iklan

Macam-Macam Perjuangan Dagang Yang Dapat Anda Pilih

macam perjuangan dagang yang sanggup Sahabat PoBis pilih kalau Anda tertarik untuk menjalankan bisn Macam-Macam Usaha Dagang Yang Bisa Anda PilihBerikut ini macam-macam perjuangan dagang yang sanggup Sahabat PoBis pilih kalau Anda tertarik untuk menjalankan bisnis tanpa repot dengan urusan produksi. Usaha dagang memang sanggup jadi pilihan bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan urusan produksi. Bisnis Anda hanya seputar jual dan beli barang dagangan. Bahkan sanggup pula hanya sekedar sarana pemasaran dan distribusi belaka, tanpa ada kaitannya dengan urusan pembelian.


Ada macam-macam perjuangan dagang yang sanggup Anda pilih dan masih-masing jenis juga mempunyai aksara yang berbeda cara operasi yang berbeda hingga spektrum perjuangan yang berbeda. Dan berikut beberapa pembagian macam-macam perjuangan dagang.


Baca juga: Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong


Macam-Macam Usaha Dagang Berdasar Lini Produk


Pengelompokan pertama dari macam-macam perjuangan dagang ialah berdasar lini produknya, terbagi dalam 3 jenis perjuangan dagang yakni :



  • Usaha dagang skala umum

    Di sini Anda menjual segala jenis produk, mulai dari makanan, materi makanan, produk konsumsi, hingga produk lain ibarat pakaian, obat, elektronik, mainan dan lain sebagainya. Biasanya perjuangan macam ini beroperasi untuk melayani kebutuhan umum dengan skala luas, tanpa pengkotakan pasar. Konsep perjuangan ini dijalankan dari spektrum kelontong hingga skala lebih besar ibarat supermarket.

  • Usaha “single – line”

    Usaha ini merupakan bentuk pengerucutan dari macam-macam perjuangan dagang dalam skala umum. Anda hanya menjual 1 jenis barang saja atau beberapa ragam barang dari jenis yang sama. Misalkan toko penjualan perabot dan pakaian bayi, toko elektronik, toko busana, toko meubel, toko olahraga dan lain sebagainya. Spektrum usahanya juga bis beragam, dari kelas toko kecil hingga departemen store.

  • Usaha dagang produk khusus

    Usaha dagang ini juga kerap Anda jumpai di sekitar Anda. Misalkan saja toko sepatu merek tertentu, toko bakery merek tertentu, toko ponsel, toko aksesoris merek tertentu, toko produk susu, toko topi, toko jaket, dan lain sebagainya. Konsep produk khusus sanggup berarti ganda, khusus dalam arti merek tertentu atau khusus hanya jenis tertentu saja.


Baca juga: Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir


Macam-Macam Usaha Dagang Berdasar Kapasitas Dan Jangkauan Usaha


Selain berdasar jenis produk yang dijual, pembagian macam-macam perjuangan dagang juga sanggup didasarkan pada kapasitas dan jangkauan perjuangan yang terbagi lagi dalam pengelompokan berikut ini.



  • Usaha skala distribusi besar

    Anda yang bergerak dalam bidang perjuangan dagang skala distribusi besar cenderung bergerak dalam bulat yang luas. Kadang beberapa dari pelaku perjuangan ini menjadi pemilik hak distribusi atas satu atau beberapa jenis merek dagang. Seluruh penjualan produk, di kota bersangkutan berada dalam naungan perjuangan dagang Anda.

  • Usaha penjualan agen

    Skalanya memang dibawah distribusi besar tetapi berada di atas pengecer. Biasanya mereka menjual dalam skala lebih besar namun tidak bertanggung jawab terhadap penjualan satu wilayah. Mereka juga sanggup menggerakan tim pengecer atau agen-agen kecil untuk membantu penjualan mereka secara lebih luas. Mereka sanggup menjalankan perjuangan macam ini dalam bentuk online atau offline.

  • Pengecer

    Meski dikatakan pengecer, jangan Anda kira perjuangan dagang macam ini selalu berarti kelontong. Karena pengecer juga sanggup berarti perjuangan online, supermarket, minimarket dan lain sebagainya. Pengecer juga sanggup bekerja dalam bentuk sistem direct selling.

  • Dropshiping

    Konsep ini berbeda dari konsep penjualan yang lain. Karena ada ketentuan khusus dimana penjual hanya berstatus sebagai distributor pemasaran. Kedudukan unik ini memberinya kebebasan untuk menjual tanpa persediaan melainkan dengan hanya berbekal katalog. Dari katalog ini mereka akan mendapatkan pesanan dari konsumen yang kemudian menyampaikannya kepada produsen.

    Pihak produsen yang nantinya akan melaksanakan pengiriman barang. Kadang pihak produsen juga menyediakan agen-agen besar atau distributor besar di kota-kota tertentu untuk melayani kebutuhan pemesanan dan pengambilan barang. Sistem ini juga diadopsi dalam beberapa perjuangan penjualan langsung.

  • Ekspor Impor

    Satu lagi kelompok perjuangan dagang yang berbeda dari kelompok yang lain. Jenis perjuangan ini bekerja dengan cara unik melaksanakan transaksi lintas negara. Mereka juga bekerja tanpa berkaitan dengan produksi, alasannya ialah mereka hanya menemukan pembeli dari luar untuk membeli produk yang tertentu dari dalam negeri. Atau sebaliknya, menemukan pembeli dalam negeri untuk membeli produk dari luar.

    Beberapa dari perjuangan dagang macam ini bahkan tidak berurusan dengan sistem distribusi dari produk yang mereka perdagangkan saat produk tersebut sudah berhasil menyelesaikan transaksi luar negerinya.


Banyak usaha dagang yang menguntungkan yang sanggup Anda kembangkan. Dari ragam dan macam-macam perjuangan dagang yang kami informasikan di atas, manakah yang merupakan jenis perjuangan dagang yang sesuai untuk Anda jalankan?


sumber gambar: gg2.net



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Macam-Macam Perjuangan Dagang Yang Dapat Anda Pilih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel