iklan

Apakah Pengertian Pemasaran Online Dan Mengapa Lebih Lebih Baik Dari Pemasaran Offline?

Pengertian Pemasaran Online VS Offline Marketing Apakah Pengertian Pemasaran Online dan Mengapa Lebih Lebih Baik dari Pemasaran Offline?Kalau kita perhatikan, makin hari pemasaran online makin mendominasi. Apakah pemasaran online akan “membunuh” pemasaran offline? Ini merupakan pembahasan yang menarik di dunia marketing. Untuk meramaikan khasanah dunia pemasaran, mari kita kupas tuntas pemasaran online vs pemasaran offline ini.


Bicara soal pengertian pemasaran online tak bisa lepas dari sejarah pemasaran itu sendiri. Pemasaran bergotong-royong bukan barang gres dalam kehidupan dunia bisnis. Bahkan bisa kami katakan pemasarana adalah satu bab dari sejarah manusia. Pemasaran sudah ada semenjak pertama kali acara perdagangan terjadi dalam kehidupan manusia. Pemasaran pada awal masanya yaitu titik pemicu terjadinya perdagangan.


Sejak masa lalu, seseorang sudah melalukan acara pemasaran. Mulai dari memahami kebutuhan dan harapan pasar, menemukan formula produk yang sesuai untuk pasar hingga bagaimana membawa produk untuk dikenal dan menarik minat pasar hingga karenanya perdagangan terjadi. Bukankah hingga kini pemasaran masih dalam esensi yang sama?


Dalam perkembangannya, pemasaran bermetamorfosis demikian kompleks. Ada banyak tujuan dari pemasaran yang melebar dari esensi awal tadi. Demikian pula dengan teknik pemasaran itu sendiri. Dan salah satu bentuk perkembangan yang terjadi di masa serba digital menyerupai kini yaitu berkembangnya model pemasaran online.


Secara umum pengertian pemasaran online yaitu segala acara pemasaran atas produk yang memanfaatkan media online, yakni dengan memakai segala media yang tersedia dalam dunia internet dan digital, termasuk  pula di dalamnya memanfaatkan jaringan telepon selular.


Memahami pengertian pemasaran online tak bisa lepas dari pemahaman mengenai E- marketing, atau pemasaran via elektronik media. Elektronik media secara umum bergotong-royong tak berkutat hanya pada dunia internet. Bahkan televise dan radio juga bab dari elektronik media. Tetapi media internet yaitu salah satu perkembangan terbaik yang bisa melebarkan sayap pemasaran dengan sangat optimal namun dalam biaya yang jauh lebih ringan dan metode lain.


Karena satu kali satu data terupload dalam satu media internet, maka dengan gampang data dan isu ini diakses oleh seluruh dunia. Yang berarti melibatkan lebih dari ratusan juta pengguna internet di seluruh dunia selama 24 jam.


Inilah kenapa kemudian sebagian besar pelaku bisnis tertarik melebarkan sayap pemasaran mereka ke dunia online. Beberapa pendapat bahkan menyampaikan nilai ROI dari sistem pemasaran online bisa berkali lebih baik dari metode pemasaran konvensional apapun.


Pasalnya dengan membuka satu jendela untuk pemasaran online sudah menciptakan bisnis Anda, sekalipun dalam skala kecil, eksklusif sanggup melebarkan sayap bisnis Anda secara mengglobal. Dengan jendela yang sama juga Anda eksklusif sanggup membangun interaksi dua arah dengan konsumen dan pasar potensial bidikan Anda.


Anda bisa memuat isu yang perlu Anda sampaikan pada konsumen, menemukan kebutuhan konsumen, menjalin komunikasi dengan konsumen secara eksklusif bahkan personal, sekaligus mendekatkan pemasaran lebih baik kepada pasar potensial Anda.


Ini jauh lebih efektif dari pemasaran konvensional dengan media TV, radio atau majalah. Karena ketika seseorang menemukan sebuah iklan pada media online, sebut saja ketika mereka sedang browsing ada satu website majalah. Mereka bisa dikala itu juga mengklik iklan tersebut untuk mendapat demam isu wacana produk tanpa harus menunda. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi dalam media konvensional. Inilah yang dimaksud menimbulkan pemasaran menjadi lebih dekat.


Anda bisa melempar pendekatan yang lebih personal dan menariknya meski Anda harus melayani lebih dari ribuan orang, semua tetap tidak tidak mungkin dengan kecanggihan sistem IT dan digital. Sistem pengkodean dan segala pernak-pernik IT lain menciptakan semua itu menjadi mungkin.


Dengan cara ini, Anda bisa membangun layanan customer service yang cepat, cukup denga sebuah page facebook yang memberi ruang kosumen berkeluh kesah dan Anda tanggapi dikala itu juga. Bahkan bisa dengan khusus memasang iklan yang hanya membidik pasar yang sekiraya potensial saja dengan sistem penyaringan pasar.


Ini alasannya dalam membuatkan pemasaran online, terdapat beberapa cara yang bisa Anda kembangkan. Seperti penawaran via portal, iklan online dengan beberapa cara menyerupai pop ads, klik ads dan sebagainya, SEO dan blogging, pemasaran via email, pemasaran via social media, sistem endorsing online, hingga pemasaran konten online dan event promo online.


Pengertian pemasaran online mengambarkan ada perkembangan positif dari dunia pemasaran dengan berkembangnya sistem “digital network”. Memberi Anda sebuah ruang lebih baik dalam melancarkan pemasaran Anda dengan lebih efektif dan tetap sasaran.


Namun demikian kehadiran marketing online tidak serta merta menyingkirkan dan “membunuh” pemasaran offline. Keduanya tetap harus disinergikan. Sehingga pernyataan ini merupakan pernyataan yang salah:


Pemasaran Online VS Pemasaran Offline


Pernyataan yang benar adalah:


Pemasaran Online + Pemasaran Offline = Sukses Berbisnis


sumber gambar: softqubes.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Apakah Pengertian Pemasaran Online Dan Mengapa Lebih Lebih Baik Dari Pemasaran Offline?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel