iklan

Cara Menanam Kacang Hijau, Panen Bagus

 


Cara menanam kacang hijau yang benar semoga sanggup panen bagus, juga membutuhkan tahap tahap yang harus kita lakukan semoga sasaran panen anggun sanggup tercapai. Hal ini tidak jauh berbeda dengan cara menanam tumbuhan lainnya ibarat menanam tumbuhan kacang tanah, tumbuhan kacang panjang serta cara menanam tumbuhan lainnya, semuanya sama saja. Semuanya membutuhkan tahap tahap yang harus dilakukan dari semenjak mempersiapkan benih atau bibit yang berkualitas hingga dengan waktu panennya, kita harus melakukannya dengan benar semoga tumbuhan yang kita tanam sanggup tumbuh dengan baik serta menghasilkan panen yang anggun juga.


Kacang hijau mengandung protein nabati, dimana protein nabati ini sangat berkhasiat untuk kesehatan badan kita dan kalau kita melihat harga kacang hijau dipasar, tidak terlalu mahal sehingga sanggup terjangkau oleh masyarakat. Kacang hijau banyak disukai oleh masyarakat sehabis diolah menjadi bubur kacang hijau, dimakan dalam kondisi panas maupun dingin, bubur kacang hijau tetap enak. Apabila ditinjau dari nilai bisnisnya maka komoditas tumbuhan kacang hijau ini cukup anggun dan menjanjikan, alasannya kacang hijau dibutuhkan oleh masyarakat dari tingkat masyarakat menengah hingga dengan masyarakat tingkat atas.


Tanaman kacang hijau sanggup tumbuh di dataran rendah, kawasan tropis, namun demikian tumbuhan kacang hijau paling cocok ditanam di kawasan dengan ketinggian 500 m diatas permukaan maritim dan dengan suhu panas.


Berikut tahap tahap apa saja yang sanggup dipelajari dalam menanam kacang hijau semoga tumbuhan kacang hijau sanggup tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen bagus.


Cara menanam kacang hijau dan persiapan media tanam


Dalam cara menanam kacang hijau maka kita perlu mempersiapkan media tanam yang bagus, dimana media tanam tersebut nantinya akan kita gunakan untuk menanam. Sehingga media tanam merupakan salah satu faktor penting yang perlu kita persiapkan semoga media tanam tersebut sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tananam kacang hijau.


Media tanam berbentuk media tanah ibarat apa yang anggun untuk menanam tumbuhan kacang hijau? Media tanah lembung yaitu media tanah yang gampang menyerap air, media tanah yang memiliki kandungan zat organik, media tanah yang memiliki pH antara 5,8 s/d 7 dan media tanah yang memiliki tingkat keasaman tanah 6,7 pH.


Media tanah yang memiliki drainase yang baik sangat diharapkan untuk menanam kacang hijau ini, selain dari kondisi pH dan tingkat keasaman tanahnya. Drainase media tanah yang baik diharapkan untuk media pengairannya sehingga air sanggup mengalir dengan lancar. Pengairan yang lancar akan membantu pertumbuhan tumbuhan kacang hijau menjadi lebih baik, dan sebaliknya apabila pengairan tidak lancar maka air akan menggenang dan akan menjadikan tumbuhan kacang hijau akan menjadi rusak serta membusuk.


Kapan kita sanggup menanam tumbuhan kacang hijau yang sempurna semoga tumbuhan kacang hijau sanggup tumbuh dengan baik hingga sanggup menikmati panen yang memuaskan. Tanaman kacang hijau paling cocok jikalau kita mulai menanamnya pada ketika ekspresi dominan kemarau alasannya intensitas kandungan air yang muncul tidak berlebihan.


Cara menanam kacang hijau dan mempersiapkan benih kacang hijau


Dalam menanam tumbuhan kacang hijau maka proses pemilihan benih kacang hijau yang berkualitas anggun sangat diperlukan. Pemilihan benih kacang hijau yang memiliki kualitas anggun akan sangat besar lengan berkuasa terhadap hasil panen nantinya dan benih kacang hijau yang berkualitas anggun akan sanggup bertahan hidup lebih lama.


Ada aneka macam macam jenis varietas benih kacang hijau sehingga kita sanggup menentukan sendiri  jenis varietas yang mana yang akan kita pilih untuk kita tanam dan kita budidayakan. Namun ada beberapa jenis varietas bibit kacang hijau yang cukup terkenal yaitu kacang hijau varietas merak, nuri, wallet, gelatik dan masih banyak lagi lainnya. Dalam menentukan varietas bibit kacang hijau maka kita harus memperhatikan kondisi media tanah yang akan kita gunakan untuk menanam kacang hijau.


Apabila media tanah yang akan kita gunakan untuk menanam kacang hijau belum pernah kita gunakan untuk menanam kacang hijau maka sebaiknya bibit kacang hijau diinokulasi terlebih dahulu. Proses inokulasi terhadap bibit kacang hijau ini yaitu dengan memakai bibit basil rhizobium dengan tujuan semoga bibit kacang hijau sanggup menyesuaikan diri dengan media tanah tersebut.


Cara menanam kacang hijau dan proses menanam kacang hijau


Cara menanam kacang hijau yang benar semoga sanggup panen anggun Cara menanam kacang hijau, panen bagus
Proses menanam kacang hijau

Sebelum kita membahas proses menanam kacang hijau maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada 2 jenis tumbuhan kacang hijau yaitu jenis yang bercabang dan jenis yang tidak bercabang, sehingga dalam proses menanam kedua jenis kacang hijau tersebut tidak sama.


Dalam proses menanam kacang hijau untuk jenis kacang hijau bercabang membutuhkan jarak tanam antara 40 x 20 cm, akan tetapi untuk jenis kacang hijau yang tidak bercabang membutuhkan jarak tanam antara 30 x 10 cm. Dalam setiap lubang yang kita buat untuk menanam kacang hijau sebaiknya diisi benih kacang hijau sebanyak 2 s/d 3 biji kacang hijau saja dan pada setiap lubang perlu diberikan pelengkap pupuk semoga tumbuhan kacang hijau cepat berkecambah dan sanggup tumbuh dengan baik.


Setelah setiap lubang terisi dengan benih kacang hijau maka taburkanlah pupuk pada lobang tesebut, sehabis itu tahap selanjutnya yaitu dengan menutup kembali lubang tersebut dengan tanah kemudian padatkan tanah kembali.


Dalam proses menanam kacang hijau maka pupuk yang sanggup kita gunakan yaitu pupuk organik atau pupuk alami namun demikian kita juga sanggup memakai pupuk Urea dan PPC alasannya pupuk ini sanggup membantu pertumbuhan tumbuhan kacang hijau menjadi lebih cepat.


Cara menanam kacang hijau dan penggunaan pupuk


Dalam proses menanam kacang hijau diharapkan pemupukan pada awal menanam maupun pada ketika tumbuhan kacang hijau menginjak umur tertentu sehabis masa tanam. Pemupukan pelengkap terhadap tumbuhan kacang hijau sanggup dilakukan secara terstruktur dan teratur yaitu pada ketika tumbuhan kacang hijau berumur 2 ahad sehabis masa tanam. Pupuk yang diberikan yaitu pupuk POC NASA yang diberikan secara rutin setiap 2 ahad sekali, hal ini dilakukan semoga tumbuhan kacang hijau sanggup tumbuh dan sanggup berkembang dengan baik.


Cara melaksanakan pemupukan terhadap tumbuhan kacang hijau harus dibedakan antara tumbuhan kacang hijau yang masih dalam masa pertumbuhan dengan tumbuhan kacang hijau yang dalam masa berbunga. Jika pada masa pertumbuhan maka kita sanggup memperlihatkan pupuk dengan cara menyemprotkan, dan jikalau tumbuhan kacang hijau sudah berbunga maka kita sanggup memperlihatkan pupuk dengan cara disiramkan semoga tidak merusak bunganya.


Apabila pada ketika tumbuhan kacang hijau mulai muncul bunganya dan bunganya rusak alasannya proteksi pupuk dengan cara disemprotkan maka hal ini akan menghambat penyerbukan sehingga akan menghambat berkembangnya tumbuhan kacang hijau tersebut.


Cara menanam kacang hijau dan pengairan yang benar


Setelah proses menanam kacang hijau simpulan kita lakukan maka kita perlu memperhatikan tahap pengairannya. Pengairan yang benar terhadap tumbuhan kacang hijau yaitu pengairan yang dilakukan pada ketika  tanaman kacang hijau mengalami masa pertumbuhan biji dan pada ketika biji kacang hijau mulai berkecambah.


Setelah itu, jikalau dalam 1 ahad tidak hujan maka kita sanggup melaksanakan penyiraman tumbuhan kacang hijau semoga media tanam dari tumbuhan kacang hijau tidak mengalami kekeringan. Namun sebaliknya jikalau terjadi turun hujan dalam periode 1 ahad sehabis masa tanam maka kita tidak perlu melaksanakan penyiraman.


Karena tumbuhan kacang hijau tidak menyukai kondisi air yang menggenang pada media tanam tersebut, air yang menggenang akan menghambat pertumbuhan tumbuhan kacang hijau dan sanggup menjadikan tumbuhan kacang hijau menjadi bacin dan rusak, serta sanggup menjadikan gagal panen.


Cara menanam kacang hijau dan penyiangan


Proses penyiangan terhadap tumbuhan kacang hijau perlu kita lakukan, semoga media tanam disekitar tumbuhan kacang hijau higienis dari gulma maupun tumbuhan liar yang sanggup menyedot nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan kacang hijau.


Penyiangan terhadap tumbuhan liar tersebut perlu kita lakukan, semoga sanggup menghalau gulma maupun hama yang sanggup menyerang tumbuhan kacang hijau. Penyiangan sebaiknya dilakukan pada ketika kondisi media tanam kering semoga tidak merusak struktur tanahnya dan pada ketika tumbuhan kacang hijau belum berbunga, alasannya kondisi struktur tanah yang masih lembap akan rusak apabila kita melaksanakan penyangan dan struktur tanah yang rusak sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan kacang hijau itu sendiri. Sebelum tumbuhan kacang hijau mulai berbunga maka kita sanggup melaksanakan penyiangan sebanyak 2 s/d 3 kali penyiangan.


Cara menanam kacang hijau dan pencegahan hama serta penyakit


Untuk sanggup mencegah hama dan penyakit yang sanggup menyerang tumbuhan kacang hijau maka kita sanggup menanam tumbuhan lain di tempat yang sama untuk diselang seling dengan tumbuhan kacang hijau. Cara lainnya yang sanggup kita lakukan yaitu dengan menutup lubang tanam selama 10 hari dengan jerami semoga nantinya tumbuhan kacang hijau yang kita tanam tidak diserang oleh hama penyakit.


Penyiangan terhadap tumbuhan kacang hijau secara bersiklus dan sanitasi yang baik merupakan salah satu cara yang paling anggun untuk mengusir hama dan mencegah tumbuhan kacang hijau terjangkit penyakit.


Lalu bagaimana cara mengatasi hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan kacang hijau? Tanaman kacang hijau sering diserang oleh hama dan penyakit ibarat lalat kacang dan bercak daun. Untuk mengatasi lalat kacang maka kita sanggup memakai Azordin 15 WSC dan Agrothion 50 EC yaitu dengan cara menyemprotkan pada tumbuhan kacang hijau. Untuk mengatasi penyakit bercak daun pada tumbuhan kacang hijau maka kita sanggup memakai Benlate T 20 WP.


Cara menanam kacang hijau dan cara panen


Cara menanam kacang hijau yang benar semoga sanggup panen anggun Cara menanam kacang hijau, panen bagus
Panen kacang hijau

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dalam hal membudidayakan tumbuhan apapun termasuk tumbuhan kacang hijau maka masa panen yaitu masa yang paling kita tunggu tunggu untuk sanggup menikmati hasil jerih payah kita dalam hal menanam tumbuhan apapun yang sudah kita pelihara dan kita rawat dengan baik.


Kita sanggup melaksanakan panen tumbuhan kacang hijau apabila terdapat tanda tanda ibarat :



  • Tanaman kacang hijau terlihat daunnya sudah mulai menguning.

  • Daun yang menguning sudah mulai berguguran, ini menunjukan bahwa tumbuhan sudah berumur.

  • Bagian polong pada kacang mulai berwarna gelap atau menghitam.

  • Polong mulai nampak ibarat retak-retak dan gundul.


Jika tanda tanda tadi sudah terlihat maka sudah saatnya kita melaksanakan panen kacang hijau dan panen kacang hijau sebaiknya dilakukan sehabis tumbuhan kacang hijau berumur antara 75 s/d 100 hari. Hal ini dimaksudkan semoga hasil panen kacang hijau berkualitas bagus.


Namun ada juga petani yang melaksanakan panen tumbuhan kacang hijau sehabis tumbuhan kacang hijau berumur antara 100 s/d 110 hari sehabis masa tanam. Ternyata hasil panen tumbuhan kacang hijau kualitasnya akan lebih anggun jikalau dibandingkan dengan panen kacang hijau yang dilakukan sehabis tumbuhan kacang hijau berumur 75 s/d 100 hari sehabis masa tanam.


Demikian tahap tahap cara menanam kacang hijau yang sanggup kita pelajari dan kita praktekkan untuk mencoba membudidayakan tumbuhan kacang hijau semoga kita sanggup menghasilkan panen kacang hijau bagus. Semoga bermanfaat.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Kacang Hijau, Panen Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel