iklan

Pengertian Administrasi Sumber Daya Insan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Pada kesempatan kali ini admin akan mambahas mengenai Pengertian  dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia. Untuk lebih terperinci mari kita simak pembahasannya.

Menurut A. A. Anwar Prabu Mangkunegara (2013:2), “Manajemen sumber daya insan merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pertolongan balas jasa, pengintegrasian, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi”. 

Manajemen sumber daya insan sanggup didefinisikan pula sebagai suatu  pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu (pegawai). Pengelolaan dan pendayagunaan tersebut dikembangkan secara maksimal di dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan organisasi dan pengembangan individu pegawai. 

Selanjutnya berdasarkan A.F Stoner yang dikutip oleh Sondang P. Siagian (2013:6), “Manajemen sumber daya insan yaitu suatu mekanisme berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang sempurna untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang sempurna pada saat organisasi memerlukannya”. 

Adapun berdasarkan Malayu S.P. Hasibuan (2011:10), “MSDM yaitu ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja biar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat”. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia 
Menurut Jaja Jahari & M. Sobry Sutikno (2008:7) tujuan manajemen sumber daya insan yaitu sebagai berikut: 

Salah satu alasan utama berdirinya organisasi yaitu untuk mencapai tujuan. Usaha untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan melalui pelaksanaan berbagai macam tugas. Berbagai macam kiprah itu tentu saja berbeda-beda, dan tugas-tugas itu harus dilakukan secara efektif dan efisien untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. 

Supaya bisa efektif dan efisien, tugas-tugas itu harus dilakukan oleh orang atau pelaksana yang tepat, yang mempunyai kemampuan sesuai dengan beban kiprah yang harus dilaksanakan, sehingga para pelaksana memiliki dorongan atau motivasi yang tinggi untuk menjalankannya. Selain dipengaruhi oleh adanya kesesuaian dengan kemampuan, juga harus sesuai dengan ganjaran yang diterima, dan tidak ada hambatan-hambatan yang serius dalam pelaksanaan pekerjaan dan lain-lain.


Sumber:
A. A.  Anwar  Prabu  Mangkunegara,  2013,Manajemen  Sumber  Daya  Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Sekian uraian perihal Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Administrasi Sumber Daya Insan Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel