iklan

Penyebab Kartu Tri Gangguan Jaringan Dan Cara Mengatasinya


Pemakaian internet melalui HP sedang marak dilakukan. Kebutuhan internet di aneka macam tempat menciptakan kita butuh mengakses internet dari HP.





Untuk menyediakan jaringan internet, aneka macam kartu provider memperlihatkan penawaran yang menarik bagi pengguna HP. Salah satu kartu provider yang sering dipakai yaitu kartu Tri (3).





Beberapa penawaran dari Tri bisa menciptakan pengguna HP tergoda, contohnya Tri AON (Always ON). Kartu Tri AON sanggup dibeli dengan harga yang sangat terjangkau.





Dengan hanya membayar Rp20.000, kartu Tri AON bisa diperoleh dengan kuota internet sebesar 2 GB.





Tidak hanya itu, masa aktif kuota kartu Tri AON bisa mencapai 1 tahun yang mana setiap bulannya mendapat kuota pelengkap 50 MB.





Penawaran ini niscaya akan menarik banyak orang, apalagi kalau dilihat harga kartu provider lain lebih mahal. Meskipun lebih murah, jaringan internet dari Tri AON sangat cepat.  Sinyal juga gampang untuk didapat.





Namun, semakin lama, layanan dari Tri AON semakin menurun. Kecepatan internet usang kelamaan semakin lambat.





Meskipun sama-sama full HSPA, tetapi kecepatan jaringan internetnya sudah tidak cepat. Beberapa penyebabnya bisa disebabkan lantaran pengguna kartu provider Tri AON semakin bertambah.





Meningkatnya jumlah pengguna kartu Tri AON tidak diimbangi dengan peningkatan pelayanan jaringan internet.





Tidak hanya kecepatan internet yang menurun, tetapi juga ada beberapa keluhan lain yang dirasakan dikala menggunakan Tri AON, yaitu:





  • Ketika mengunduh di Tusfile, kuota selalu mencapai limit. Hal ini berarti file yang diharapkan tidak bisa diunduh. Kemungkinan hal ini terjadi lantaran IP server yang ada di kartu Tri. Untuk mengatasinya bisa dengan mendaftar akun di Tusfile terlebih dulu. Cara lainnya yaitu mengganti IP server kita dengan menggunakan VPN.
  • Kecepatan internet yang melambat semakin bertambah kalau kita mengakses situs Facebook. Penurunan kecepatan internet ini hampir selalu terjadi ketika mengakses situs Facebook. Hal ini bisa disebabkan lantaran Facebook termasuk dalam situs yang bisa diakses secara gratis.
  • Beberapa situs tidak bisa diakses dengan lancar, bahkan sama sekali tidak bisa dikunjungi. Salah satu situs yang sulit untuk diakses yaitu jotform.
  • Sedikit kesulitan untuk mengecek kuota, lantaran tampilan yang berbeda.




Beberapa keluhan tersebut tidak hanya dirasakan oleh sekelompok kecil orang. Sebagian besar orang yang menggunakan layanan Tri juga mengalami hal yang sama.





Tentu saja hal ini menciptakan acara untuk mengakses internet menjadi tidak nyaman. Bahkan untuk mencari hiburan di Facebook saja tidak bisa.





Berikut merupakan kemungkinan-kemungkinan mengapa kartu Tri mengalami penurunan kecepatan internet:





Pemakaian internet melalui HP sedang marak dilakukan Penyebab Kartu Tri Gangguan Jaringan dan Cara Mengatasinya




Melonjaknya pengguna kartu Tri





Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, peningkatan jumlah pengguna bisa menyebabkan penurunan kualitas jaringan internet.





Hal ini bisa disebabkan lantaran Tri tidak melaksanakan peningkatan layanan jaringan internet meskipun penggunanya semakin meningkat.





Analoginya, dalam sebuah rumah bisa menciptakan nyaman 2 orang dan mereka bisa bergerak dengan leluasa.





Namun kalau dalam rumah tersebut diisi dengan 20 orang, tentunya gerak dalam rumah akan lebih terbatas. Hal inilah yang terjadi dikala pengguna membeludak. Akibatnya, jaringan yang ada tidak bisa meliputi semua pengguna layanan Tri.





Distribusi jaringan internet tidak merata





Kecepatan jaringan internet juga bisa dipengaruhi oleh kawasan di mana kita berada. Hal ini bisa dibuktikan kalau kita mengunjungi satu kota dan membandingkan jaringan dengan kota asal.





Jarang sekali kita rasakan kecepatan internet yang diterima akan sama. Kecepatan internet bisa berbeda sedikit atau bahkan berbeda jauh.





Perbedaan kecepatan internet di kawasan yang berbeda bisa disebabkan jumlah pengguna di setiap kawasan berbeda.





Apalagi kalau jaringan internet tiap kawasan dibentuk sama. Dalam kawasan yang tergolong kota besar, pengguna HP akan lebih besar, termasuk pengguna internetnya.





Akibatnya, kepadatan arus kawasan tersebut menjadi lebih besar. Sedangkan di kawasan lain yang lebih kecil, pengguna internet akan lebih sedikit sehingga kecepatan internet bisa lebih lancar.





Penyebab lain bisa disebabkan lantaran provider belum menyediakan layanan jaringan internet di kawasan tertentu, terutama di kawasan yang jauh dari sentra kota.





Jika layanan internet belum disediakan secara maksimal, tentu saja akan memperlihatkan kualitas layanan yang berbeda. Hal ini juga bisa menyebabkan kecepatan internet menurun kalau kita berpindah tempat.





Mengakses Facebook dengan kartu provider Tri





Sebelumnya, Tri tidak membatasi susukan gratis ke situs gratis yang disediakan, salah satunya yaitu Facebook.





Namun, dikala ini penggunaan kuota untuk susukan gratis ke situs yang ditentukan telah dibatasi. Pembatasan kuota ini bisa disebabkan lantaran kerugian yang dialami lebih besar dibandingkan keuntungannya.





Hal ini pastinya berimbas kepada pengaksesan situs-situs tersebut. Jika mengakses Facebook dan telah melewati batas, kecepatan internet akan tiba-tiba menurun dan menciptakan kita tidak merasa nyaman dikala mengakses situs Facebook. Selain itu, kita juga akan mendapat SMS notifikasi yang menyampaikan susukan ke situs gratis telah melewati batas.





Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa dicoba, antara lain:





Menggunakan kartu lama





Jika kita mengganti kartu Tri lantaran kuota telah habis digunakan, jangan buru-buru untuk membuang kartu Tri tersebut.





Kita masih bisa memanfaatkannya. Kita bisa menggunakan kartu Tri usang yang kuotanya sudah habis tersebut.





Setiap bulan, kuota yang dipakai untuk situs gratis akan direset oleh sistem. Kecepatan aksesnya pun akan kembali ibarat sedia kala.





Sehingga kita bisa menggunakan kartu Tri usang untuk mengakses situs gratis ibarat Facebook.





Hal ini berlaku untuk semua kartu Tri. Reset kuota juga akan diterima oleh paket Tri AON, yaitu sebesar 50 MB. Kecepatan jaringan internet untuk mengakses Facebook akan kembali ke sedia kala.





Mengirim SMS ke 234





Cara lain yang bisa dicoba dikala kecepatan susukan situs gratis menurun yaitu dengan mengirim SMS. Kita hanya perlu mengetik Reg(spasi)Booster ke 234.





Setelah SMS dikirim, kecepatan internet ke susukan gratis akan kembali normal. Cara ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil. Kuota yang dipakai untuk susukan situs gratis diambil dari kuota reguler, sehingga akan terjadi pengurangan kuota reguler.





Layanan kartu Tri sedang tidak stabil





Penurunan kecepatan internet salah satunya disebabkan oleh ketidakstabilan jaringan internet yang dihasilkan.





Penurunan kecepatan internet bisa terjadi kapan saja dan di aneka macam perangkat. Biasanya penurunan kecepatan internet bisa muncul ketika kita melaksanakan browsing atau hal lain.





Browser hanya loading sesudah PC dikoneksikan dengan modem





Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Setelah modem terkoneksi, internet malah tidak bisa terakses. Pada kepingan kecepatan jaringan, nilai transfer data memperlihatkan 0 kBps.





Solusinya yaitu mematikan koneksi terlebih dulu dan mencabutnya. Setelah itu, modem dihubungkan kembali dan dinyalakan. Cara ini tidak selalu berhasil sehingga kita butuh alternatif lain.





Alternatif lainnya bisa dilakukan dengan mengkoneksikan modem dan eksklusif klik reload alamat situs yang akan dibuka. Hal ini juga terjadi secara otomatis kalau menggunakan aplikasi Google Chrome.





Sangat lambat ketika akan membuka situs tertentu





Solusi yang dilakukan sama dengan sebelumnya. Jika masih tidak bisa, bisa menggunakan ekstensi atau proxy yang ada pada bowser.





Itulah sekilas mengenai jaringan internet yang dihasilkan oleh Tri AON. Terkadang jaringan memang mengalami penurunan kecepatan yang memang menciptakan kita tidak nyaman ketika mengakses internet.





Jika menggunakan hp android bisa juga mengikuti: cara mengatasi wifi hp android putus nyambung.





Namun, jangan khawatir. Semua permasalahan yang ada bisa diselidiki dan dicari solusinya. Harapannya semua solusi yang telah tercantum di artikel sanggup membantu untuk memperlancar jaringan internet dari Tri AON.



Sumber https://bersamatekno.com

0 Response to "Penyebab Kartu Tri Gangguan Jaringan Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel