iklan

Cara Mengurus Kehilangan Kartu Penerima Bpjs Tk/Jamsostek Biar Dibuatkan Yang Baru

Tak usah khawatir jikalau kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Anda hilang, lantaran ada cara mendapat pengganti kartu penerima BPJS Taman Kanak-kanak yang hilang tersebut dengan kartu yang baru. Tapi meskipun baru, kartu pengganti itu nantinya merupakan diduplikasi dari kartu yang dinyatakan hilang. Kaprikornus lantaran duplikat, data-data di dalam kartu gres tetap sama dengan kartu yang lama, termasuk nomor nomor referensinya.

 Tak usah khawatir jikalau kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS TK/Jamsostek Agar Dibuatkan yang Baru

Mungkin lantaran kita teledor dan sembarangan menyimpan, sehingga pada waktu diharapkan kartu penerima BPJS Taman Kanak-kanak kita tahu-tahu hilang entah kemana. Sudah dicari-cari tidak juga ketemu.

Bisa juga hilang bersama kartu-kartu lainnya ketika dompet Anda jatuh. Nah saran kami, kalau tidak sedang ada keperluan terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan, kartu keanggotaan tersebut sebaiknya tidak perlu ditaruh di dompet yang sehari-hari selalu dibawa beraktivitas. Disimpan saja di rumah di daerah penyimpanan dokumen-dokumen. Kaprikornus seandainya kita kena peristiwa alam kehilangan dompet, kartu penerima BPJS Taman Kanak-kanak kita masih aman.
Baca Juga: Cara Registrasi Akun BPJSTK Mobile Untuk Cek Saldo JHT Lewat Aplikasi Smartphone dan Berbagai Manfaat Lainnya
Tapi jikalau sudah terlanjur hilang, dengan alasannya yaitu apapun itu, ya sudah ikhlaskan saja dan jadikan pelajaran. Tidak perlu risau lantaran kita dapat mengajukan permohonan semoga diterbitkan pengganti kartu Jamsostek yang raib ters Rtebut. Sayang lho jikalau kita masih berstatus penerima aktif tapi tidak memili kartu kepesertaan. Apalagi jikalau berniat masih ingin usang bekerja di perusahaan, alangkah baiknya mengurus kartu BPJS Taman Kanak-kanak yang hilang supaya dicetak kartu duplikasinya.

Ada beberapa manfaat mempunyai kartu penerima BPJS Ketenagakerjaan, selain sebagai persyaratan wajib untuk mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua).

Sering-sering saja mencari warta terbaru perihal acara Jamsostek. Saat ini kerap ada acara pelengkap dari BPJS Ketenagakerjaan yang melibatkan kartu penerima BPJS Taman Kanak-kanak sebagai persyaratannya. Misalnya bagi yang hobi jalan-jalan dan suka shopping. Sering ada diskon-diskon khusus bagi penerima BPJS Ketenagakerjaan di aneka macam hotel, restoran, daerah hiburan dan sentra perbelanjaan.

Syarat untuk mendapat diskon tersebut yaitu dengan memperlihatkan kartu kepesertaan BPJSTK. Informasi perihal tempat-tempat yang memperlihatkan diskon khusus bagi penerima Jamsostek itu dapat teman-teman peroleh di Aplikasi BPJSTK Mobile.

Selain itu, dengan menciptakan KPJ gres pengganti kartu yang hilang, nanti suatu ketika sehabis berhenti bekerja ingin mencairkan uang JHT, tidak perlu lagi repot-repot menciptakan surat keterangan hilang dari kepolisian. Soalnya KPJ merupakan salah satu berkas wajib yang harus dilampirkan ketika klaim JHT.

Syarat untuk dapat mempunyai pengganti kartu BPJS Taman Kanak-kanak yang hilang adalah:
  • Status kepesertaannya masih aktif.
  • Masih tercatat sebagai pekerja atau karyawan.
Cara mengurus kartu penerima BPJS Ketenagakerjaan yang hilang yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdaftar. Maksudnya kantor cabang terdaftar ialah kantor BPJS Ketenagakerjaan yang dulu mengeluarkan kartu BPJS Taman Kanak-kanak kepunyaan Anda yang telah hilang tersebut.

Berkas-berkas persyaratan yang harus dibawa ialah sebagai berikut:
  • Fotokopi KTP beserta aslinya.
  • KK (Kartu Keluarga) orisinil beserta salinannya.
  • Surat pengantar dari perusahaan yang isinya menyatakan bahwa Anda masih aktif bekerja di perusahaan tersebut dan permohonan meminta cetak kartu gres dengan mencantumkan nomor kartu kepesertaan.
  • Surat Keterangan kehilangan kepolisian yang di dalamnya wajib mencantumkan nomor KPJ/nomor kartu BPJSTK Anda, perusahaan daerah Anda bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu Anda.
Di beberapa perusahaan, ada yang jikalau karyawannya kehilangan kartu BPJSTK, pihak perusahaan yang menguruskannya, kita cuma melengkapi berkas-berkas diharapkan saja. Tapi kalaupun tidak, tidak dilema kita sendiri yang mengurusnya.
Baca Juga: Cara Membuat Akun BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Untuk Klaim JHT Secara Online
Baik. Itulah tadi mekanisme dan langkah-langkah mengatasi dilema kehilangan kartu bagi penerima yang masih aktif. Nanti pihak BPJS Taman Kanak-kanak akan mencetak duplikasi kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) Anda yang hilang.

Sementara bagi teman-teman yang status kepesertaannya sudah non aktif, jikalau kehilangan kartu peserta, tidak dapat meminta dibuatkan kartu yang gres sebagai ganti kartu yang hilang. Untuk penerima yang sudah tidak aktif ini, kalau hendak mencairkan uang JHT, cukup menciptakan surat kehilangan dari pihak kepolisian saja.

UPDATE PERATURAN!

Mulai selesai tahun 2018 kemarin, penerima BPJS Ketenagakerjaan yang kartu kepesertaannya hilang, tidak perlu lagi mengurus pembuatan kartu gres di kantor cabang. Karena penerima dapat mencetak sendiri kartu kepesertaann untuk pengganti kartu yang hilang melalui layanan Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU. Informasi selengkapnya dan bagaimana cara mencetak kartu digital BPJS Taman Kanak-kanak tersebut silahkan baca Di Sini.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Cara Mengurus Kehilangan Kartu Penerima Bpjs Tk/Jamsostek Biar Dibuatkan Yang Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel