iklan

Langkah – Langkah Instalasi Lwjgl Ke Dalam Wangsit Netbeans

Baik gak usah banyak basa basi, eksklusif aja kita praktekkan. Hal pertama yang harus kita persiapkan yakni di komputer kita harus terinstal aplikasi Netbeans. Kaprikornus disini aku memakai Netbeans 8.0.2. 

Bila di komputer kalian belum terinstal, silahkan minta sama teman atau d0wnl0ad jdk-8u51-windows-x32 dan netbeans-8.0.2-windows. Bagaimana cara instalasinya, silahkan kunjungi tetutorial Langkah-langka menginstal Netbeans 8.0.2.

Bila Netbeansnya sudah terinstal di komputer kita, hal yang kedua dipersiapkan yakni mengunduh komponen LWJGL lwjgl-docs.ziplwjgl-source.zip dan lwjgl-2.9.1, gak usah resah nyarinya dimana, silahkan d0wnl0ad disini.

Kalau sudah berhasil did0wnl0ad, silahkan pindahkan hasil d0wnl0adan tersebut di Local Disk : E/D/F, lalu di ekstrak dan buka folder hasil ekstak yang tadi menyerupai gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya yakni ekstrak file LWJGL lwjgl-docs.zip, lwjgl-source.zip dan lwjgl-2.9.1 menyerupai gambar berikut.
Kalau sudah selesai, buka aplikasi Netbeans IDE 8.0.2.
Klik File --> New Project
Pilih Categories Java --> Project Java Aplication --> Next
Beri nama Project Name : ProjectLWJGL, pada tombol Project Location kita dapat menentukan dimana project yang kita buat tersimpan. Kemudian klik Finish.
Pada kolom Project di sebelah kiri, klik project yang gres kita buat ProjectLWJGL, lalu klik Tools pada Menu bar-- pilih sub menu Libraries.

Kemudian akan tampil jendela Ant Library Manager, klik New Library, lalu beri nama LWJGL pada Library Name, bila sudah klik Ok.
Kemudian cari Library yang gres kita buat, bila ketemu klik library LWJGL lalu pilih tab Classpath dilanjutkan dengan mengklik Add JAR/Folder.
Kemudian arahkan ke folder komponen-LWJGL -- lwjgl-2.9.1 -- jar -- pilih file jinput, lwjgl dan lwjgl_until lalu klik Add Jar/Folder.
Kemudian dilanjutkan dengan menentukan Tab Source --  Add Jar/Folder.
Masuk ke folder komponen-LWJGL -- pilih folder src -- pilih folder generated dan j4va lalu pilih  Add Jar/ Folder.
Pilih Tab Javadoc -- Add Jar/Folder
Pilih folder j4vadoc -- Add Jar/Folder
Kemudian dilanjutkan dengan menentukan Tab Classpart, lanjut klik Ok.
Dilanjutkan dengan menambahkan library LWJGL ke dalam Aplikasi/ Project yang kita buat dengan cara klik kanan pada Libraries Project LWJGL, pilih Add Library.
Kemudian pilih LWJGL, klik Add Library.
Maka secara otomatis Libaries LWJGL akan masuk ke project menyerupai gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya, copy file lwjgl-2.9.1 yang terletak di folder komponen-LWJGL lalu taruh atau paste di Local Disk: C.



 






Konfigurasi VM dengan cara klik kanan pada project  ProjectLWJGL lalu pilih Properties.












Kemudian pilih Run dan tambahkan script berikut ke kolom VM Option
-Dj4va.library.path=C:\lwjgl-2.9.1\native\windows
Catatan : pastikan folder lwjgl-2.9.1 sudah tersimpan di Local Disk: C
Misal bila kita menaruh folder lwjgl-2.9.1 didalam sebuah folder, misal kita taruh folder lwjgl-2.9.1 didalam folder Project maka script nya menjadi :
 -Dj4va.library.path=C:\Project\lwjgl-2.9.1\native\windows

Kemudian bila kita ingin menciptakan sebuah projek, contohnya menciptakan titik atau garis kita tinggal klik kanan pada projectlwjgl di folder Source Package -- New -- klik Java Class.
Sekian postingan aku kali ini, tidak mengecewakan sangat panjang dan menyita banyak waktu, biar postingan aku bermanfaat dan jangan lupa di share dan beri komentar.
Terima kasih

Sumber http://endra-dwi-putra.blogspot.com

0 Response to "Langkah – Langkah Instalasi Lwjgl Ke Dalam Wangsit Netbeans"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel