iklan

Cara Melukis Segienam Beraturan

Segienam atau hexagon merupakan sebuah bangkit datar yang mempunyai enam sisi. Enam sisi tersebut apabila tidak sama panjang maka dinamakan segienam tak beraturan. Jika nanti ke-enam sisi tersebut sama panjang, inilah yang disebut segienam beraturan.

Perbedaan lain segienam beraturan dan segienam tidak beraturan yaitu dikala melukis segienam itu sendiri. Ketika menciptakan sebuah segienam yang beraturan sanggup dibilang hal gampang yang terlihat susah. Sementara untuk segienam tak beraturan itu hal gampang yang terlihat mudah. Pembahasan dikala ini kita akan mencoba menciptakan segi enam beraturan, lantaran hal ini gampang tetapi terlihat susah. Untuk segienam tak beraturan silakan dibentuk sendiri sesuka hati.

Pada segienam beraturan, jikalau dibagi akan didapat 6 bab segitiga sama sisi yang kongruen satu sama lainnya. Semua sisi segitiga tersebut mempunyai panjang yang sama. Oleh alasannya yaitu terdapatnya 6 penggalan garis yang sama panjang dan bertemu di suatu titik maka sanggup dikatakan garis garis tersebut tersebut yaitu jari jari dari sebuah bundar dengan sentra titik pertemuan garis tersebut.

Berdasarkan teori yang susah dipahami dalam sekali baca di atas. Bisa disusun langkah dan cara melukis sebuah segienam beraturan. Sederhana-nya sanggup dilihat pada proses di bawah ini.

Cara Melukis Segienam

Langkah pertama, dengan menciptakan sebuah segitiga sama sisi. Silahkan lihat didaftar isi (site map blog ini) cara menciptakan sebuah segitiga sama sisi. Kemudian dilanjutkan dengan menciptakan sebuah bundar dengan jari jari yang sama dengan sisi segitiga tadi. Pusat bundar ditetapkan pada salah satu titik sudut segitiga yang dibentuk pada langkah pertama.

Terakhir, posisikan jangka di titik sudut yan lain dari segi pertama, sehingga menyinggung bab perimeter bundar dan akan didapat sebuah titik ke dua. Taruh lagi jangka di titik kedua sehingga memotong bundar diperimeter pada bab lain untuk mencari titik ke 3. Lakukan seterusnya hingga pada hasilnya hingga pada titik sudut segitiga yang dibentuk pertama kali tadi. Hal yang harus diperhatikan di sini yaitu jangan hingga lebar jangkauan jangka bergeser.
Sumber http://www.marthamatika.com/

0 Response to "Cara Melukis Segienam Beraturan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel