iklan

Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari

gambar kenari pejantan siap ternak image Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari
gambar kenari pejantan siap ternak

Bagi para pecinta burung peliharaan, tentu sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya burung kenari. Kicauannya yang beraneka ragam serta warna bulunya yang majemuk menciptakan burung kenari sanggup menghilangkan stress dan penyegar suasana bagi yang memeliharanya. Maka tidak heran bila ketika ini semakin banyak orang yang melaksanakan ternak kenari lantaran melihat peluang pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahun.


Ternak kenari disamping dilakukan oleh para pelaku perjuangan yang pintar menangkap peluang pasar,usaha ini juga banyak dilakukan oleh para pehobi burung kenari yang ingin tau dengan warnanya yang beraneka ragam, sehingga menjadikan pertanyaan di benaknya : “kalo kenari warna ini dikawinkan dengan kenari warna yang ini maka anakannya jadi warna apa ya?”


Maka tidaklah mengherankan bila Anda akan menemukan banyak sekali macam warna burung kenari yang berbeda di pasaran setiap saat. Hal ini tidak lepas dari faktor kenekatan para peternak kenari (breeder) yang berusaha mengawinkan varian burung kenari yang berbeda sehingga menghasilkan anakan kenari yang berbeda dari indukannya.


Nah bagi Anda yang berniat untuk bisnis ternak kenari sebagai perjuangan sampingan, maupun sekedar melaksanakan percobaan kawin silang antar burung kenari dengan varian berbeda untuk mendapat jenis burung kenari yang baru, maka inilah beberapa poin penting yang harus Anda ketahui di dalam ternak kenari :


6 Tahapan Penting Dalam Ternak Kenari



  1. Usia burung kenari


Usia burung kenari yang akan dijadikan indukan sangat menentukan keberhasilan ternak kenari. Usia ideal indukan ternak kenari sebaiknya dipilih yang tidak terlalu bau tanah maupun tidak terlalu muda (8 bulan untuk pejantan dan 6 bulan untuk betina). Namun bila Anda menentukan ternak kenari dari jenis Yorkshire,maka sebaiknya usia indukan minimal 1 tahun,hal ini disebabkan untuk kenari jenis Yorkshire memang lebih usang menuju periode birahinya.



  1. Membedakan kelamin burung kenari


Apa karenanya bila Anda hendak berternak kenari namun tidak sanggup membedakan antara kenari jantan dan betina? Tentu perjuangan ternak kenari Anda akan sulit berkembang bahkan dirasa mustahil. Bagi para breeder senior,membedakan pejantan dan betina pada burung kenari sebetulnya cukup dengan melihat postur badan burung kenari tersebut.


gambar kenari pejantan siap ternak image Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari
gambar kenari betina siap jadi induk


  1. Sarana dan sangkar ternak kenari


Bentuk dan posisi penempatan sangkar juga sangat mensugesti keberhasilan dari ternak kenari. Jangan hingga Anda salah menenpatkan sangkar kenari sehingga burung Anda justru menjadi target empuk para predator (tikus,cicak,semut,kecoa,dll) yang sanggup menciptakan perjuangan ternak kenari gagal total.Penempatan sangkar sebaiknya ditempelkan di dinding dengan cuilan samping sangkar (kiri dan kanan) ditutup dengan memakai kain tipis.



  1. Menjodohkan burung kenari


Banyak para breeder pemula yang menganggap proses menjodohkan burung kenari yaitu dengan pribadi memasukkan jantan dan betina di dalam satu sangkar. Padahal antara satu kenari dan lainnya tidaklah niscaya cocok,bahkan kerap terjadi bukannya kawin tapi justru kedua kenari tersebut tabrak sehingga melukai satu sama lain.


Untuk mengatasi hal tersebut,tempatkan kenari jantan dan betina pada masing – masing sangkar namun aturlah sangkar sedemikian rupa sehingga saling berdekatan. Hal ini dimaksudkan biar menunjukkan ruang bagi kedua indukan kenari untuk saling mengenal terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses perkawinan.



  1. Meningkatkan birahi induk kenari


Untuk mempercepat keberhasian dari ternak kenari,maka Anda perlu melaksanakan perjuangan peningkatan birahi kenari biar lebih cepat melaksanakan proses perkawinan. Beberapa cara meningkatkan birahi, dalam beternak kenari kenari yaitu sebagai berikut :



  • Perbanyak konsumsi pakan yang bergizi untuk meningkatkan birahi menyerupai telor puyuh,multivitamin, dan beberapa sumber kuliner peningkat birahi lainnya.

  • Menjemur burung kenari setiap hari biar burung tidak stress yang sanggup menurunkan birahi burung tersebut.

  • Pada ketika menjemur, tempatkan kedua indukan secara berdekatan, sekali-kali tambahkan satu sangkar berisi indukan jantan lainnya biar induk betina semakin terangsang dengan adanya 2 pejantan yang seakan bersaing untuk memikat si betina.



  1. Menentukan waktu kenari siap kawin


Berikut yaitu beberapa ciri-ciri induk kenari yang siap kawin :



  • Saat kedua sangkar didekatkan,kenari jantan terlihat mengejar bahkan menabrak sangkar menuju arah sangkar betina dengan bunyi yang keras.

  • Sementara itu sang betina terlihat menggelepar-geleparkan sayapnya.

  • Pada waktu menjelang tidur (petang/malam),kedua kenari terlihat saling mendekat.

  • Sekali-kali terlihat kedua kenari tersebut saling melolohkan makanan

  • Jika sudah menyerupai ini,maka kedua indukan kenari tersebut merasa cocok dan boleh disatukan di dalam satu sangkar untuk melaksanakan proses kawin.


gambar kenari pejantan siap ternak image Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari
gambar ternak kenari

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda ketahui didalam perjuangan ternak kenari terutama bila Anda yaitu peternak pemula. Sering-seringlah mencari gosip dan berguru kepada breeder berpengalaman biar perjuangan ternak kenari Anda berhasil. Karena setiap breeder mempunyai cara dan trik tersendiri yang sanggup menciptakan ternak kenari menuai keberhasilan. Tetap semangat dan jangan pernah berhenti berguru untuk berternak kenari yaaa…




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel