iklan

Pengertian Sistem Isu Akuntansi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Pengertian dan Fungsi Sistem Informasi Akuntansi berdasarkan beberapa ahli. Langsung saja ya..?

Terdapat beberapa definisi sistem warta akuntansi yang telah dikemukakan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut :

Menurut Romney dan Steinbart (2009:28) dalam Dewi, sistem warta akuntansi adalah: “An acconting information system is a system that collect, records, stores and processes data to produce information for decision makers”Pernyataan yang dikemukakan oleh Romney dan Steinbart menjelaskan bahwa sistem warta akuntansi merupakan sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan dan memproses data sehingga menghasilkan warta untuk pengambil keputusan.

Menurut Diptyana dan Dewi (2014 : 6) sistem warta akuntansi adalah “Suatu kesatuan aktivitas, data, dokumen dan teknologi yang keterkaitannya dirancang untuk mengumpulkan dan memproses data, hingga dengan menyajikan warta kepada para pengambil keputusan di internal organisasi dan eksternal organisasi”.

Sistem warta akuntansi juga didefenisikan oleh Bodnar (2010:8) : “Sistem warta akuntansi (SIA) ialah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mentransformasi data akuntansi menjadi informasi”.

Sistem warta akuntansi berdasarkan Diana dan Setiawati (2011 : 4) mencakup bermacam-macam acara yang berkaitan dengan siklus pemrosesan akuntansi perusahaan. Meskipun tidak ada dua organisasi yang identik, tetapi sebagian besar mengalami jenis bencana ekonomi yang serupa. Kejadian-kejadian ini menghasilkan transaksi-transaksi yang sanggup dikelompokkan menjadi empat siklus acara bisnis yang umum, yaitu:

a. Siklus pendapatan
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran yang berkaitan.
b. Siklus pengeluaran
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
c. Siklus produksi
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumber daya menjadi barang dan jasa.

Berdasarkan pengertian dari para mahir diatas, sanggup disimpulkan bahwa sistem warta akuntansi (SIA) adalah sistem yang dirancang untuk melaksanakan kegiatan proses data dan pelaporan warta baik dengan manual maupun secara terkomputerisasi perihal kegiatan yang bekerjasama dengan keuangan. Sistem warta akuntansi juga sanggup disimpulkan sebagai sub-sub sistem yang paling saling bekerja sama dan bertanggung jawab untuk menyediakan warta keuangan dan warta yang didapat dari data transaksi untuk tujuan pelaporan internal kepada manajer untuk dipakai dalam pengambilan dan pemegang saham, pemerintah, dan pihak-pihak lain di luar perusahaan.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi
Menurut Romney dan Steinbart (2009:29) dalam Dewi, fungsi sistem warta akuntansi adalah:
  1. Collect and store data about organizational activities, resources and personal.
  2. Transform data into information that is useful for making decisions so management can plan, execute, control and evaluate activities, resources and personel.
  3. Provide adequate controls to safeguard the organization’s assets, including its data, to ensure that the assets and data are available when needed and the data are accurate and reliable”.
Pernyataan Romney dan steinbart menyatakan bahwa fungsi sistem warta akuntansi ialah sebagai berikut:
  1. Mengumpulkan dan menyimpan data perihal aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku yang terlibat dalam banyak sekali acara tersebut.
  2. Mengubah data menjadi warta yang mempunyai kegunaan bagi pihak administrasi untuk menciptakan keputusan dalam acara perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi.
  3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga asset-aset organisasi, termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia dikala dibutuhkan, akurat, dan andal.

Sumber:
Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sekian uraian perihal Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli, biar bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Sistem Isu Akuntansi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel