iklan

Pengertian Virtual Memori Dan Manfaatnya

Pengertian Virtual Memori dan Manfaatnya - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komputer dirancang untuk menjalankan aneka macam tugas. Dengan demikian, berarti beberapa memori dipakai oleh komputer untuk melaksanakan aba-aba yang diberikan oleh pengguna.

Tapi dikala ada keadaan bahwa memori (RAM) yang diharapkan oleh pengguna dengan penggunaan memori tinggi maka pada situasi ini kita akan memakai Konsep Virtual Memori.

Virtual Memori adalah teknik administrasi memori yang dikembangkan untuk kernel multi-tugas. Teknik ibarat ini divirtualisasikan dalam aneka macam bentuk arsitektur komputer dari komputer penyimpanan data ibarat memori kanal dan memori cakram yang memungkinkan sebuah agenda harus dirancang seperti hanya ada satu jenis memori dan bertindak secara eksklusif (RAM).

Baca juga : Pengertian Manajemen Memori

Pengertian Virtual Memori dan Manfaatnya Pengertian Virtual Memori dan Manfaatnya


Dalam lingkungan komputasi virtual, eksekutif sanggup memakai teknik administrasi memori virtual untuk mengalokasikan memori komplemen untuk mesin virtual (VM) yang telah kehabisan sumber daya. Seperti virtualisasi administrasi sanggup meningkatkan kinerja VM dan fleksibilitas manajemen.

Pada umumnya sistem operasi modern yang mendukung memori virtual menjalankan setiap proses di ruang alamat khusus. Setiap program  mempunyai kanal tunggal ke memori virtual. Namun, beberapa sistem operasi yang lebih bau tanah (seperti OS/VS dan OS/VS2 SV) dan bahkan yang modern yang (seperti IBM ) mempunyai ruang alamat tungga yang terdiri dari memori virtual untuk menjalankan semua proses.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Memori virtual menciptakan pemrograman aplikasi lebih gampang untuk fragmentasi persembunyian dari memori fisik. Dengan mendelegasikan ke kernel beban dalam mengelola hierarki memori. Sehingga menghilangkan keharusan agenda dalam mengatasi permasalahan secara eksplisit.

Setiap proses berjalan dalam ruang alamat khususnya, dengan menghindarkan kebutuhan untuk merelokasi kode agenda atau untuk mengakses memori dengan pengalamatan relatif. Virtualisasi memor yakni generalisasi dari konsep memori virtual.

Melalui virtual memory sistem operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang dipakai di memori utama (RAM) dan sisanya di disk (memory virtual) Virtual memory sanggup diimplementasikan dengan tiga cara, yaitu: Paging Segmentasi Kombinasi paging dan segmentasi. Sistem paging mengimplementasikan ruang alamat besar pada memori kecil memakai index register, base register, segment register, dll.


Manfaat dari Virtual Memori
1) Alamat ruang yang tidak digunakan
Dengan sumbangan Ruang Alamat tidak dipakai pengguna sanggup menjalankan sejumlah agenda alasannya semua Alamat yang bergotong-royong akan diperlakukan sebagai Alamat logis. Semua Program yang diberikan oleh pengguna akan disimpan ke dalam Disk Space dan semua Program akan disimpan ke dalam Ruang Alamat.

2) Peningkatan derajat Multiprogramming
Dengan sumbangan Virtual Memory kita sanggup menjalankan banyak Program di waktu yang bersamaan alasannya banyak Program sanggup fit dalam Memori Fisik sehingga lebih Program sanggup disimpan ke dalam memori, tetapi ini tidak akan meningkatkan Response Time dari CPU.

Baca juga : Pengertian CPU dan Fungsinya

3) Penurunan Jumlah I/O Operasi
Mengurangi operasi yang akan dipakai untuk melaksanakan swapping dari Proses. Semua Program akan secara otomatis dimuat ke memori dikala dibutuhkan.

Pengertian Virtual Memori

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Virtual Memori Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel