iklan

Pengertian Ldap Server Linux


Tahap ini kita masuk pada bab wacana LDAP sebelumnya kita anggap sudah final untuk konfigurasi atau membangun DNS Server pada Linux Ubuntu atau Debian silahkan Lihat kembali disini  saya akan bagikan wacana pengetahuan bagaimana tahap dalam menciptakan pada setiap Server sesuai dengan kebutuhan pembaca. eksklusif saja ke pokok bahasan berikut ini.


LDAP pada Operating System di Distro Linux


Tahap ini kita masuk pada bab wacana LDAP sebelumnya kita anggap sudah final untuk  Pengertian LDAP Server LinuxLDAP (Lightweight Directory Access Protocol) ialah protokol yang mengatur bagaimana data direktori bisa diakses melalui jaringan. LDAP bisanya dipakai untuk menyimpan banyak sekali gosip yang terpusat dan sanggup diakses oleh banyak macam mesin atau aplikasi dari jaringan. Menggunakan LDAP di dalam sistem sanggup menciptakan pencarian gosip menjadi teratat dan menjadi gampang sekali. Misalkan, LDAP sangat sering dipakai untuk menampung penyimpanan nama user dan sandi yang ada di

dalam sistem secara terpusat.


Seperti yang kita bahas pada sebelumnya, LDAP ialah protokol yang cuma mengatur bagaimana caranya mengakses gosip yang tersimpan sebagai direktori melalui jaringan. Semua aplikasi server LDAP mempunyai protokol pengaksesan direktori yang sama, walaupun mungkin saja mempunyai sistem penyimpanan direktori yang berbeda. Dalam hal ini mengakibatkan banyak vendor menciptakan produk yang mendukung LDAP, lantaran vendor tersebut cuma perlu menciptakan produk yang sanggup mengerti bagaimana caranya mengakses gosip LDAP. Vendor ini tidak perlu khawatir sistem apa yang dipakai sebagai penyimpan direktori. Oleh alasannya ialah itu, LDAP bisa di nyatakan terbebas dari platform yang digunakan.


LDAP pada pada dasarnya ialah menyimpan gosip , sama menyerupai halnya yang dilakukan oleh aplikasi database relasional contohnya MySQL. LDAP juga memproses request dan perubahan terhadap data atau gosip menyerupai yang dilakukan oleh banyak sekali aplikasi RDBMS dan diartikan LDAP bergotong-royong ialah aplikasi database. Tetapi LDAP bukan merupakan aplikasi database relasional. LDAP tidak di khusukan untuk memproses perubahan data dalam skala besar dan cepat secara nyata. LDAP hanya disediakan untuk mencari gosip sehingfa menjadi cepat.


Kalau aplikasi RDBMS  di ciptakan untuk keakuratan data secara realtime, tidak seprti dengan LDAP. LDAP tidak di peruntukan atau mementingkan keakuratan data. LDAP lebih diperuntukan performa baca yang sangat cepat. Ketidak akuratan data selama beberapa ketika sebagai akhir perubahan informasi, bukan menjadi problem yang sangat riskan bagi LDAP. Oleh alasannya ialah itu LDAP tidak cocok jika dipakai sebagai yang bertanggung jawab penuh dalam penyimpan gosip aplikasi e-commerce yang sangat sibuk, tetapi LDAP akan sangat penting jika untuk dipakai untuk menyimpan gosip yang sangat jarang berubah atau tidak pernah berubah sama sekali.


Sebenarnya server LDAP bisa melaksanakan replikasi informasi ke beberapa server LDAP lain dengan

cara menarik (pull) gosip dari server utama ataupun kebalikannya. Server utama yang mendorong (push) gosip ke server lainnya balasannya didalam satu sistem mungkin terdapat beberapa server LDAP yang saling terkoneksi.


Selain itu juga, LDAP  bisa mendelegasikan beberapa gosip tertentu kepada sever lain menyerupai yang dilakukan oleh DNS Server. Fungsi-fungsi tersebut ialah keunggulan LDAP dibanding dengan aplikasi RDBMS lantaran semua kemampuan tersebut merupakan protokol LDAP standar.


Pada initnya, jika Anda mencari tools atau applikasi yang bisa dipakai untuk menyimpan gosip yang sangat jarang berubah-ubah, yang bisa diakses oleh banyak aplikasi ataupun dibaca dari manapun, ataupun dari platform lain yang dipakai maka LDAP ialah pilihan yang sangat cocok bagi anda. Di Linux, aplikasi LDAP yang sangat populer ialah openLDAP. Kita akan menggunakan aplikasi ini pada pembahasan yang selanjutnya. mungkin ini perlu sekali dalam mengenal apa itu LDAP sebelum kita masuk pada pembahasan yang lebih kepada hal yang menyangkut konfigurasi dan membangun Server LDAP.


0 Response to "Pengertian Ldap Server Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel