iklan

Inorganic Chemistry 4Th Ed. (Catherine E. Housecroft)

Ketika ditanya buku Kimia Anorganik apa yang harus dipelajari untuk OSN/IChO, sebagian besar akseptor OSN akan menjawab: “HOUSECROFT!”. Ya, memang buku ini yaitu “kitab sucinya” kimia anorganik.

Ada suatu pertanyaan di Quora yang menarik pada link ini, dan dijawab oleh legenda kita Kevin Liyanto. Pertanyaan tersebut judulnya: “What are the best books for IChO?”. Salah satu yang termasuk ke dalam tanggapan kak Kevin yaitu Housecroft untuk Kimia Anorganik.

Tidak salah lagi memang, berdasarkan aku pun Housecroft yaitu buku paling manis dan menarik dibaca. Saya suka sekali alasannya banyak gambar-gambar molekul dengan warna-warna yang bermacam-macam. Buku ini yaitu buku kedua yang aku habiskan sesudah Kimia Organik Clayden. Banyak yang mengeluh pada saya, bila Housecroft tidak menarik alasannya terlalu berat dan padat teksnya. Sebenarnya tidak terlalu sih, kalian dapat skimming kok, dan tidak semua kepingan harus dibaca. Inilah panduan membaca Housecroft untuk persiapan Olimpiade:

Panduan Membaca Housecroft

I. Sebelum OSN

  • Bab 1 dan 2 silahkan dibaca, tetapi kepingan “An Introduction to Wave Mechanics” dan Mossbauer boleh dilompati terlebih dahulu.
  • Bab 3 dan 5 TIDAK AKAN dikeluarkan di IChO ataupun OSN. Namun, seringkali ada dosen atau ajudan yang agak “iseng” mengeluarkan simetri atau polyatomic bond di Pelatnas. Kaprikornus yaa… jangan kaget.
  • Bab 6 WAJIB dibaca, yaitu mengenai Kristal. Salah satu kepingan terpenting dan favorit saya.
  • Bab 7 dan 8 juga harus dibaca, mengenai pelarut air dan reaksi redoks. Bab ini cukup umum, kecuali untuk beberapa hal menyerupai diagram redoks (Lattimer, Frost-Ebsworth, Ellingham)
  • Bab 9 sangat disarankan dibaca alasannya banyak pengetahuan manis disana (media non-air).
  • Loncat ke kepingan 19 dan 20 dan lanjutkan hingga Crystal Field Theory saja.

II. Pelatnas

  • Lanjutkan kepingan 20 sesudah CFT. Kemudian, bacalah Kimia Unsur untuk golongan A (setelah kepingan 8) dan logam transisi periode pertama.
  • Boleh melanjutkan membaca bab-bab lainnya secara acak untuk menambah pengetahuan.

Apabila anda kurang cocok dengan buku Housecroft, ada rekomendasi dari seseorang untuk mencoba Inorganic Chemistry goresan pena Atkins. I personally choose Housecroft, though. Oh iya, untuk kepingan Kristal dapat menambah dari buku Kimia Fisik, alasannya akan dibahas dari perspektif berbeda.

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Inorganic Chemistry 4Th Ed. (Catherine E. Housecroft)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel