Raymond Chang yaitu Buku Sejuta Umat

Ya memang, buku ini paling simpel ditemui di toko buku besar, contohnya saja Gramedia. Raymond Chang memang dikenal sebagai buku yang dipakai dimana-mana, bahkan banyak perpustakaan yang punya. Seringnya, buku ini menjadi rujukan buku-buku Kimia SMA, terbukti dari rata-rata buku Kimia Sekolah Menengan Atas mencantumkan goresan pena Raymond Chang sebagai rujukan di Daftar Pustaka. Secara ajaib, versi Internasional keluaran Mc-Graw Hill buku ini juga jadi “merchandise” Pelatnas I IChO 2018.

Dari segi penampilan, buku ini menarik dan yummy dibaca. Colorful. Itu yang saya suka dari buku ini, jadi tidak bosan bacanya. Covernya pun wow, dibentuk dengan sangat ciamik. Secara penampilan, buku ini tidak kalah dari buku-buku lain.

Namun, dari segi isi, berdasarkan beberapa alumni OSN, buku ini cukup ‘rendah’, dalam artian tidak sekaya buku Kimia Dasar lainnya. Salah satunya mengutip dari seorang IMBA berjulukan Dean Fanggohans (langsung klik link ke ask.fm doi):

 

Q: 10) Buku bacaan / rujukan buat OSN kimia apaan yah?

Mungkin pertanyaan ginian dapat ditanyakan ke orang yang lebih ahli.
Kan banyak tuh, medalist OSN kimia yang juga punya ask.fm. Soalnya saya juga nanya ke mereka pas awal-awal berguru kimia.

Tapi jikalau saya sih, referensinya ini:


Chemistry The Central Science – Theodore E. Brown


Kimia Dasar: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Modern – Ralph H. Petrucci


Principles of Modern Chemistry – David W. Oxtoby


Buat yang kimia dasar sih. Tiga? Iya tiga, soalnya masing-masing punya kelebihan tersendiri.
Terserah sih mau yang mana, asal bukan yang Raymond Chang aja. Kalau Chang, isinya beneran dasar banget buat kimia dasar, kurang lah jikalau buat OSN.
Kita pastinya cari yang lebih lah, setidaknya Petrucci. (Okay, this is totally my opinion. Yours may be different.)

Kalau yang kimia organik sementara masih labil. Ada yang nyaranin bukunya Fessenden, Clayden, McMurry, dll. Bedanya ga banyak sih, paling di cara penyampaian, urutan bab, sama ilustrasi.
Jadi, cari aja yang covernya cantik, biasanya nambah semangat baca (?).

Oke, kembali ke topik. Memang benar, apabila dianalisa lebih lanjut, konten di buku karangan Raymond Chang ini masih jauh dibawah buku-buku lain ibarat Petrucci atau Oxtoby (berat!). Namun, mungkin untuk pemula atau keperluan kuliah buku ini tidak mengecewakan cocok (menurut saya). Sangat direkomendasikan juga buat yang ingin mengambil tes kurikulum Internasional atau A-level, alasannya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Overall, buku ini sangat layak dibaca terutama apabila basic kimia anda masih belum ada.

 

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "General Chemistry 10Th Ed. (Raymond Chang)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel