iklan

Kesalahan Konsep Perkalian Itu, Berakhir Pada Kematian

etika membaca surat seorang abang kepada guru matematika adiknya Kesalahan Konsep Perkalian itu, Berakhir Pada KematianKetika membaca surat seorang abang kepada guru matematika adiknya, saya jadi terharu sebagai seorang guru matematika. Apa yang dilakukan seorang abang terhadap Pekerjaan Rumah [PR] adiknya atau apa yang dilakukan orang renta terhadap PR anaknya ialah membantu semampu mungkin. Jika perjuangan membantu itu sudah dilakukan maka itulah yang dikatakan sebuah keluarga, dimana abang membantu adik dalam hal berguru atau sebaliknya boleh juga, ayah/ibu membantu atau menemani belum dewasa belajar.

Guru memperlihatkan PR kepada belum dewasa tidak semata-mata hanya untuk mengetahui pengetahuan anak, tetapi bisa juga untuk melihat bagaimana si anak berkomunikasi di keluarganya, bagaimana si anak mencari penyelesaian dalam mengahadapi hambatan yang dihadapi, bagaimana si anak di rumah apakah orang renta nya memperhatikan perkembangan berguru anaknya di sekolah dan banyak lagi.

Masalah konsep perkalian yang sedang ramai di sosial media tidak perlu kita cari siapa yang salah dan siapa yang benar, alasannya ialah apa yang dilakukan sang kakak, si anak dan guru intinya sudah baik. Untuk kasus perkalian ini saya jadi teringat kasus kemarin wacana "PR Matematika anakku yang duduk di kelas 1 SMP" dimana orang renta berusaha membantu menuntaskan PR anaknya. Tetapi untuk kasus yang kemarin tidak menyalahkan perorangan tetapi lebih menyalahkan sistem sedangkan PR perkalian anak kelas 2 SD ini menyalahkan perorangan sehingga sangat cepat di respon oleh masyarakat.

Pemerhati pendidikan yang coba ikut merespon dan memperlihatkan pendapat wacana PR perkalian anak kelas 2 SD ini yang dikutip dari merdeka.com diantaranya adalah;

Dosen matematika Universitas Pendidikan Indonesia [UPI] Rizky Rosjanuardi menjelaskan rinci soal polemik tersebut. Menurutnya, tidak bisa disalahkan satu pihak dan membenarkan yang lain.

Humas Kemendikbud, Ibnu Hamad, menjelaskan dalam penerapan Kurikulum 2013 ada dua aspek penting yang menjadi evaluasi guru pada murid. Yakni aspek kemampuan dan penalaran.

Guru Besar Matematika Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Darhim ikut berkomentar soal PR matematika anak SD yang bikin heboh media sosial. Menurut Darhim, buku matematika SD yang kini beredar bersifat uji coba, belum selesai direvisi.

Pemerhati ilmu matematika, Adi Rio Arianto menilai insiden Habibi bisa terjadi alasannya ialah guru itu dinilai kurang tanggap dengan perkembangan Matematika siswanya.

Dosen Matematika Institut Teknologi Bandung [ITB] Ahmad Muchlis berkomentar soal polemik tersebut. Kepada mahasiswanya sering menyampaikan bahwa dalam matematika itu bukan benar salahnya yang paling penting, melainkan pertanggungjawaban.

Pakar pendidikan Arief Rachman mengatakan, dalam pembelajaran matematika proses mendapat hasil tanggapan sangat penting. Meski melalui proses yang berbeda dan mendapat hasil sama menurutnya tidak ada yang bisa disalahkan.

Yohannes Surya melalui fan page-nya kembali mengingatkan lewat Matematika GASING-nya: 6 x 4 atau 4 x 6 ?

Berapa jeruk dalam 2 kotak berisi masing-masing 4 jeruk?
Jawabnya ialah 4 jeruk + 4 jeruk

Kalimat “Berapa jeruk dalam 2 kotak berisi masing-masing 4 jeruk ?”
boleh ditulis 2 kotak x 4 jeruk/kotak =
disingkat
2 x 4 jeruk =
Kaprikornus
2 x 4 jeruk = 4 jeruk + 4 jeruk
Selanjutnya kita tulis
2 x 4 = 4 + 4 [kesepakatan]

Dengan komitmen itu kita boleh menulis :
6 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4
4 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6

Kesimpulan:
Ketika menghitung 6 x 4 kita membayangkan menghitung jumlah jeruk dalam 6 kotak berisi masing-masing 4 jeruk. Kaprikornus 6 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4
Ketika menghitung 4 x 6 kita membayangkan menghitung jumlah jeruk dalam 4 kotak berisi masing-masing 6 jeruk. Kaprikornus 4 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6

Dengan logika kotak dan jeruk ini, lebih gampang bagi kita untuk mengerti tidak hanya soal-soal dongeng perkalian tetapi juga banyak sekali operasi matematika menyerupai 28:7 = atau 4a + 4b = 4 [a + b] dsb.

Matematika itu GASING [Gampang AsyIk menyenaNGkan].

Pendapat-pendapat diatas semuanya ialah baik, pada simpulan goresan pena ini saya hanya memberikan pendapat saja bagaimana belum dewasa bahkan para mahasiswa atau orang renta sanggup paham konsep perkalian tidak akan salah lagi atau lupa.

Kita semua niscaya pernah berobat ke dokter dan dikala dokter memperlihatkan obat melalui resepnya, dokter akan menuliskan 3x1 pada resep atau obat.
etika membaca surat seorang abang kepada guru matematika adiknya Kesalahan Konsep Perkalian itu, Berakhir Pada Kematian
Tanpa kita bertanya lebih jauh kepada dokter rata-rata dari kita bisa mengerjakan perintah tersebut yaitu 3x1 = 1+1+1 dan saya yakin Anda tidak akan berani melaksanakan 1x3 meskipun risikonya sama alasannya ialah Anda masih sayang sama nyawa Anda. Kesalahan konsep perkalian itu, berakhir pada kematian.
[www.merdeka.com | https://www.facebook.com/YS.OFFICIAL]

Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;
etika membaca surat seorang abang kepada guru matematika adiknya Kesalahan Konsep Perkalian itu, Berakhir Pada Kematian


Sumber http://www.defantri.com

0 Response to "Kesalahan Konsep Perkalian Itu, Berakhir Pada Kematian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel