iklan

Inilah 5 Tugas “Utama” Forum Keuangan Bank Dan Non Bank Beserta Fungsinya

peran forum keuangan bank dan non bank Inilah 5 Peran “Utama” Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Beserta Fungsinya

Peran forum keuangan – Masalah pokok yang kemungkinan dialami oleh pemilik perjuangan baik individu maupun tubuh yakni kebutuhan dan ketersediaan dana untuk modal usahanya. Lembaga keuangan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan ternyata banyak membantu para pelaku usaha, sebab memperlihatkan solusi kebutuhan dana tersebut. 

Lembaga keuangan baik bank dan non bank bertindak sebagai forum yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabah, dan pada umumnya forum ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.

Bentuk umum dari forum keuangan ini seperti:

  1. Perbankan
  2. Credit Union
  3. Pialang Saham
  4. Aset manajemen
  5. Modal Ventura
  6. Koperasi
  7. Asuransi
  8. Dana pensiun
  9. Building society (sejenis koperasi di Inggris)

Fungsi Lembaga Keuangan


Lembaga keuangan berfungsi sebagai jasa mediator antara pemilik modal dan pasar utang yang bertanggungjawab dalam penyaluran dana dari investor (pemilik dana) kepada individu maupun tubuh yang membutuhkan dana tersebut.

Lembaga Keuangan inilah yang memfasilitasi peredaran uang dalam perekonomian, dimana uang dari investor dikumpulkan dalam bentuk tabungan dan disalurkan dana tersebut dalam bentuk santunan utang kepada yang membutuhkan, sehingga risiko dari para investor beralih pada forum keuangan. Dari transaksi tersebut forum penyimpanan dana menghasilkan laba sebagai pendapatan lemabaga.

Peran Lembaga Keuangan Menurut Ycager & Seitz


Lembaga keuangan mempunyai peranan-peranan penting dalam keuangan pada suatu negara dan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatran di bidang keuangan.

1. Pengalihan aset (Assets transmutation)

Lembaga keuangan mempunyai asset yang berperan dalam bentuk santunan kepada pihak lain dengan jangka waktu yang telah diatur sesuai dengan komitmen dan kebutuhan pemimpin.

Darimana sumber dananya ?

Dana pembiayaan untuk meminjamkan asset tersebut di sanggup dari simpanan/tabungan masyarakat. Makara forum keuangan bergotong-royong hanya mengalihkan/memindahkan kewajiban peminjam menjadi suatu asset dengan suatu jangka waktu jatuh tempo sesuai impian penabung.

Proses ini dinamakan transmutasi kekayaan atau asset transmutation (pengalihan kewajiban menjadi suatu asset).

Baca juga: Pengertian Aktiva : Lancar & Tidak Lancar

2. Likuiditas (Liquidity)

Peran likuiditas ini berkaitan dengan kemampuan forum keuangan untuk memperoleh uang tunai pada ketika yang dibutuhkan. Lembaga keuangan membeli beberapa sekuritas sekunder (sektor perjuangan dan rumah tangga yang bertujuan untuk likuiditas).

Contohnya seperti, tabungan, deposito, akta deposit yang diterbitkan oleh bank umum akan mengatakan tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi, sekaligus merupakan perhiasan pendapatan.

3. Alokasi pendapatan (Income allocation)

kenyataan yang terjadi di masyarakat yakni banyak individu yang mempunyai penghasilan dan menyadari bahwa di masa mendatang mereka akan mengalami pension dan secara tidak eksklusif pendapatannya terang akan berkurang. Demi menghadapi masa mendatang tersebut, umumnya seseorang akan menyisihkan atau merelokasikan pendapatannya sebagai persiapan untuk masa mendatang.

Banyak cara yang sanggup dilakukan, mereka bisa saja membeli dan menyimpan barang seperti: rumah, tanah, dan sebagainya. Namun kepemilikian sekuritas sekunder yang dikeluarkan oleh forum keuangan akan jauh lebih baik dibandingkan alternative pertama. Contohnya:

  1. deposito,
  2. giro,
  3. program tabungan,
  4. polis asuransi,
  5. program pensiun,
  6. saham-saham.

Baca juga:Pengertian pendapatan “Revenue” dan Definisi Dalam Akuntansi Menurut Para Ahli

4. Transaksi (Transaction)

Sekuritas sekunder (produk) yang dikeluarkan oleh forum keuangan menyerupai rekening giro,tabungan deposito dan sebagainya yakni merupakan serpihan dari sistem pembayaran. Giro atau rekening tabungan yang ditawarkan oleh bank prinsipnya sanggup berfungsi sebagi uang atau alat pembayaran (link uang).

Produk  tabungan tersebut dibeli oleh rumah tangga dan unit perjuangan untuk memudahkan mereka melaksanakan penukaran barang dan jasa. Dalam hal tertentu, unit ekonomi membeli sekuritas sekunder (misalnya giro) untuk memudahkan penyelesaian transaksi keuangan sehari-hari.

Dengan demikian forum keuangan berperna sebagai forum mediator keuangan yang melayani jasa-jasa untuk mempermudah transaksi moneter.

Baca juga:  Pengertian Bukti Transaksi [5 Manfaat Dan Fungsi]

5. Peran forum keuangan dalam ekonomi

Bank dan forum keuangan termasuk salah satu pelaku terpenting dalam perekonomian suatu negara. Masyarakat maupun kalangan industri/usaha sangat membutuhkan jasa dari Bank dan Lembaga Keuangan lain untuk mendukung dan memperlancar aktivitasnya. Bila tanpa kehadiran bank dan forum keuangan, kegiatan ekonomi sanggup digambarkan sebagai berikut.

peran forum keuangan bank dan non bank Inilah 5 Peran “Utama” Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Beserta Fungsinya

Gambar tersebut memperlihatkan bahwa, pelaku ekonomi yang terlibat hanyalah sektor rumah tangga dan sektor industri perusahaan. Sektor industri menghasilkan barang/jasa yang akan dikonsumsi sektor rumah tangga dengan menukarkan dengan uang yang dimilikinya. Terjadinya transaksi ini yakni di pasar komoditi.

Kemudian sebagai sumber daya, sektor rumah tangga akan memperlihatkan SDM nya kepada sektor industri yang akan membayarnya dengan upah/gaji ataupun bentuk kompensasi lainnya. Transaksi ini terjadi di pasar sumber daya.

Bagi masyarakat sederhana, mungkin kegiatan pada gambar 2.11 di atas tidak terlalu menjadi problem dengan tidak adanya tugas bank dan forum keuangan. namun bagi masyarakat yang semakin berkembang pada ketika ini, tugas bank dan forum keuangan sangat penting sebagai mediasi pihak pemilik dana dan pihak yang membutuhkan dana. Mekanisme kegiatan ekonomi masyarakat modern dengan tugas bank dan forum keuangan sanggup dilihat pada gambar 2.12 berikut ini.

peran forum keuangan bank dan non bank Inilah 5 Peran “Utama” Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Beserta Fungsinya

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah 5 Peran “Utama” Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Semoga bermanfaat bagi pembaca Akuntansilengkap.com.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Inilah 6 Kriteria Uang Menurut Para Ahli
  2. 5 Pengertian Uang Secara Umum dan Menurut Para Ahli
  3. Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan Perusahaan Jasa
  4. Contoh Laporan Perubahan Ekuitas Perusahaan Jasa
  5. 11 Tahap Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Beserta Contoh

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Inilah 5 Tugas “Utama” Forum Keuangan Bank Dan Non Bank Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel