iklan

√ 10 Fakta Unik Blackpink, Girl Group Yang Penuh Kejutan

BLACKPINK in your area ! Halo teman-teman BLINK (sebutan untuk fans BLACKPINK). Di hari yang berbahagia ini, author Bacaterus mau membahas sepuluh fakta BLACKPINK.


BLΛƆKPIИK (Hangul: 블랙핑크) adalah girl group yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Senior BLACKPINK di YG Entertainment ialah Big Bang, 2NE1 (sudah bubar), PSY, iKON, Winner, dan masih banyak lagi. BLACKPINK debut pada 8 Agustus 2016 beranggotakan empat orang gadis cantik, yaitu Jennie, Rosé, Jisoo, dan Lisa. Sekarang, mari kita kenali BLACKPINK lebih dekat, yuk.



10 Fakta Unik BLACKPINK


1. Sudah Terkenal Bahkan Sebelum Debut


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Debut BLACKPINK sangat dinanti-nanti para peminat K-Pop khususnya yang suka girl group. Pasalnya, YG Entertainment sudah gembar-gembor mengenai bakal grup ini semenjak tahun 2012. Dulu anggota fix-nya gres Jennie saja.


Sejak tahun 2012, Jennie sudah dikenalkan ke masyarakat sebagai bakal calon girl group YG, tapi belum diberi tahu nama grupnya apa, konsepnya menyerupai apa, dan berisikan berapa anggota.


Jennie juga sudah diberi proyek solo oleh YG. Sayangnya, tahun-tahun berlalu tanpa ada kabar. Padahal kata Yang Hyun-suk (pendiri YG Entertainment), Jennie akan segera debut. Dia hanya sedang menyeleksi gadis-gadis lainnya untuk ditempatkan di grup yang sama dengan Jennie. Akan tetapi, jadinya BLACKPINK debut pada tahun 2016. Lama sekali, ya?


Pada awalnya, BLACKPINK hanya beranggotakan tiga member saja, yaitu Jennie, Jisoo, dan Lisa. Jennie dan Jisoo berasal dari Korea Selatan, sedangkan Lisa ialah orang Thailand. Namun, di detik-detik terakhir pembentukan grup, Rosé bergabung mengakibatkan BLACKPINK sebagai girl group dengan empat anggota. Rosé ialah orang Korea Selatan, tapi selama ini beliau tinggal di Australia.


Saat akan debut, YG Entertainment merilis foto member BLACKPINK satu persatu dan juga merilis concept photo untuk debut. Orang-orang sangat menantikan bagaimana kiranya BLACKPINK ini, alasannya melihat foto-fotonya saja sudah sangat menarik dan unik. Setelah officially debut, lagu BLACKPINK eksklusif digemari dan popularitas mereka pun semakin meningkat.


2. Girl Group Kedua dari YG


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Semua orang niscaya tahu 2NE1, kan? Bahkan orang yang tidak suka K-Pop juga niscaya pernah mendengar perihal 2NE1 atau lagunya 2NE1 menyerupai “I am the Best” dan “Lonely.” Orang-orang berpikir jikalau YG akan mendebutkan girl group “pengganti” 2NE1, melihat dari porsi anggotanya yang sama berisikan empat orang gadis.


Fakta BLACKPINK, mereka adalah girl group ke-2 yang pernah YG debutkan. Pertama, yaitu 2NE1, dan yang kedua ialah mereka. YG memang terkenal lebih sering mendebutkan grup pria daripada perempuan. Bahkan jangka waktu debut antara 2NE1 dan BLACKPINK saja sangat jauh, yaitu sekitar 7 tahun.


3. Makna Nama “BLACKPINK”


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Kebanyakan girl group di Korea Selatan berkonsep unyu dan girlie. Ada juga yang konsepnya seci, tapi tetap saja lebih banyak yang konsepnya imut dan inosen. Nah, BLACKPINK hadir dengan tema yang berbeda dari grup cewek kebanyakan.


Pada mulanya The Black Label (independent sub-label YG yang dikepalai oleh produser Teddy) mengadakan audisi untuk member grup ini pada tahun 2015 – 2016. The Black Label mengambil trainee dari daftar trainee YG. Jadi, sanggup dibilang jikalau konsep BLACKPINK ini merupakan campur tangan dua label, yaitu YG dan The Black Label.


Nama “BLACKPINK” merupakan kesatuan dari dua warna yang sifatnya bertolak belakang. Pink identik dengan sesuatu yang kecewek-cewekan banget, manis, imut, inosen, dan lain-lain. Sedangkan Black identik dengan sesuatu yang misterius, seci, kuat, penuh emosi, dan sebagainya. Nah, BLACKPINK bermakna bahwa keempat cewek ini sanggup jadi imut namun sanggup jadi misterius juga.


4. Memenangkan Banyak Penghargaan


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan

* sumber: twitter.com


Fakta BLACKPINK yang selanjutnya ialah memenangkan banyak penghargaan dalam banyak sekali program music award. Single debut mereka, Square One, yang berjudul “Whistle” dan “Boombayah” memuncaki tangga lagu digital di Gaon Chart, QQ Music, dan Billboard World Digital Songs.


Penampilan BLACKPINK yang perdana di televisi, yaitu di SBS Inkigayo menghasilkan juara pertama. Pada ketika itu BLACKPINK memecahkan rekor yang dulu dipegang oleh Miss-A sebagai kemenangan girl group tercepat sesudah debut (14 hari).


Begitu pula dengan single kedua BLACKPINK, yaitu Square Two, yang bertajuk “Playing with Fire” dan “Stay” mencuri perhatian banyak orang dan memenangkan posisi tertinggi di Mnet M!Countdown. Single selanjutnya (masih dalam album single Square Two), yaitu “Playing with Fire” juga memenangkan peringkat pertama di Billboards World Digital Songs Charts.


Hingga kini, BLACKPINK merupakan satu-satunya girl grup asal Korea Selatan yang lagunya diputar lebih dari 20 juta kali di Spotify. Keren banget, ya, kan?


5. Empat Anggota dengan Empat Pesona Berbeda


Seperti yang sudah Bacaterus katakan di awal, BLACKPINK terdiri dari empat anggota. Berikut ialah fakta singkat mengenai member-membernya:




  • Jisoo




 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Kim Jisoo (Hangul: 김지수) lahir 3 Januari 1995. Jisoo ialah member paling bau tanah di BLACKPINK. Jisoo bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2011 ketika beliau berusia 16 tahun.


Sebelum debut dengan BLACKPINK, Jisoo sudah eksis di banyak sekali iklan televisi dan sebagai bintang video klip lagu seniornya di YG. Ciri khas Jisoo ialah bibirnya yang bergelombang dan kelakuannya yang menyerupai cowok.


Makanya kadang beliau dipanggil oleh fans sebagai Jisoo oppa/hyungpanggilan untuk cowok, di mana seharusnya Jisoo eonni/noona—panggilan untuk cewek. Posisi Jisoo di BLACKPINK ialah vokalis.




  • Jennie





Kim Jennie (Hangul: 김제니) merupakan member BLACKPINK yang sanggup dibilang paling terkenal. Pasalnya Jennie memang sudah dikenalkan ke publik semenjak tahun 2012 oleh YG. Jennie berusia satu tahun lebih muda dari Jisoo, tanggal lahirnya ialah 16 Januari 1996 di Seoul.


Namun, selama kecil, Jennie tinggal di Auckland, Selandia Baru. Pada usia dewasa (14 tahun), Jennie di-casting YG dan jadinya pindah kembali ke Korea Selatan.


Sama menyerupai Jisoo, Jennie sering muncul sebagai bintang video klip sunbae-nya di YG menyerupai di lagu “That XX” milik G-Dragon Big Bang. Tidak hanya jadi figuran, Jennie juga sering berkolaborasi dengan artis YG lainnya (dia melaksanakan rap) di lagu “Special” milik Lee Hi, “Black” milik G-Dragon, dan “GG Be” milik Seungri. Jennie sendiri sesungguhnya multi-talenta alasannya beliau sanggup nyanyi, rap, dan dance sekaligus.




  • Rosé





Member BLACKPINK selanjutnya adalah Rosé. Nama aslinya adalah Park Chaeyoung (Hangul: 박채영) atau Roseanne Park. Rosé termasuk maknae di BLACKPINK alasannya ia lahir pada 11 Februari 1997 di Selandia Baru. Namun selama ini Rosé tinggal di Melbourne, Australia.


Awal Rosé masuk YG ialah pada tahun 2012, beliau mengikuti YG Public Audition di Australia. Pada waktu itu Rosé memenangkan juara pertama. Rosé menandatangani kontrak dengan YG semenjak beliau berusia 15 tahun.


Sama menyerupai member lainnya, sebelum debut di BLACKPINK, Rosé terlibat dalam salah satu lagu sunbae-nya yaitu G-Dragon yang berjudul “Without You.” Posisi Rosé di BLACKPINK ialah vokalis.




  • Lisa





Member BLACKPINK yang terakhir ialah Lisa. Nama lengkapnya adalah Pranpriya Manoban atau Lalisa Manoban (Thailand: ปราณปริยา มโนบาล). Lisa merupakan bungsu di BLACKPINK. Tanggal lahirnya ialah 27 Maret 1997 di Bangkok, Thailand.


Pada tahun 2010, Lisa menjuarai YG Audition in Thailand. Lisa bergabung di YG Entertainment semenjak usianya 14 tahun. Spesialisasi Lisa adalah dance, tapi beliau juga menempati posisi rapper di BLACKPINK. Sebelum didebutkan, Lisa sering jadi model fashion line YG, yaitu NONA9ON.


6. Tidak Punya Leader


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Hampir semua grup, baik cewek maupun cowok, terdiri dari posisi tertentu. Yang paling penting ialah posisi leader alias pemimpin. Tugas leader ialah memimpin grupnya ketika mempromosikan lagu mereka. Leader juga bertugas sebagai “penengah” antara administrasi dan grup.


Akan tetapi, BLACKPINK tidak ada posisi menyerupai itu. Ya, fakta BLACKPINK yang selanjutnya ialah mereka tidak memiliki leader. Alasan BLACKPINK tidak mempunyai status menyerupai itu alasannya mereka semua sudah bersama semenjak usang (me-refer pada saat training), sehingga mereka sudah merasa sangat dekat. Untuk itu, mereka tetapkan untuk tidak punya leader.


7. Belum Punya Album Full Version


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Ini, nih, fakta BLACKPINK yang sangat disayangkan oleh para BLINK. Hingga tahun ke-2 mereka debut, BLACKPINK belum punya album sama sekali! Selama ini album BLACKPINK hanya berupa single album yang tidak berwujud fisik (semuanya digital). Deretan albumnya ialah sebagai berikut:



  • Square One dengan lagu “Boombayah dan “Whistle” (휘파람)

  • Square Two dengan lagu “Playing With Fire” (불장난), “Stay”, dan “As if It’s Your Last”


Padahal para BLINK ingin banget, tuh, koleksi album fisik BLACKPINK. Karena biasanya album K-Pop itu sangat tebal alasannya berisi foto-foto artisnya. Jadi, selama ini BLINK hanya sanggup berpuas diri dengan wujud album digital, itu pun bukan full album, tapi hanya single album.


8. MV dengan Like Terbanyak di YouTube



BLACKPINK menarik perhatian orang-orang tidak hanya dari negaranya sendiri tapi juga dari luar negeri. Dengan kepopulerannya inilah BLACKPINK memecahkan rekor sebagai music video grup cewek Korea Selatan yang paling banyak di-like di YouTube.


Sejauh ini MV BLACKPINK yang paling banyak di-like ialah “Boombayah” dan “As If It’s Your Last” yaitu sebanyak 2 juta like. BLACKPINK memecahkan rekor yang dulunya dipegang oleh grup asal SM Entertainment, yaitu Girl’s Generation (SNSD).


9. Membernya Jago Bahasa Asing


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Karena tiga member BLACKPINK tinggal di luar negeri pada masa kecilnya, BLACKPINK dikenal sebagai grup bilingual. Semua membernya berakal berbicara dalam bahasa ajaib menyerupai Bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Thailand. Sehingga sanggup memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan BLINK dari negara manapun.


10. Grup yang Paling Dinanti Comeback-nya


 yang berada di bawah naungan YG Entertainment √ 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan


Fakta BLACKPINK yang terakhir adalah, grup ini sangat ditunggu-tunggu comeback-nya. Lagu terakhir BLACKPINK yang berjudul “As If It’s Your Last (마지막처럼)” diliris pada 22 Juni 2017. Berarti sudah hampir satu tahun BLACKPINK tidak kembali dengan lagu baru.


Banyak BLINK yang mengungkapkan kekecewaannya pada Yang Hyun-suk (pemilik YG Entertainment) yang dinilai pilih kasih dan tidak menunjukkan jadwal comeback yang adil untuk artis-artisnya. Kabar baiknya, ada yang bilang jikalau BLACKPINK bakal segera comeback di tahun 2018 ini. Kita tunggu saja agar BLACKPINK kembali dengan membawa lagu atau bahkan album baru, ya!


Itu beliau sepuluh fakta BLACKPINK versi Bacaterus. Girl group satu-satunya di YG Entertainment ini mempunyai fandom yang besar, padahal jam terbang mereka di dunia musik sanggup dihitung jari alasannya mereka jarang comeback. Semoga YG kedepannya sanggup menunjukkan banyak waktu untuk BLACKPINK bermusik daripada melaksanakan photoshoot dan shooting reality show, ya.


Apakah kau tahu fun fact lainnya dari BLACKPINK? Terus, member favorit kau di BLACKPINK siapa dan kenapa? Kasih tahu author di kolom komentar, dong!



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Fakta Unik Blackpink, Girl Group Yang Penuh Kejutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel