iklan

Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Beserta Contohnya

 akan membahas mengenai apa itu penelitian kualitatif dan kuantitatif lengkap beserta cont Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Beserta Contohnya

Kali ini ayoksinau.com akan membahas mengenai apa itu penelitian kualitatif dan kuantitatif lengkap beserta contohnya. Karena mungkin beberapa orang diantara kita masih banyak belum mengetahui akan pengertian kualitatif dan kuantitatif.

Pengertian dari penelitian kualitatif dan kuantitatif itu memiliki perbedaan yang mencolok. Tidak usah panjang lebar mari bantu-membantu kita simak pengertian, perbedaan dan pola penelitian kulitatif dan juga kuantitatif berikut ini

1.Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Dalam penelitian pada ilmu kependidikan, juga dikenal suatu metode penelitin yang dipakai dalam pembelajaran, ialah metode peneltian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif ialah suatu metode penelitian secara definisi dan pelaksanaannya saling bertolak belakang. Pengertian dari ke dua metode penelitian tersebut adalah:

2.Pengertian Penelitian Kualitatif

Pengertian Kualitatif ialah metode penelitian yang menekaankan pada aspek suatu pemahaman secara mendalam terhadap suatu problem daripada melihat permasalahan guna penelitian generalisasi.

Metode peneliitian kualitatif lebih suka memakai teknik anaalisis yang mendalam ( in-depth analysis ). Yaitu mengkaji suatu problem secara satu persatu, dari masalah perkasus.

Karena dalam metodologi kuliitatif yakin bahwa sifat suatu problem satu berbeda dengan sifat problem lainnya. Tujuan dari metodologi kualitatif ini bukan suatu generalisasi akan tetapi pemahaman yang secara mendalam terhadap suatu masalah.

Penelitian kualitatif sendiri berfungsi untuk memperlihatkan kategori substantif dan juga hipotesis penelitian kualitatif.

3. Pengertian Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kuantitatif ialah metode penelitian yang lebih menekan pada aspek pengukuran dengan cara yang obyektif terhadap fenomena social. Untuk sanggup melaksanakan pengukuran, pada setiap fenomena social di jabarkan kedalam beberapa komponen masalah, variable dan juga indikator.

Setiap variable yang ditentukan dan diukur dengan memperlihatkan symbol-symbol dan angka yang berbeda – beda sesuai dengan kategori di isu yang berkaitan dengan variable tersebut. Dengan memakai symbol-symbol atau pun angka tersebut, teknik perhitungan secara kuantitatif matematik sanggup di lakukan sehingga sanggup menghasilkan suatu kesimpulan yang belaku umum di dalam suaatu parameter.

4.Contoh Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian Kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih untuk difokuskan pada pemahaman fenomena-fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan lebiih menitik beratkan pada citra yang lebih lengkap daripada merinci menjadi variabel yang saling terkait.

Contoh Judul Penelitian Kualitatif dianaranya ialah:

  • Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Mutu Pendidikan
  • Cara Belajar Siswa SD Dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN)
  • Eksploitasi Anak Jalanan
  • Kinerja Dan Profesionalisme Guru SD
  • Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif
  • Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran
  • Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar
  • Metode Pembelajaran Yang Efektif Dalam Membentuk Karakter
  • Pentingnya Keterampilan Membaca Bagi Siswa SD
  • Model Pembelajaran Yang Efektif Dalam Pembelajaran
  • Persepsi Dan Perilaku Merokok Mahasiswa PGSD
  • Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Bidang Akademik
  • Pola Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional
  • Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Metode Inkuiri
  • Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD

Penelitian Kuantitatif ialah metode penelitan yang bersifat deskriptif dan lebih banyak memakai analisis. Penelitan kuantitatif berrtujuan mencari korelasi yang menjelaskan sebab-sebab dalam fakta-fakta sosial yang terukur, mengambarkan korelasi variabel juga menganalisa.

Baca Juga :

 


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel