iklan

Mengenal Persoalan Hardisk Berbunyi Secara Lengkap


Hardisk tidak selamanya awet, terkadang kalau hardisk tersebut sudah bau tanah (sudah usang terpakai) ada bunyi dan bunyi yang tidak wajar.





Biasanya bunyi Hardisk (HDD) baik internal maupun eksternal yang dikenal yaitu tek, tek, tek atau tik, tik, tik atau click, click atau yang paling sering ditemui yaitu krek, krek, krek.





Sebenarnya untuk memperbaiki Hardisk yang berbunyi, sanggup mengikuti: cara memperbaiki hardisk bunyi krek krek.





Namun jangan salah, lantaran hardisk normal pun juga mempunyai bunyi yang hampir mirip. Maka dari itu perlu dikenali bunyi Hardisk apakah normal atau tidak.





Dikutip dari tiyoareez.wordpress.com, ada beberapa bunyi hardisk yang sanggup dikenali apakah hardisk tersebut rusak parah, rusak ringan atau normal, berikut ini beberapa bunyi hardisk yang sanggup dikenali.





Beberapa Bunyi HDD yang sanggup dikenali:





Sebelum mengenal bunyi hardisk, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen Hardisk supaya tahu apa yang dimaksud nanti.





 terkadang kalau hardisk tersebut sudah bau tanah  Mengenal Masalah Hardisk Berbunyi Secara Lengkap




Setelah mengetahui berikuti ini beberapa hardisk yang sanggup diketahui lewat bunyi-nya.





Hardisk sepi (diam dan blank)





Gejala ini biasanya disebabkan oleh sirkuit yang tidak sanggup menyuplai tegangan ke motor drive atau sanggup juga lantaran servonya itu sendiri yang rusak.





Bunyi berdenging terputus-putus dan berulang-ulang





Gejala ini biasanya disebabkan oleh read/write head yang tidak pada tempatnya (tersenggol sedikit) dan menimbulkan gesekan pada piringan (disk platter) di dalam hardisk.





Bunyi berdenging normal namun terkadang ada bunyi lain terputus putus dan berulang





Gejala ini biasanya terjadi lantaran putus ajaran listrik (biasanya lantaran mati lampu) secara tiba-tiba saat hardisk sedang melaksanakan transfer/akses data yang tidak mengecewakan besar.





Hal ini sanggup menimbulkan read/write head menggores permukaan disk platter secara garis lurus yang terkadang sanggup menimbulkan tidak terdeteksi.





Bunyi berdenging normal, namun tidak ada bunyi lain





Jika ibarat ini maka hardisk bekerja dengan baik, namun terkadang kemungkinan head tertahan atau macet dengan platter ataupun oleh actuator yang kemungkinan tidak sanggup bekerja dengan normal, sehingga hardisk tidak muncul acara seterusnya.





Bunyi berdenging normal, tetapi ada bunyi lain yang berisik





Gejala ibarat ini biasanya lantaran Cylinder 0 yang tergores dengan melingkar, lantaran hal tersebut sanggup menimbulkan bunyi berisik. Hal ini yang menimbulkan tidak sanggup booting walaupun sesungguhnya sudah terdeteksi di BIOS.





Itulah beberapa bunyi yang sanggup dikenali saat hardisk berbunyi secara tidak normal maupun normal.





Untuk hardisk mulai rusak ciri-cirinya sanggup dilihat: Ciri-ciri hardisk laptop rusak.





Untuk melaksanakan dan mengetahui lebih lanjut mengenai bunyi hardisk disarankan untuk mengunjungi situs: Hard drive sounds.





Perlu diketahui terlebih dahulu brand serta model hardisk yang dipakai, kemudian silahkan kunjungi situs tersebut. Di sana lebih banyak penjelasannya mengenai bunyi-bunyi Hardisk.



Sumber https://bersamatekno.com

0 Response to "Mengenal Persoalan Hardisk Berbunyi Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel