iklan

Pengertian Aturan Investasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Hukum Investasi
Berikut ini Pengertian Hukum Investasi Menurut Para Ahli:

Pengertian Hukum Investasi berdasarkan Ida Bagus Wyasa Putra, Hukum Investasi ialah norma-norma aturan mengenai kemungkinan-kemungkian sanggup dilakukannya investasi, syarat-syarat investasi, sumbangan dan yang terpenting mengarahkan biar investasi sanggup mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat. 

Hukum investasi dikonstruksikan sebagai norma hukum. Norma aturan dalam hal ini mengkaji ihwal kemungkinan dilakukannya penanaman investasi syarat-syarat investasi, sumbangan terhadap investasi dan kesejahteraan bagi masyarakat. Setiap perjuangan penanaman investasi harus diarahkan kepada kesejahteraan masyarakat. Para investor sanggup meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia dengan adanya investasi.

Menurut T. Mulya Lubis, Hukum Investasi tidak hanya terdapat dalam UU, tetapi dalam aturan dan aturan lain yang dibelakukan berikutnya yang terkait dengan masalah-masalah investasi asing. Pengertian investasi ini ditekankan pada sumber aturan investasi. Sumber aturan investasi itu mencakup UU dan aturan-aturan lain. 

Pengertian Hukum Investasi berdasarkan Salim HS dan Budi Sutrisno adalah keseluruhan kaidah aturan yang mengatur relasi antara investor dengan peserta modal, bidang-bidang perjuangan yang terbuka untuk investasi, serta mengatur ihwal mekanisme dan syarat-syarat dalam melaksanakan investasi dalam suatu negara.

Kaidah aturan investasi digolongkan menjadi dua macam, yaitu kaidah aturan investasi tertulis dan tidak tertulis. Kaidah aturan investasi tertulis merupakan kaidah aturan yang mengatur ihwal investasi, dimana kaidah aturan itu terdapat dalam UU, traktat, yurisprudensi dan doktrin. Kaidah aturan investasi tidak tertulis merupakan kaidah-kaidah aturan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Masyarakat pada umumnya melaksanakan investasi berdasarkan pada kaidah-kaidah tidak tertulis. 

Hal yang diatur dalam aturan investasi ialah relasi antara investor dengan peserta modal. Status yang dimiliki investor sanggup digolongkan menjadi dua macam, yaitu investor aneh dan investor domestik. Investor aneh merupakan penanam modal yang berasal dari luar negeri, sedangkan investor domestik merupakan penanam modal yang berasal dari dalam negeri.

Pengertian Hukum Investasi Menurut Para Ahli

Unsur-Unsur Hukum Investasi
Dari uraian diatas, sanggup dikemukakan unsur-unsur aturan investasi yaitu : 
  1. Unsur adanya kaidah hukum, 
  2. Unsur adanya subjek, dimana subjek dalam aturan investasi ialah investor dan negara peserta investasi, 
  3. Unsur adanya bidang perjuangan yang diperbolehkan untuk investasi, 
  4. Unsur adanya mekanisme dan syarat-syarat untuk melaksanakan investas, 
  5. Unsur terakhir yaitu negara. 
Hukum investasi adalah norma aturan yang menjamin sumbangan terhadap investasi.

Sumber:
Ana  Rokhmatussa’dyah,  Suratma, Hukum  Investasi  dan  Pasar  Modal, Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Sekian uraian ihwal Pengertian Hukum Investasi Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Aturan Investasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel