iklan

Pengertian Pengendalian Biaya Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Pengendalian Biaya - Dalam akuntansi pertanggungjawaban ini menghubungkan informasi akuntansi yang diharapkan oleh seorang manajer dengan wewenang yang dimiliki manajer tersebut. Wewenang yang dimiliki oleh seorang manajer tersebut didelegasikan dari manajer tingkat atas ke manajer yang ada dibawahnya dan pendelegasian wewenang  menuntut manajer yang ada untuk mempertanggungjawabkan pelaksananaan tugas yang dibebankan kepadanya. 

Pada akuntansi pertanggungjawaban pengendalian biaya dilakukan dengan cara menghubungkan biaya dengan unit yang bertanggungjawab atas terjadinya biaya tersebut. 

Berikut ini Pengertian Pengendalian Biaya berdasarkan beberapa ahli:

Pengertian dari pengendalian biaya berdasarkan Joel G. Siegel dan Jae K. Shim  yang dialih bahasakan oleh Moh. Kurdi (1999;110) adalah: ”Pengendalian biaya yakni suatu langk ah yang diambil oleh manajemen untuk memastikan bahwa tujuan yang dibentuk pada tahap perencanaan dapat dicapai dan untuk memastikan bahwa se mua segmen fungsi organisasi dalam perilakunya konsistansi dengan kebija kan-kebijakan untuk pengawasan biaya yang efektif” 

Dimana pengendalian biaya yakni untuk membandingkan biaya yang seharusnya dengan biaya-biaya yang bergotong-royong terjadi da n jikalau terjadinya selisih maka selisihnya perlu dianalisis lebih jauh, sehingga diketahui faktor penyebab penyimpangan yang terjadi hingga pada dilakukannya tindakan koreksi. 

Adapun berdasarkan Henry Simamora (1999;301) mengemukakan bahwa : ” Pengendalian biaya yakni perbandingan kinerja kasatmata dengan kinerja standar, penganalisisan selisih-selisih yang timbul guna mengindentifikasikan penyebab-penyebab yang sanggup membenahi atau menyesuaikan perencanaan dan pengendalian di masa yang akan datang” 

Setiap bidang pertanggungjawaban menyusun anggaran biaya dan penghasilannya masing-masing dengan memperhatikan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Anggaran yang telah di susun dipakai sebagai alat pengukur pelaksanaan acara dan masing-masing pecahan sistem akuntansi disusun agar dapat mengumpulkan dan melaporkan biaya yang bergotong-royong dikeluarkan untuk dilaporkan kepada pecahan yang ditetapkan bertanggung jawab. 

Pengertian Pengendalian Biaya Menurut Para Ahli

Pertanggungjawaban untuk penghasila n yang diperoleh pelaksanaannya tidak begitu sulit, alasannya yakni penghasi lan lebih gampang diidentifikasikan dibandingkan dengan biaya yang terjadi. Didalam sentra pertanggungjawaban tidak selalu timbul dari keputusan yang diambil kepala pecahan yang bersangkutan, karenanya tidak semua biaya yang terjadi dalam suatu bagian pertanggungjawaban sanggup dikendalikan oleh kepala pecahan yang bersangkutan, maka dalam pengumpulan biaya tiap bidang pertanggungjawaban harus dipisahkan antara biaya yang sanggup dikendalikan dengan biaya yang tidak dapat dikendalikan, hanya biaya-biaya yang sanggup dikendalikan oleh kepala bagian yang bersangkutan yang harus diminta pertanggungjawaban. Untuk itulah akuntansi pertanggungjawaban biasanya menitikberatkan pada pertanggungjawaban yang merupakan suatu alat pengendalian, pengendalian yang dimaksud yakni pengendalian terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing sentra pertanggungjawaban. 

Biaya dalam akuntansi pertanggungjawaban dihubungkan dengan manajer yang mempunyai wewenang untuk mengkonsumsi sumber daya, alasannya yakni sumber daya yang dinyatakan dalam satuan uang merupakan biaya, maka akuntansi pertanggungjawaban merupakan metode pengendalian biaya yang memungkinkan manajemen untuk melaksanakan pengelolaan biaya. 

Untuk tujuan pengendalian biaya, organi sasi harus disusun sedemikian rupa sehingga terang wewenang dan tanggung jawa b dari tiap-tiap manajer. Anggaran menghendaki adanya organisasi yang baik, yang tiap-tiap manajernya mengetahui wewenang dan tanggungjawabnya masing-masing. 

Berdasarkan pada pokok pikiran yang telah diuraikan di atas dan teori-teori yang ada, maka sanggup dikemukakan sebuah hipotesis yaitu apakah terdapat hubungan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya, dengan rumus : 

Ho : Tidak terdapat kekerabatan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya. 
Hi : Terdapat kekerabatan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya.

Sumber:
Simamora, Henry, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kedua, Cetakan kedua, Penerbit STIE YKPN, Yogyakarta.

Sekian uraian perihal Pengertian Pengertian Pengendalian Biaya, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Pengendalian Biaya Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel