iklan

Tips Mudah Menciptakan Rasum Sentrat Pakan Kelinci

Pakan kelinci yakni salah satu faktor penentu kesuksesan cara ternak kelinci yang tepat. Pakan ternak kelinci memiliki bermacam-macam jenis dan masing-masing memiliki manfaat tersendiri. Contoh pakan kelinci yang sering dipakai yakni limbah dari sayuran ataupun pelet buatan pabrik. Satu sama lain mempunyai kualitas dan kandungan nutrisi yang berbeda. Kualitas kandungan nutrisi itulah yang nantinya akan mempengaruhi keberhasilan dalam beternak kelinci.


Ada banyak tipe kelinci yang sudah di ternakkan di Indonesia. Baik itu dari jenis kelinci pedaging maupun jenis kelinci hias. Jenis kelinci yang diternakkan yakni Flemish Giant, Sating Rex, New Zealand White, dang Anggora. Dari banyak sekali jenis kelinci tersebut  masing-masing membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Dimana pada pada dasarnya jenis pakan kelinci menyesuaikan dengan jenis kelinci. Termasuk jumlah dosis atau volume masakan yang diberikan setiap harinya.


Pakan kelinci yakni salah satu faktor penentu kesuksesan  Tips Mudah Membuat Rasum Sentrat Pakan Kelinci
Cara penentuan pakan kelinci yang tepat

Jenis Pakan Kelinci


Kelinci sangat menyukai macam masakan hijau antara lain sayuran dan rumput. Tetapi tidak semua sayuran dan rumput cocok dijadikan pakan kelinci. Sistem pencernaan kelinci sangat sensitive, kalau pakan kelinci tidak cocok dengan sistem pencernaan  maka akan mengakibatkan kelinci menjadi sakit. Terutama penyakit diare. Kami akan berikan kepada Anda beberapa pakan ternak kelinci yang banyak direkomendasikan. Antara lain sebagai berikut :


1. Sayuran


Sayuran yakni satu satu pakan kelinci yang sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi dari kelinci. Selain nutrisi sayuran dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan alasannya mengandung air yang sanggup membantu proses lancarnya pencernaan makanan. Adapun cara yang dilakukan untuk menguji apakah sayuran tersebut sanggup dikonsumsi oleh kelinci yakni dengan memperlihatkan dalam jumlah porsi yang sedikit.


Setelah itu cek kotoran dari kelinci sesudah diberikan sayuran. Jika kotoran tidak lunak maka sayuran tersebut cocok dengan pencernaan kelinci. Akan tetapi kalau kotoran lunak dan cair maka hendaknya pertolongan pakan kelinci dihentikan. Jika sudah dirasa sayuran tersebut cocok maka Anda tinggal menambah bertahap porsi dari sayuran tersebut. Sayuran yang umum diberikan yakni sayuran dengan kadar kalsium rendah. Semakin rendah kandungan kalsiumnya maka sayuran tersebut semakin baik kalau dijadikan pakan kelinci, menyerupai kangkung dan wortel.


2. Buah-buahan


Buah sanggup juga dijadikan pakan kelinci. Tapi bukan sebagai pakan utama, melainkan sebagai pakan pendamping saja. Sama menyerupai sayuran, tidak semua buah sanggup dijadikan pakan. Jika buah tidak cocok dengan sistem pencernaan kelinci maka akan menjadikan kelinci menjadi sakit. Hindari buah dengan kadar gula yang tinggi, alasannya kadar gula yang tinggi mengganggu keseimbangan mikro organisme di caecum.


Buah yang cocok untuk dijadikan pakan kelinci yakni buah yang mengandung serat tinggi. Buah yang mengandung serat tinggi sanggup menjaga pencernaan kelinci dalam keadaan baik. Tips untuk memperlihatkan pakan buah yakni dengan memotong buah kecil – kecil. Hal ini untuk memudahkan kelinci memakan buah tersebut, selain itu untuk membantu pencernaan kelinci semoga tidak bekerja terlalu berat. Beberapa buah -buahan yang sanggup dijadikan pakan kelinci : pisang, pepaya, raspberry, nanas, apel dan anggur yang dibuang bijinya.


3. Rumput


Rumput merupakan pakan kelinci yang utama. Kandungan serat didalam rumput sangat efektif untuk mencegah penyumbatan pada sistem akses pencernaan kelinci. Rumput sanggup merangsang pertumbuhan gigi yang sempurna. Karena gerakan mengunyah dari kelinci yang merangsang pertumbuhan gigi. Banyak jenis rumput yang sanggup dijadikan untuk pakan kelinci. Salah satu rumput favorit yang dijadikan pakan kelinci yakni jenis Timothy Hay. Rumput jenis ini sanggup Anda dapatkan di petshop terdekat. Rumput di sekitar pekarangan rumah Anda pun sanggup juga dijadikan sumber pakan untuk kelinci. Tapi harus dilihat juga apakah rumput tesebut terkotori oleh zat – zat berbahaya atau tidak. Misalnya pestisida.


4. Pelet Khusus Kelinci


Pelet yakni masakan buatan pabrik. Yang khusus dibuat untuk pakan kelinci. Pada umumnya pelet memiliki kandungan nutrisi yang sudah diadaptasi untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Biasanya disertai dengan hukum / petunjuk pemakaian dan diadaptasi dengan usia kelinci. Anda sanggup mendapat pakan pelet ini di petshop terdekat. Perlu diingat bahwa pertolongan pelet jangan dilakukan secara berlebihan. Berikan sebagai pakan selingan saja. Supaya pengeluaran Anda tidak terlalu besar untuk biaya pakan.


Selain jenis pakan kelinci yang tersedia diatas, Jika Anda ingin tahu bagaimana teknik dasar cara ternak kelinci semoga menguntungkan silahkan Klik Disni. Berikut kami lanjutkan tips cara menciptakan rasum untuk kelinci supaya gizi ternak sanggup tercukupi dengan baik.


Tips Cara Membuat Rasum Pakan Kelinci


Selain tumbuhan atau hijauan kelinci hendaknya diberikan perhiasan rasum pakan yang kaya protein agar pertumbuhan dan perkembangannya maksimal. Khususnya untuk kelinci ternak atau kelinci pedaging hal ini sangat diperlukan. Bahan rasum sentrat yang sanggup diberikan untuk kelinci ternak yakni sebagai berikut :


Bahan:



  • Dedak halus

  • Bungkil kedelai

  • Bungkil kelapa

  • Tepung mineral


Cara membuatnya :


Untuk menciptakan 1kg rasum sentrat maka yang dibutuhkan yakni 500gr dedak halus ditambahkan dengan 200gr bungkil kelapa, 200gr bungkil kedelai dan ditambah dengan 100gr tepung mineral. Campur semua materi dan aduk rata. Dapat Anda berikan pribadi kepada kelinci atau lebih baiknya kalau ditambahkan air sedikit dan dibuat menjadi campuran konsentrat.


Cara diatas sangat gampang untuk Anda lakukan sendiri. Berikan rasum sentrat 3 hari sekali. Utamakan pakan pokok tetap diberikan.


Takaran Memberikan Pakan Kelinci



  • Untuk anakan kelinci, berikan pakan secara teratur. Ganti 2 kali sehari pakan yang ada dikandang. Berikan pakan ransum konsentrat dan hijauan. Untuk anakan umur 3 bulanan, jumlah pakan hijauan hendaknya diberikan sebanyak 10 % dari berat badan. Sedangkan untuk pakan konsentrat sebanyak 1 % dari berat tubuh per hari.

  • Untuk kelinci remaja pertolongan makan dilakukan 2 kali sehari. Pada waktu pagi dan sore hari. Untuk kelinci yang sedang hamil pertolongan hijauan dan konsentrat perlu dilebihkan. Untuk kelinci yang sedang sakit berikan perhiasan vitamin yang diberikan ke air minum. Beri selama 2 kali sebulan.


Pakan kelinci yakni salah satu faktor penentu kesuksesan  Tips Mudah Membuat Rasum Sentrat Pakan Kelinci
Takaran pakan kelinci disesuikan dengan kondisi ternak

Baca Juga : Metode Ternak Kelinci Secara Cepat, Tepat dan Terpadu


Dari beberapa uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa untuk memelihara kelinci diperlukan syarat pakan yang sanggup memperlihatkan pemenuhan bagi ternak tersebut. Peran pakan tambahan adalah untuk menghemat pengeluaran pakan dan mendong pertumbuhan secara cepat. Semoga artikel perihal pembahasan pakan kelinci ini sanggup membantu dalam mengelola administrasi ternak kelinci Anda. (sumber gbr:alwib.net)




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Mudah Menciptakan Rasum Sentrat Pakan Kelinci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel