iklan

Pengertian Arsitektur Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli - Berdasarkan kamus, kata arsitektur (architecture), berarti seni dan ilmumembangun bangunan. Menurut asal kata yang membentuknya, yaitu Archi = kepala, dan techton = tukang, maka architecture adalah karya kepalatukang.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli
Berikut Ini Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli:
AMOS RAPOPORT
Arsitektur ialah segala macam pembangunan yang secara sengaja dilakukan untuk mengubah lingkungan fisik dan menyesuaikannya dengan skema-skema tata cara tertentu lebih menekankan pada unsur sosial budaya.

CORNELIS VAN DE VEN
Arsitektur berarti membuat ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan. Pembaharuan arsitektur yang berlangsung terus menerus bergotong-royong berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.

BENJAMIN HANDLER
Arsitek ialah seniman struktur yang memakai struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

DJAUHARI SUMINTARDJA
Arsitektur merupakan sesuatu yang dibangun insan untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya (kenyamanan, ketenangan, dll).

VITRUVIUS
Ada tiga aspek yang harus disintesiskan dalam arsitektur yaitu firmitas (kekuatan atau konstruksi), utilitas (kegunaan atau fungsi) dan venustas (keindahan atau estetika).

BRINCKMANN
Arsitektur merupakan kesatuan antara ruang dan bentuk. Arsitektur ialah penciptaan ruang dan bentuk.

BUOWKUNDIGE ENCYCLOPEDI
Arsitektur ialah mendirikan bangunan dari segi keindahan (sedangkan mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut ilmu bangunan).

Menurut Marcus Pollio Vitruvius (1486) arsitektur ialah kesatuan dari kekuatan/kekokohan (firmitas), keindahan (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas). 

Menurut Francis DK Ching (1979) arsitektur membentuk suatu tautan yang  mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi. 

Menurut Amos Rappoport (1981) arsitektur ialah ruang daerah hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan  sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur. 

Sedangkan berdasarkan JB. Mangunwijaya (1992) arsitektur sebagai  vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata  bumi, tata gedung, tata kemudian lintas ( dhara, harsya, yana).  

Arsitektur ialah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang  lebih luas, arsitektur meliputi merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, sampai ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Sedangkan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ar·si·tek·tur /arsitéktur/ ialah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dan/atau metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan.

Sumber Penulisan:
- D.  K.  Ching,  Francis.  2000.  Arsitektur,  Bentuk,  Ruang  dan  Susunannya.  ed.ke-2. Terj. Nurrahman Tresani Harwadi. Jakarta: Erlangga.
- Frick, Heinz. 1998. Dasar-dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta: Kanisius


Sekian uraian wacana Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli, biar bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Arsitektur Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel