iklan

Meraup Untung Besar 3X Lipat Dari Budidaya Cacing Tanah Jenis Lumbricus Rubellus

Infobisnis budidaya cacing tanah super– Cacing tanah (lumbricus rubellus) ialah satu dari banyak sekali jenis cacing tanah yang telah berkembang biak di bumi. Seperti di ketahui bahwa cacing dikenal sangat manjur untuk obat pereda demam atau penurun panas. Memanfaatkan cacing untuk obat bukanlah hal gres alasannya sudah diperkenalkan dari zaman dahulu. Lumbricus rubellus lebih sering dikenal dengan nama cacing tanah merah.


Selain di indonesia pada beberapa negara didunia, banyak yang sudah memanfaatkan cacing ini sebagai materi pokok untuk pembuatan obat dan materi pokok dalam kosmetik misal di negara Cina, jepang, kanada, korea dan amerika serikat. Dikarenakan begitu banyak keuntungannya yang akan didapat, semakin banyak pula para pebisnis yang mulai melirik untuk menjalankan perjuangan budidaya cacing tanah ini.


 ialah satu dari banyak sekali jenis cacing tanah yang telah berkembang biak di bumi Meraup Untung Besar 3x Lipat dari Budidaya Cacing Tanah Jenis Lumbricus Rubellus
Potensi bisnis budidaya cacing tanah

Dan lagi didukung dengan perkembangbiakan budidaya cacing tanah Lumbricus rubellus super cepat serta laba yang diperoleh juga tidak mengecewakan banyak. Hal itulah yang menciptakan para pelaku bisnis mulai tertarik mencoba untuk berbagi perjuangan budidaya cacing tanah.


Besarnya Modal Untuk Budidaya Cacing Tanah


Modal untuk memulai bisnis budidaya cacing tanah Lumbricus rubellus relatif sedikit atau tidak terlalu besar, alasannya yang paling diharapkan ialah membeli indukan serta memanfaatkan pekarangan dirumah Anda untuk menjadi lahan pembibitan budidaya cacing tanah.


AwaluddinYudha pelaku perjuangan budidaya cacing tanah di Bondowoso beliau berkata “Kami masih belum bisa memenuhi kuota undangan pabrik-pabrik dalam negeri setiap bulannya. Hal ini membuktikan bahwa masih sangat terbuka lebar peluang Anda untuk mulai berbisnis budidayaan cacing tanah Lumbricus rubellus ini.



Panduan umum cara budidaya cacing baca selengkapnya disini : Ini Dia 6 Tahapan Umum Cara Budidaya Cacing



Perawatan dalam budidaya cacing tanah ini cukup simpel. Untuk pengelolaan dan perawatan kolam cacing tanah ini hanya membutuhkan satu orang tenaga kerja saja sudah cukup. Untuk pakan cacing sangat gampang didapatkan di sekeliling Anda, misal dari limbah makanan, sayuran busuk, ampas tahu dan sebagainya.


Begitu gampang mendapat pakan untuk budidaya cacing tanah ini. Sebagai referensi yudha pun memanfaatkan limbah dari sayuran kubis yang diambilnya dipasar untuk memberi kuliner para cacing tanah yang ia budidayakan. Cara memberi makan dengan kubis bacin sangatlah gampang yaitu dengan cara mencacahnya sebelum di berikan di kolam budidaya cacing tanah Lumbricus rubellus.


Keuntungan Budidaya Cacing Tanah Jenis Lumbricus Rubellus


Pada perkembangbiakan tergolong cepat, alasannya hanya membutuhkan waktu pemeliharaan yang relatif singkat yaitu selama 40 hari saja. Setelah umur 40 hari cacing tanah Lumbricus rubellus sanggup di panen dan harga cacing yang telah berumur 40 hari tersebut mempunyai nilai jual yang tidak mengecewakan yaitu seharga Rp 40.000,00 hingga Rp 50.000,00 perkilo gram.


Untuk kolam yang dipakai dalam budidaya cacing tanah hanya membutuhkan ukuran 1 x 4 meter. Sedang dalam satu kolam tersebut cukup diisi dengan 15 hinga 20 kg indukan cacing tanah Lumbricus rubellus. Namun Anda jangan kaget, dikala Anda memanen satu kolam yang awalnya hanya berisi 15 hingga 20 kg indukan cacing tanah, Setelah 40 hari sanggup menghasilkan panen sebesar 3x lipatnya yaitu sekitar 45 hingga 60 kg perkolam.


Tahapan-Tahapan Ternak Cacing Tanah 


Berikut ialah hal – hal yang perlu di siapkan dikala Anda berniat untuk budidaya cacing tanah ialah bibit cacing serta media yang digunakan. Adapun media yang dipakai untuk budidaya cacing tanah ini ialah grajen sisa-sisa dari jamur/ limbah budidaya jamur setengah kering atau sehabis kering dan tanah.


Jika Anda sudah siapkan bahan-bahan tersebut, maka Anda bisa pribadi meratakannya pada kolam budidaya. Adapun ukuran dalam pembuatan kolam budidaya cacing tanah ialah 1 x 4 meter dan tinggi 60 cm. Untuk dasar kolam anda sanggup memakai kerikil bata dan ditata sedemikian rupa sehingga rata. Kemudian dikala sudah diratakan bata nya kemudian di lapisi media yang tersebut diatas. Setelah media diratakan dan siap, makaAnda sanggup pribadi menebarkan indukan cacing tanah.


Satu hal yang perlu diperhatikan ialah kelembaban pada kawasan budidaya cacing tanah ini. Cacing ialah salah satu hewan yang sangat menyukai kawasan yang lembab dan cenderung gelap, cacing juga gampang stres kalau terkena sinar matahari secara langsung. Oleh alasannya itu, sebaiknya Anda mengecek kelembaban pada media setiap harinya. Sebisa mungkin media jangan hingga kering namun juga jangan terlalu basah. Jika terlalu kering Anda sanggup menyemprotnya dengan air secara merata namun jangan berlebihan.


Hama yang biasanya menyerang pada budidaya cacing tanah Lumbricus rubellus ialah serangan semut, kadal, tikus dan katak. Tikus dan semut umumnya menyerang pada awal budidaya cacing tanah tersebut, solusinya ialah jagalah kebersihan kolam tersebut. Setiap sore semprotlah dinding belahan luar dengan air biar tetap higienis dan tidak ada semutnya. Ketika panen cacing tanah Lumbricus rubellus, biasanya cacing besar mengumpul di tepian kolam. Telur dan cacing yang masih anakan biasanya berkumpul ditengah.


Selain menghasilkan cacing yang hidup budidaya cacing tanah ini juga menghasilkan kascing (media bekas budidaya cacing tanah). Kascing ialah pupuk organik alami yang mengandung hara makro dan mikro dilengkapi dengan pH basa. Harga kascing per kg sanggup mencapai Rp 5000 – Rp 6000 rupiah. Selain cacing tanah nya yang diburu para pabrik kosmetik dan pabrik obat serta pabrik-pabrik pakan ternak, kascing juga sangat laris keras untuk pupuk tanaman. “Jika sudah mencicipi hasil dari budidaya cacing tanah, saya jamin Anda tidak bakal jijik lagi kalau melihat cacing,” ujar Yudha.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Meraup Untung Besar 3X Lipat Dari Budidaya Cacing Tanah Jenis Lumbricus Rubellus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel