iklan

Apache Webserver Di Freebsd – Instalasi

FreeBSD merupakan salah satu OS yang sanggup dipersenjatai sebagai webserver. Jika di lingkungan Microsoft, webserver yang lazim digunakan yakni IIS (Internet Information Service), maka di FreeBSD dan lingkungan OS berbasis *NIX lainnya, Apache lebih sering digunakan dan masih mendominasi dunia webserver di dunia.


Dalam artikel kali ini, saya hanya membahas bagaimana menginstall Apache dan konfigurasi dasarnya di lingkungan FreeBSD. Karena struktur direktori FreeBSD dengan OS Linux (Ubuntu misalnya) yang sedikit berbeda, maka kita akan menemui sedikit perbedaan dalam hal lokasi penempatan file konfigurasi dari apache yaitu httpd.conf.


Mengenai cara instalasi, saya lebih menyukai memakai tools cvsup (menggunakan ports) dibandingkan compile source alasannya yakni lebih mudah. Oleh alasannya yakni itu jikalau ingin menginstalasi dengan cara lain, harap membaca dulu artikel mengenai menginstall aplikasi di lingkungan FreeBSD disini.


lokasi apache webserver di ports yakni /usr/ports/www/apache22


cd /usr/ports/www/apache22


make install




FreeBSD merupakan salah satu OS yang sanggup dipersenjatai sebagai webserver Apache Webserver di FreeBSD – Instalasi

cd /usr/ports/www/apache22


Setelah itu tunggu sampai proses instalasi selesai. Untuk FreeBSD yang gres diinstall, biasanya proses instalasi memakan waktu agak usang (tergantung koneksi internet) alasannya yakni memerlukan beberapa package lain.


Setelah instalasi selesai, mari kita intip sejenak isi dari file konfigurasi apache httpd.conf yang terletak di direktori /usr/local/etc/apache22


ee /usr/local/etc/apache22/httpd.conf


hal pertama yang kita temui yakni “Listen 80” yang berarti apache memakai port 80 untuk “lalu-lalangnya” data. Kita biarkan saja sesuai default. Kita perlu mengganti ServerAdmin dengan email kita (disana tertera “you@example.com”). Lalu ubah ServerName, jikalau kita belum memiliki domain, cukup isi dengan IP address dari mesin saja. Hal yang patut diperhatikan yakni “DirectoryIndex index.html” yang nantinya akan kita tambah konfigurasinya dikala kita akan memasang modul php (artikel menyusul) dan konfigurasi direktori yang sanggup ditambahkan. Directory default dari web kita berada di /usr/local/www/apache22/data, sedangkan file log dari apache berada di direktori /var/log/httpd-error.log.



FreeBSD merupakan salah satu OS yang sanggup dipersenjatai sebagai webserver Apache Webserver di FreeBSD – Instalasi

file httpd.conf


Lalu save file konfigurasi. Untuk cek apakah konfigurasi telah benar, lakukan


apachectl configtest


Setelah itu untuk menjalakan apache


/usr/local/etc/rc.d/apache22 onestart


Sekarang buka browser kesayangan anda, ketik alamat mesin di address bar. Jika instalasi sukses, maka akan ada tampilan “It’s Works!


FreeBSD merupakan salah satu OS yang sanggup dipersenjatai sebagai webserver Apache Webserver di FreeBSD – Instalasi

Test Apache di Browser


Tulisan It’s Works! berasal dari isi file index.html yang berada di direktori /usr/local/www/apache22/data, disanalah yang merupakan setting default root dari web berada.


Dalam Artikel selanjutnya, akan membahas mengenai penambahan modul semoga sanggup memakai bahasa php 😀



Sumber http://jasait.com

0 Response to "Apache Webserver Di Freebsd – Instalasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel