iklan

Aplikasi Internet

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah. Untuk mengakses sebuah informasi, seorang pengguna harus
mengaitkan diri pada suatu alamat sumber diinternet. Untuk mengakses segala sesuatu yang ada diinternet dan menjalankan banyak sekali fungsi berkaitan dengan aktifitas pengaksesan internet dipakai suatu aktivitas aplikasi yang dikenal dengan web browser.  

Aplikasi internet yang paling banyak dikenal dan dipakai antara lain :

World Wide Web (www)
Word Wide Web atau WWW merupakan aplikasi internet paling banyak dipakai dan merupakan aplikasi paling penting. WWW yaitu dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibentuk dengan memakai format hypertext dan hypermedia , yaitu Hypertext Markup Language (HTML). Dokumen yang dibentuk dengan HTML sanggup memuat teks, gambar animasi audio dan video.

Elektronik Mail  (e-mail)
Surat elektronik (e-mail) yaitu aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik yang bias ditulis, dibaca atau dibuka melalui computer, smartphone dan alat komunikasi yang mendukung e-mail.
Saat akan memakai e-mail, pengguna harus mendaftar pada komputer server penyedia e-mail. Setelah mendaftar pengguna akan mendapat nama user (user name) dan kata sandi (password).

Mailing List (Milist)
Mailing List merupakan sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi beberapa kumpulan e-mail anggotanya.
Mailing List yaitu aplikasi internet yang dipakai sebagai sarana diskusi atau bertukar isu dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim kealamat milis akan dikirimkan keseluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Newsgroup
Newsgroup atau kelompok diskusi yaitu aplikasi internet yang dipakai untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota sebuah newsgroup memiliki ketertarikan yang sama pada bidang tertentu. Newsgroup sanggup dianggap sebuah Bulletin Board  dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Internet Relay Chat (IRC)
IRC yaitu aplikasi yang dipakai untuk bercakap-cakap diinternet, yang dikenal dengan istilah Chatting. Chatting yaitu bercakap-cakap diinternet dalam bentuk teks.

File Transfer Protocol (FTP)
FTP yaitu aplikasi internet yang berfungsi untuk mengirim dan mangambil file ke atau dari komputer lain yang ada dijaringan internet yang berkonsep Client Server. FTP memungkinkan mentransfer data dengan cepat.
Mengambil file dikenal dengan istilah Download sedangkan mengirim file disebut dengan Upload.
FTP sering dipakai untuk mencari dan mengambil file (d0wnl0ad file) dari sebuah server diinternet yang memiliki alamat tertentu yang menyediakan banyak sekali file seperti, hasil penelitian, artikel, jurnal dan lain-lain.
FTP juga dipakai untuk mengirim file (upload file) kesuatu situs (homepage), sehingga sanggup diakses pengguna dari seluruh pelosok dunia.


Telnet
Telnet yaitu aplikasi internet yang berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Telnet sanggup dilakukan jikalau kita mempunya alamat IP (IP address) dari komputer yang kita kanal dan kita memiliki hak kanal (User ID dan Password) ke komputer tersebut.

Gopher
Gopher yaitu aplikasi yang dipakai untuk mencari isu yang terbatas pada teks saja. Untuk mendapat isu kita harus mengakses Gopher Server.

Packet Inernet Gopher (Ping)
Ping berfungsi untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain yang ada diinternet. Pengecekan relasi dilakukan dengan cara mengirim sejumlah paket data.

VoIP (Voit over Internet Protocol)
VoIP yaitu layanan telepon melalui internet atau dikenal juga dengan telepon internet . Cara ini sanggup menghemat pulsa interlokal/international sebab kanal internet hanya memakai pulsa telepon lokal


Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Aplikasi Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel