iklan

Segera Publish Modul Panduan Berguru Komputer Untuk Tk

Modul Panduan Belajar Komputer Untuk TK/PAUD akan segera kami publish. Modul pembelajaran komputer ini dibentuk khusus untuk siswa taman kanak-kanak dengan bahan dan aplikasi yang dipilih sesuai usia siswa taman kanak-kanak tersebut. Modul ini nantinya bisa dipakai guru di Taman Kanak-kanak untuk panduan mencar ilmu siswanya pada pengetahuan mengoperasikan aplikasi komputer.


ini dibentuk khusus untuk siswa taman kanak Segera Publish Modul Panduan Belajar Komputer Untuk TK


Sebelum membahas menyerupai apa isi modul komputer yang akan kami publish khusus untuk dipakai sebagai panduan mencar ilmu siswa Taman Kanak-kanak (TK) / PAUD ini, terlebih dahulu mari kita mengingat kembali perihal karakteristik anak dalam belajar, terutama karakteristik anak usia TK/PAUD.


Karakteristik Usia Anak dalam Pendidikan


Sebagaimana kita ketahui bahwa usia penerima didik secara umum sanggup diklasifikasikan berdasarkan tingkat sekolah. Misalnya anak usia TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan seterusnya. Karakteristik usia ini sanggup golongkan sesuai perkembangan intelektualnya. Menurut Piagiet, sebagai berikut:



  • Usia 0,0 – 0,2 tahun fase perkembangan pada sensor motoriknya

  • Usia 0,2 – 7,0 tahun fase perkembangannya pada pra-operasional

  • Usia 7,0 – 11,0 tahun pada tahap operasional konkret

  • Usia 11,0 – 14,0 tahun tahap perkembangannya pada tahap operasional formal


Disini saya tidak akan membahas satu persatu tahap perkembangan sesuai fase usia diatas, kecuali untuk fase usia 0,2 – 7,0 tahun tersebut, yaitu fase pra – operasional.


Anak Taman Kanak-kanak dalam kisaran usia 5 – 7 tahun,  pada usia ini berdasarkan para ahli, kemampuan sketsa kognitif masih terbatas, suka menjiplak sikap orang lain, terutama menjiplak sikap orang bau tanah dan guriu yang pernah ia lihat dikala orang itu merespon terhadap sikap orang, keadaan dan kejadian, yang dihadapi pada masa lampau. Mulai bisa memakai kata-kata yang benar dan bisa pula mengekspresikan kalimat pendek secara efektif.


Materi Pelajaran Komputer Untuk Usia TK/PAUD


Setelah membaca menyerupai apa karakteristik anak usia TK/PAUD dalam perkembangan intelketualnya, saya berupaya untuk menyusun bahan pembelajaran komputer yang nantinya bisa sesuai dengan karakeristik usia anak tersebut.


Point utama dari bahan yang akan saya buat ialah pada karakteristik menjiplak prilaku, dan memakai kata-kata dan mengekspresikan kalimat pendek.


Garis besar materi-materi yang saya susun dalam modul pembelajaran komputer untuk anak usia TK, sebagai berikut:


Mewarnai Objek

Pada bahan ini belum dewasa akan mencar ilmu mewarnai aneka macam objek memakai aplikasi mewarnai MS. Paint. Objek-objek sudah disediakan, siswa tinggal mewarnainya saja sesuai petunjuk dalam modul.


Objek-objek yang sudah disediakan dan akan menjadi objek yang diwarnai siswa sebagai berikut:



  • Gambar-gambar binatang

  • Gambar-gambar benda disekitar kita ( meja, bangku, dan seterusnya)

  • Gambar-gambar bentuk geometri


Menjumlahkan Dengan Komputer

Pada bahan ini siswa akan mencar ilmu menjumlahkan dengan cara mewarnai angka-angak dalam bentuk penjumlahan.


Contoh bahan menjumlahkan dengan cara mewarnai tersebut diantaranya:



  • Mewarnai penjumlahan angka 1-30. Misalnya 1+2, 1+3, dan seterusnya.

  • Mewarnai penjumlahan dengan bentuk objek jari tangan, buah-buahan, benda dan objek lainnya


Menulis Kalimat Pendek

Pada bahan ini siswa akan mencar ilmu menulis kalimat pendek dengan aplikasi pengolah kata yang sesuai dengan usia siswa. Adapun pemilihan kosa kata yang akan siswa tulis diantaranya:



  • Membuat garis lurus memakai shapes

  • Menggabungkan garis tepi (garis kiri-kanan, dan garis tepi atas – bawah)

  • Mengulang bentuk yang sama (mengulang garis dari kiri ke kanan, dari atas kebawah)

  • Menulis huru cetak (A,B,C dst…)

  • Menulis nama sendiri, nama anggota keluarga, dan lainnya

  • Menulis nama-nama binatang, nama-nama benda, dan seterusnya


Kosa-kata Bahasa Inggris

Pada bahan ini siswa akan diarahkan untuk menuliskan kosa-kata sesuai objek yang ada pada tampilan komputer, objek sudah disediakan, siswa tinggal melengkapinya dengan teks dalam bahasa inggris.


Adapaun teks bahasa inggris yang akan ditulis oleh siswa yaitu:



  • Menulis alat tulis sekolah (pensil, pulpen, buku, dan seterusnya)

  • Menulis nama-nama binatang

  • Menulis letak posisi ( kiri, kanan, atas, bawah dan seterusnya)


Nah menyerupai itulah citra umum bahan pembelajaran komputer untuk tingkat TK/PAUD yang akan saya susun dalam bentuk media mencar ilmu berupa modul pembelajaran komputer untuk anak TK/PAUD.


Penggunaan Modul Komputer untuk anak TK


Modul merupakan media mencar ilmu yang sifatnya terstruktur dan tidak bergantung pada media mencar ilmu lain, tidak memerlukan sumber tumpuan lainnya. Makara dikala bapak/ibu guru mengajar memakai modul komputer untuk anak usia Taman Kanak-kanak ini, bapak/ibu guru sudah tidak perlu memakai buku sumber pembelajaran komputer lainnya.


Singkatnya, mengajar pelajaran komputer memakai modul jauh lebih gampang dibanding memakai buku tumpuan lainnya, silahkan baca 3 alasan mengajar pelajaran komputer memakai modul komputer jauh lebih mudah.


Pada praktiknya penggunaan modul ini bisa dilakukan dengan cara menyebabkan modul ini sebagai sumber panduan praktik bagi siswa, siswa memegang modul dan mengikuti petunjuk praktik untuk setiap bahan yang diajarkan. Tapi alasannya ialah yang diajarkan ialah anak usia TK, maka modul komputer ini nantinya lebih banyak dipakai oleh guru sebagai panduan praktik siswa dan pegangan guru dalam menyiapkan bahan ajarnya.


Baca panduan memakai modul komputer bagi guru dan siswa disini.


Penutup


Kapan terbitnya modul komputer untuk anak TK/PAUD ini? Kurang lebih satu bulan kedepan modul ini akan saya promokan di website ini. Berapa jumlah halamannya, dan berapa harganya, tunggu saja kira-kira satu bulan kedepan. Makara jangan lupa untuk mampir kembali ke website ini bila anda memang menunggu dan membutuhkan modul pelajaran komputer yang dibentuk khusus untuk anak usai TK/PAUD ini.



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Segera Publish Modul Panduan Berguru Komputer Untuk Tk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel