iklan

Negara Monarki Dunia

Negara Monarki Dunia - Negara-negara didunia terbagi pada beberapa tatacara ke pemimpinannya, diantaranya negara yang berbentuk Monarki dan Negara yang berbentuk Republik.

Negara Monarki ialah Negara yang dikepalai oleh seorang penguasa Monarki yaitu Raja/ratu. Kata Monarki berasal dari bahasa Yunani yaitu Monos yang artinya satu dan Archein yang berarti Pemerintahan.

Pemerintahan Monarki terdiri dari 3 jenis sistem pemerintahan, yaitu Monarki Konstitusional, Monarki Mutlak dan Monarki Semikonstitusional.

Dalam sistem Monarki Mutlak atau Monarki Absolut, Seorang Raja atau Ratu mempunyai kekuasaan penuh dalam memerintah Negaranya, dalam hal ini Raja atau Ratu ialah Kepala Negara dan juga merupakan Kepala Pemerintahaan. 

Sedangkan Kepala Pemerintahaan pada sistem Monarki Konstitusional  dipimpin oleh seorang Perdana Menteri yang dipilih oleh Rakyat. Raja atau Ratu pada sistem Monarki Konstitusional hanya sebagai Kepala Negara yang bersifat ketua simbolis dan mempunyai kekuasaan yang sangat terbatas.

Berbeda dengan Presiden yang mempunyai masa jabatannya, masa jabatan Raja atau Ratu sebagai Kepala Negara ialah seumur hidup dan tahtanya sanggup diwariskan.

negara didunia terbagi pada beberapa tatacara ke pemimpinannya NEGARA MONARKI DUNIA


Hingga dikala ini, masih ada  6 negara yang mengadopsi sistem pemerintahan Monarki Mutlak diantaranya ialah Brunei, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Swaziland dan Vatikan. Sedangkan beberapa Negara yang mengadopsi sistem pemerintahaan Monarki Konstitusional diantaranya ibarat Jepang, Inggris (Britania Raya), Malaysia, Thailand dan masih banyak lagi. 

Negara Monarki Konstitusional/Semikonstitusional
Negara Monarki Mutlak
Andorra
Brunei Darussalam
Antigua dan Barbuda
Oman
Australia
Qatar
Bahama
Saudi Arabia
Barbados
Swaziland
Bahrain
Vatikan
Belgia
Belize
Bhutan
Kamboja
Kanada
Denmark
Grenada
Jamaika
Jepang
Yordania
Kuwait
Lesotho
Liechtenstein
Luxembourg
Malaysia
Manako
Moroko
Belanda
Norwegia
Selandia Baru
Papua Nugini
Saint Kitts dan Nevis
Saint Lucia
Saint Vincent dan Grenadines
Kepulauan Solomon
Spanyol
Swedia
Thailand
Tong
Tuvalu
Uni Emirat Arab
Britania Raya



Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Negara Monarki Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel