iklan

Ini Ia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Semoga Menguntungkan

Untuk Anda yang ingin berguru cara ternak kelinci sebaiknya ada pahami tahapan-tahapan dasar cara ternak kelinci sebagai berikut – Siapa yang tidak mengenal binatang kelinci, binatang bagus berbulu halus dan imut mempunyai banyak penggemar setia. Bukan hanya dijadikan sebagai binatang peliharaan tetapi juga sebagai peluang perjuangan yang sangat menguntungkan. Harga jual yang cenderung stabil yaitu salah satu laba dari beternak kelinci. Berdasarkan hasil pengalaman, kami akan menawarkan cara ternak kelinci dengan hasil yang menguntungkan.


Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara ternak kelinci yang benar, ada baiknya Anda memahami alasan mengapa ternak kelinci menjadi salah satu perjuangan sampingan yang bisa dikatakan cukup menguntungkan.


Untuk Anda yang ingin berguru cara ternak kelinci sebaiknya ada pahami tahapan Ini Dia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan
Tahapan dasar cara ternak kelinci

Alasan kenapa Anda harus memulai ternak kelinci yaitu:



  • Cara ternak kelinci tergolong perjuangan ternak yang relative lebih praktis dijalankan

  • Lahan yang dipakai tidak perlu terlalu luas

  • Modal yang dibutuhkan relative kecil dan biaya beternak relative lebih murah.

  • Kelinci mempunyai daging yang berkualitas dan kadar lemaknya rendah

  • Sumber pakan yang sangat praktis didapatkan dengan harga yang murah

  • Cepat dalam berkembang biak

  • Hasil sampingan yang dihasilkan bisa dimanfaatkan


Tahap Awal Cara Ternak Kelinci Dengan Melihat Peluang Bisnisnya


Membaca peluang bisnis sebelum Anda menjalankan perjuangan ternak sangatlah penting, alasannya dengan hal ini Anda akan menjadi lebih praktis berguru cara ternak kelinci yang disesuikan dengan potensi yang Anda miliki pula. Ada beberapa tujuan dalam beternak kelinci yang perlu Anda diperhatikan:


1. Peluang Bisnis Ternak Kelinci Pedaging, daging binatang kelinci mempunyai prospek yang cerah. Kelinci mempunyai daging yang nikmat dan gurih. Kaya akan protein dan rendah akan lemak. Kebutuhan daging kelinci kini semakin meningkat. Dalam hal ini kalau Anda menyasar pada pemenuhan daging untuk konsumsi, maka cara ternak kelinci dilakukan dengan menentukan jenis kelinci seperti rex rabbit, Flemish giant rabbit, dan satin rabbit. 



Baca Lengkap : Metode Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu



2. Penghasil anakan dan pembibitan kelinci, keunggulan kelinci yang patut Anda ketahui yaitu bahwa binatang ini mempunyai lebih dari satu rahim sehingga sanggup menghasilkan lebih dari satu anakan. Kelinci mempunyai kemampuan berkembangbiak dengan cepat atau bisa Anda sebut binatang profilic. Dalam satu tahun kelinci bisa melahirkan hingga dengan kurang lebih lima kali.  Jika Anda ingin menyuplai bibit kelinci, maka cara ternak kelici sanggup Anda lakukan dengan memilih induk kelinci berkualitas dan masih usia produktif. 


3. Ternak Kelinci Piaraan atau kelinci hias, selain sebagai binatang ternak, salah satu ladang bisnis yang bisa Anda jadikan manfaatkan adalah menyasar para hobies yang menggemari keunikan kelinci hias. Dengan bentuk yang lucu dan menggemaskan yaitu daya Tarik tersendiri dari binatang kelinci ini. Cara ternak kelinci dapat Anda lakukan dengan menentukan jenis-jenis kelinci dengan bulu-bulu tebal menyerupai lop, anggora, lion, netherland Dwarf, polish dll.


Apabila yang Anda sasar bisnis kelinci hias, Anda tidak perlu ragu dan khawatir yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis kelinci hias yaitu bukan kuantitas tetapi kualitas. Misalnya yaitu kualitas bulu yang selalu terjaga bersih. Maka dengan cara ternak kelici menyerupai itu para penghobi kelinci tidak akan segan – segan untuk merogeh kocek yang dalam untuk mendapat kelinci dengan model bulu yang unik dan kualitas bulu yang bagus serta ditunjang dengan kesehatan kelinci yang prima.


Tahapan Pengenalan Dasar Cara Ternak Kelinci


Setelah Anda menentukan sasaran pasar yang akan Anda tuju, maka selanjutnya ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami pula dalam pemeliharaan kelinci secara umum. Berikut tips dasar cara ternak kelinci :



  • Cara ternak kelinci sama halnya dengan binatang ternak lainnya. Anda harus menawarkan kasih sayang dan kelembutan terhadap binatang ternak. Karena pada prinsipnya cara ternak kelinci sanggup berhasil kalau Anda tidak semata-mata mengejar profit tetapi harus diimbangi dengan kepekaan Anda terhadap ternak.

  • Rajin – rajinlah Anda dalam membersihkan kandang, wadah pakan dan minuman secara teratur

  • Sediakan air dan pakan secukupnya disesuikan dengan kebutuhan ternak kelinci tersebut.

  • Usahakan Anda mengatur waktu kawin kelinci pada pagi hari. Cara ternak kelinci dengan memperhatikan waktu kawin cukuplah penting, alasannya untuk meminimalisir terjadinya kemadulan jawaban kegemukan. Untuk mengawinkan yaitu dengan melihat kondisi kelinci. Apakah sudah dalam kondisi birahi atau belum. 

  • Jika usia perkawinan sudah memasuki 15 hari, Anda harus segera menilik perut kelinci dan berikan urutan / pijatan ringan secara perlahan.

  • Hal yang terpenting pula cara ternak kelinci juga dengan menjaga suhu sangkar kelinci Anda dalam keadaan sejuk dan tidak lembab.


Tahap Cara Ternak Kelinci Dijalankan


Cara ternak kelinci dilakukan dengan memperhatikan 5 hal yang menjadi komponen utama dalam menjalankan bisnis yang mencakup : pemilihan/penentuan lokasi, pemilihan bibit, pakan, penetuan fase produksi dan persiapan kandang.


1. Pemilihan lokasi


Hal yang harus diperhatikan dalam cara ternak kelinci yaitu faktor pemilihan lokasi. Pemilihan lokasi sangat kuat terhadap hasil yang lebih optimal. Berikut yaitu tips dalam pemilihan lokasi cara ternak kelinci yang baik :



  • Sebaiknya Anda menentukan lokasi ternak bersahabat dengan sumber pakan. Misalnya disekitar area pertanian atau pasar.

  • Cara ternak kelinci yang baik hendaknya Anda menentukan lokasi bersuhu berkisar antara 15 – 25 celcius

  • Lokasi ternak harus kondusif dari binatang predator dan pencuri


2. Pemilihan Bibit


Cara ternak kelinci juga perlu memperhatikan kualitas bibit yang akan digunakan, alasannya sangat mempengaruhi anakan yang akan dihasilkan. Dalam pemilihan bibit harus diperhatikan :



  • Pemilihan indukan harus sehat dan prima. Serta harus Anda ketahui asal-usulnya dari ras yang berkualitas. Misal dengan mengetahui tingkat produksi sebelumnya (seperti jumlah anak dalam sekali lahir daya pertumbuhannya, sejarah reproduksi sebelumnya).

  • Idealnya kelinci betina mempunyai puting susu lebih dari 8 buah. Jika Anda ingin cara ternak kelinci sanggup berjalan dengan baik, maka harus jeli menentukan bibit kelinci.

  • Pilihlah indukan yang cukup lincah dan tidak praktis mengalami stress dan mempunyai bulu yang cukup untuk menciptakan sarang.

  • Indukan harus mempunyai fisik yang sehat dan normal. Bisa Anda lihat melalui mata yang berinar, indera pendengaran bangun tegak, bul higienis dan tidak kusut.


3. Pakan Kelinci


Pakan kelinci mempunyai banyak jenisnya. Sehingga Anda tidak perlu galau dalam pemberian pakan kelinci. Perhatikan juga kondisi dari ransum sebelum Anda berikan kepada kelinci. Sebagai teladan ransum yaitu komposisi konsentrat 50gr diberikan pada masa pertumbuhan dan penggemukan. Komposisi konsentran 70gr bagi indukan hamil, 150 – 200 gr bagi indukan yang menyusui.  Selain itu cara ternak kelinci wajib untuk Anda menawarkan pakan hijauan dan rumput dengan adlibitum atau tidak terbatas.


4. Masa Reproduksi


Ada beberapa tips dan trik semoga cara ternak kelinci yang Anda mempunyai reproduksi yang baik.



  • Usia ideal kelinci untuk dikawinkan yaitu pada umur kisaran 5 – 6 bulan

  • Perkawinan kelinci paling ideal dilakukan pada pagi hari atau sore hari

  • Gunakan perbandingan 1 : 10, artinya 1 pejantan dikawinkan dengan 10 betina.

  • Segera kawinkan kembali kelinci betina Anda sehabis beranak. Jika ternak kelinci Anda mau dijadikan bakalan. Maka kawinkan indukan pada 7 – 10 hari sehabis beranak. Jika akan dijadikan ternak pengganti indukan bisa dikawinkan sehabis 40 – 45 hari sehabis beranak.


5. Kandang


Salah satu faktor penting dalam beternak kelinci yaitu kandang. Kandang mempunyai fungsi semoga kelinci terjaga dari pencurian, binatang buas dan cuaca. Dalam beternak kelinci Anda bisa lakukan dengan menciptakan koloni atau dengan individual. Dalam pembuatan sangkar kelinci tidak ada standar baku. Sesuaikan pembuatan sangkar kelinci dengan kondisi lahan yang ada. Dan yang paling penting yaitu kelinci bisa nyaman dan bisa bereproduksi dalam sangkar yang Anda buat. Umumnya cara ternak kelinci yang sempurna dengan memakai ukuran sangkar untuk ternak kelinci yaitu 90 x 60 x 60.


Dari banyak sekali tips  cara ternak kelinci yang kami berikan diatas, bisa Anda gunakan untuk langkah dasar. Sehingga kalau nantinya ternak Anda sudah mengalami kemajuan pesat maka Anda bisa melaksanakan improvisasi dalam menjalankan bisnis ternak kelinci ini. Jika Anda mengalami kesusahan dalam cara ternak kelinci, kami bisa menawarkan santunan dengan menawarkan beberapa tips dan trik lainnya dengan cara Tinggalkan komentar Anda pada kolom penggalan bawah artikel cara ternak kelinci ini.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Semoga Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel