iklan

Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi

Seperti pada pembahasan Artikel sebelumnya perihal Metode ternak kambing bahwa sebagian besar ternak ruminansia menyerupai sapi, kerbau, domba maupun kambing masih kerap diberi pakan menyerupai jerami dan sisa limbah masakan secara eksklusif tanpa diproses terlebih dahulu. Padahal pakan ternak menyerupai itu sulit dicerna oleh binatang ternak. 


Selain sulit dicerna pakan tersebut tidak memiliki kandungan vitamin, mineral dan protein yang menyehatkan. Sehingga ternak tidak bertambah bobot beratnya secara signifikan. Dan justru sanggup mengakibatkan aneka macam serangan penyakit pecernaan ternak. Bagaimana caranya mengolah jerami padi menjadi pakan ternak Klik Disini (4 metode simpel mengolah jerami padi).


Pada pembahasan kali ini Kami akan mengajak Anda untuk berguru menciptakan penemuan pakan ternak kambing kaya mineral, protein dan vitamin tinggi untuk tambahan ternak kambing.


Seperti pada pembahasan Artikel sebelumnya perihal  Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi
Pakan Ternak Kambing Mineral Block

Apa Itu Pakan Ternak Kambing Mineral Block?


Mineral block merupakan pakan ternak kambing yang dibentuk dari materi mineral yang berkhasiat sebagai tambahan rasum ternak, untuk meningkatkan napsu makan, selain itu bermanfaat sebagai sumber energi, protein, memperlancar pencernaan dankaya kandungan vitamin untuk mendorong produksi ternak. 


Sesungguhnya pakan ternak kambing yang ideal yaitu hijauan segar. Akan tetapi untuk kini ini sangat susah mendapat hijauan segar, apalagi pada ketika demam isu kemarau. Solusi untuk mensiasati kekurangan pakan hijau segar yaitu dengan memberi mineral block. Mineral block ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan bobot dari binatang ternak ruminansia. Karena mengandung unsur protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi.


Adapun beberapa unsur utama yang terdapat pada mineral block ini yaitu molasses (tetes tebu) yang berfungsi sebagai sumber energi, pupuk urea sebagai sumber protein / nitrogen. Bahan lainnya yaitu garam dapur, kapur, dedak, beberapa konsentrat dan ultra mineral. Pakan ternak kambing ini biasa disebut oleh para petani sebagai “permen jilat” untuk binatang ternak.


Baca Juga: Inovasi Pakan Ternak Dengan Membuat Biostarter Turunan !!



Seperti pada pembahasan Artikel sebelumnya perihal  Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi
Pakan ternak kambing biostarter turunan

Kenapa menggunakan urea? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda sekarang. Urea yaitu sumber amonia yang biasa digunakan mikrobia rumen untuk membentuk protein bagi pakan ternak ruminansia. Mikroba yang terdapat dalam rumen akan membentuk protein melalui proses penggabungan NH3 urea dengan karbohidrat. Sehingga di butuhkan karbohidrat yang gampang dicerna. Salah satu produk yang sangat populer dari penggabungan urea dan karbohidrat yaitu blok. Dengan penyusun utama yaitu molasses dan urea maka produk ini dikenal dengan nama urea molasses blok (UMB).


 


Keuntungan Menggunakan Pakan Ternak Kambing Urea Molasses Blok (UMB)


Keuntungan atau manfaat dari UMB bagi binatang ternak ruminansia yaitu sebagai berikut :



  1. Memperbaiki kinerja sistem reproduksi

  2. Memperbaiki nilai gizi bagi ternak

  3. Merupakan sumber protein, energy serta mineral yang diperlukan oleh binatang ternak

  4. Sebagai tambahan tambahan bagi binatang ternak

  5. Menambah efisiensi sistempencernaan pakan di dalam lambung ternak ruminansia

  6. Meningkatkan produksi binatang ternak ruminansia


Selain bermanfaat bagi binatang ternak ruminansia UMB juga bermanfaat bagi peternak. Dengan menciptakan penemuan pakan ternak kambing ini Anda akan memperoleh banyak keuntungan, terutama pada sektor pendapatan serta motivasi yang muncul dari diri Anda untuk terus berinovasi dalam pembuatan pakan ternak kambing.


 


Bagaimana Cara Pembuatan Pakan Ternak Kambing Urea Molasess Blok (UMB)?


Adapun cara menciptakan UMB pakan ternak kambing melalui beberapa tahapan yang harus Anda lakukan antara lain : penyusunan bahan, pencampuran dan pengeringan. Berikut yaitu 5 materi utama yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak kambing diantaranya :


Bahan Dasar :


1. Molasses / tetes tebu


Molasses atau biasa disebut juga dengan tetes tebu yaitu komponen utama yang digunakan dalam proses pembuatan UMB. Dipilihnya tetes tebu sebab materi ini mengandung karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi serta mengandung mineral baik makro maupun mikro sebagai asupan pakan kambing bergizi tinggi. Molasses yaitu limbah dari pabrik tebu, sangat gampang didapatkan dan kaya akan karbohidrat yang gampang terlarut.


2. Urea


Urea digunakan untuk mendapat unsur protein. Perubahan urea menjadi protein dengan menggunakan proteksi dari mikroba rumen dalam proses fermentasi. Pemberian urea sangat dibatasi disini, hanya sekitar 4% saja. Karena bila berlebihan sanggup mengakibatkan keracunan pada binatang ternak.


3. Bahan pengisi / materi penyerap 


Bahan ini pada pada dasarnya yaitu sumber energi dan protein. Bahan ini ditambahkan dengan maksud untuk meningkatkan kandungan zat-zat masakan yang terkandung dalam pakan ternak kambing UMB. Juga untuk memberi bentuk supaya UMB kompak dan padat. Bahan yang sanggup digunakan antara lan :  dedak padi, bungkil kelapa, bungkil kedelai, ampas tapioka ataupun ampas tebu. Bahan tersebut sanggup Anda dapatkan dengan harga yang sangat murah.


4. Bahan Pengeras / materi pemadat


Maksud dari penambahan materi ini yaitu untuk memperlihatkan hasil UMB yang keras. Bahan pengeras yang sanggup digunakan antara lain : semen, tepung kerikil kapur, dan bentonite. Pemberianya dibatasi hanya sebagai pengeras saja.


5. Mineral dan garam


Mineral sangat penting dalam pembuatan pakan ternak kambing mineral blok, sebab sanggup meningkatkan nafsu makan binatang ternak. Bahan mineral sanggup Anda dapatkan pada tepung kerang, dolomit, garam dapur atapun kapur bangunan.


Tahap Pencampuran


Sebelum melaksanakan pencampuran timbang semua materi yang akan dicampur, sesuai dengan komposisi masing – masing. Alat yang perlu Anda siapkan untuk proses pencampuran pakan ternak kambing yaitu : timbangan, wadah untuk mencampur, alat pengaduk, alat pencetak (bisa dari bambo ataupun paralon). Berikut yaitu sampel persentase materi yang akan dicampur menjadi UMB :



  • Molassses 33%

  • Dedak padi 18%

  • Tepung Kedelai 13%

  • Kapur / semen 9%

  • Onggok 8%

  • Garam 7%

  • Tepung tulang 6%

  • Urea 4%

  • Campuran mineral 1%


Buat tiga macam adonan dalam pembutan pakan ternak kambing ini. Campuran pertama yaitu materi yang memiliki komposisi terkecil. Campuran kedua yaitu materi yang memiliki komposisi menengah, adonan ketiga yaitu mencapurkan adonan pertama dan adonan kedua ditambah dengan materi yang tersisa dengan komposisi yang terbesar.



ARTIKEL TERKAIT :


2 Hal Penting Yang Wajib Anda Pahami, Sebelum Menjalakan Binis Kambing


2 Cara Mudah Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Kambing



Kemudian tuangkan molasses pada adonan ketiga secara perlahan, lakukan peremasan agak adonan tidak menggumpal. Molasses tidak perlu ditambahkan dengan air. Setelah materi semua tercampur, masukkan adonan kedalam wajan. Panasakan dengan suhu sedang sekitar 70-80 derajat celcius. Aduk adonan selama kurang lebih 3 sampai 4 menit. Awasi adonan jangan hingga pakan ternak kambing yang Anda buat gosong.


Setelah dipanaskan masukkan larutan kedalam cetakan yang telah disediakan, padatkan adonan dengan menekan-nekan secara kuat. Agar terbentuk dengan baik dalam cetakan mineral block pakan ternak kambing.


Pengeringan / pendinginan


Setelah melalui proses pemanasan, maka saatnya UMB  melaui proses pengeringan. Dinginkan dengan di angina–anginkan. Setelah cuek lepas dari cetakan dan simpan pada daerah yang telah disediakan.


Hasil dari UMB pakan ternak kambing yang baik yaitu yang berwarna coklat, kalau sanggup mendekati coklat matang. Dengan mengeluarkan aroma molasses. Dengan rasa asam manis. Jika diukur dengan ph meter memperlihatkan angka sekitar 3,5 – 4,2 . Teksturnya padat, kenyal, kesat dan tidak ada lendirnya. Jika UMB memiliki ciri-ciri selain yang kami sebutkan, maka balasannya tidak baik buat binatang ternak.


Cara Memberian Pakan Ternak Kambing Urea Molasess Blok (UMB)


Pemberian pakan ternak kambing umb hendaknya dilakukan dengan melihat takaran dan waktu yang tepat. UMB yang diberikan kepada ternak kambing sebanyak 1 – 2 kali perhari. Pakan ternak kambing ini diberikan sebelum Anda memperlihatkan pakan hijau segar. Setiap satu blok UMB diusahakan habis selama sepuluh hari.


UMB yaitu salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan hasil pada binatang ternak kambing. Dengan metode pembuatan pakan ternak kambing yang dapat Anda pelajari ini, Kami harap Anda sanggup menyebarkan sendiri atau bahkan menginovasikan lebih kreatif lagi.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel