iklan

Cara Menanam Selada Di Pot, Panen Bagus

 


Cara menanam selada sanggup kita budidayakan dengan ditanam memakai pot maupun menggunaan lahan yang luas, dan membudidayakan tumbuhan selada dengan memakai pot merupakan solusi bagi mereka yang hanya mempunyai lahan sempit di pekarangan rumahnya. Tanaman selada merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran yang berasal dari lembah cuilan timur maritim tengah, nama latin dari selada yaitu Lactuca sativa. Tanaman selada merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran yang anggun untuk di tanam didaerah beriklim sedang maupun kawasan beriklim tropik atau panas.


Selada banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia terutama selada banyak dipakai sebagai lalapan maupun salad dan sudah banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan tumbuhan selada ini dengan tujuan untuk dikonsumsi sendiri maupun dengan tujuan untuk bisnis atau dijual lagi. Jenis sauran selada mempunyai kadungan mineral menyerupai fosfor, besi, iodium, kobalt, mangan yang mempunyai kegunaan untuk kesehatan badan kita. Jika kita menanam selada sendiri di rumah maka asupan mineral yang terkandung dari selada tersebut sanggup kita penuhi sendiri, tanpa harus membeli di pasar.


Cara menanam tumbuhan selada maupun tumbuhan lainnya dengan memakai pot, untuk ketika ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat yang mempunyai hobi berkebun, dan yang tidak mempunyai lahan luas sehingga mereka tidak perlu kuatir lagi untuk sanggup menyalurkan hobi berkebunnya tersebut dengan cara menanam di pot.


Lalu apa saja persiapan atau tahap tahap yang harus kita lakukan untuk menanam selada di pot supaya tumbuhan selada sanggup tumbuh subur serta berkembang dengan baik hingga kita sanggup menikmati panennya. Berikut tahap tahap yang sanggup kita pelajari wacana bagaimana cara menanam selada di pot :


Cara menanam selada dan penyemaian benih selada


Cara menanam selada sanggup kita budidayakan dengan ditanam memakai pot maupun menggunaa Cara menanam selada di pot, panen bagus
Penyemaian Benih selada

Sebelum kita mulai mencoba cara menanam selada di pot maka kita harus mempersiapkan benih selada yang berkualitas anggun terlebih dahulu, dan benih selada sanggup kita peroleh dengan cara membeli di toko pertanian terdekat. Kita juga harus memilih jenis varietas selada yang mana yang akan kita tanam supaya panen selada nantinya sanggup sesuai dengan keinginan kita. Sebelumnya kita mengetahui terlebih dahulu bahwa jenis benih selada ada beberapa jenis varietas yaitu benih selada selada boston, selada bokor dan selada loose leaf.


Setelah benih selada kita peroleh maka langkah selanjutnya yaitu melaksanakan penyemaian benih selada. Media semai yang akan kita gunakan untuk menyemai benih selada sanggup kita buat sendiri dengan memakai media semai  adonan antara tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. Kita juga perlu persiapkan tempat untuk media semai yaitu dapat  memakai baki atau seed tray.


Sebelum benih selada disemai sebaiknya benih selada direndam terlebih dahulu dengan memakai air hangat selama semalam, sesudah itu sebarkan benih selada pada media semai yang sudah kita siapkan tadi. Tutup media semai dengan karung atau daun pisang supaya kondisi media semai selalu dalam kondisi lembab. Kita harus rutin mengecek kondisi media semai supaya tetap lembab dan kita sanggup membasahi media semai dengan cara menyemprotkan air bila kondisi media semai sudah mulai kering. Penyemprotan air ke media semai harus dilakukan secara hati hati supaya tidak merusak benih selada tersebut.


Jika benih selada sudah berumur antara 3 atau 4 hari sesudah masa semai, maka biasanya benih selada sudah mulai berkecambah dan kita sanggup membuka epilog media semai. Langkah selanjutnya, kita biarkan bibit selada tumbuh di media semai selama  17 hari sesudah benih selada kita semai.


Cara menanam selada dan proses menanam selada


Cara menanam selada sanggup kita budidayakan dengan ditanam memakai pot maupun menggunaa Cara menanam selada di pot, panen bagus
Benih selada siap dipindahkan ke pot

Apabila benih selada yang kita semai tadi sudah berumur 17 hari semenjak masa semai atau kita sanggup memperhatikan pertumbuhan daunnya dan bila benih selada sudah tumbuh 4 hingga 5 helai daun maka kita sanggup memindahkan benih selada dari media semai ke media tanam di pot.


Pot yang akan kita gunakan, sebaiknya kita pastikan bahwa pot tersebut terdapat lubang pada cuilan bawahnya dan cuilan samping pot, alasannya yaitu lubang lubang tersebut berfungsi sebagai drainase supaya air tidak menggenang di dalam pot. Kemudian kita siapkan media tanam dengan cara menciptakan media tanam yang terdiri dari adonan antara tanah, pupuk sangkar dan sekam padi dengan perbandingan 2 : 1 : 1, atau kita sanggup juga memakai adonan antara tanah, pupuk sangkar dan pasir dengan perbandingan 2 : 1 : 1.


Setelah proses menanam selada di pot selesai kita lakukan maka langkah selanjutnya yaitu kita harus meletakkan pot ditempat yang memperoleh sinar matahari cukup supaya tumbuhan selada sanggup tumbuh dengan baik.


Cara menanam selada dan penyiraman tumbuhan selada


Penyiraman terhadap tumbuhan selada yang kita tanam di pot sanggup dilakukan secara rutin, sebanyak 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Penyiraman secara rutin tersebut harus dilakukan supaya tumbuhan selada tidak kekeringan. Namun demikian apabila demam isu hujan tiba maka kita tidak perlu melaksanakan penyiraman tumbuhan selada lagi, melainkan kita harus memperhatikan secara teliti supaya jangan hingga tumbuhan selada tergenang oleh air, alasannya yaitu air yang menggenang di pot sanggup menjadikan tumbuhan selada bacin dan kesannya mati.


Cara menanam selada dan pemupukan tumbuhan selada


Pemupukan terhadap tumbuhan selada sanggup dilakukan sebelum tumbuhan selada dipindahkan dari media semai ke media tanam. Dalam proteksi Pemupukan terhadap tumbuhan selada maka kita sanggup memakai pupuk organik dan penyiraman dengan memakai bekas perendaman pupuk sangkar atau pupuk organik ini sanggup dilakukan secara teratur setiap 5 atau 10 hari sekali.


Cara menanam selada dan proses memanen selada


Cara menanam selada sanggup kita budidayakan dengan ditanam memakai pot maupun menggunaa Cara menanam selada di pot, panen bagus
Panen selada

Kita sanggup melaksanakan panen selada yang sudah berhasil kita tanam dan kita rawat dengan baik, sesudah tanaman  selada berumur antara 40 s/d 60 hari semenjak bibit selada dipindahkan dari media semai ke media tanam. Bagaimana cara memanen selada? Selada sanggup dipanen dengan cara mencabut tumbuhan selada hingga keakarnya atau selada sanggup juga dipanen dengan cara memotong dibagian pangkal batangnya.


Demikian cara menanam selada di pot yang sanggup kita pelajari dan kita praktekkan untuk mulai mencoba membudidayakan tumbuhan selada di rumah kita. Semoga bermanfaat.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Selada Di Pot, Panen Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel