iklan

✔ Pola Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat

Contoh Surat Kuasa – Hallo sobat, tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa?. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menciptakan surat kuasa yang baik dan benar. Langsung saja kita lihat pembahasan di bawah ini :


PENGERTIAN SURAT KUASA


Surat kuasa ialah surat yang berisi perihal santunan wewenang atau kuasa kepada seseorang yang sanggup di percaya supaya orang itu sanggup bertindak mewakili pemberi kuasa. Hal tersebut di karenakan pemberi kuasa tidak sanggup melaksanakan pekerjaannya, atau tidak sanggup hadir.


HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMBUAT SURAT KUASA


Surat ini intinya memang sangat penting. Karena ini mempunyai kuasa yang sanggup dipakai untuk pengambilan atau menciptakan sebuah dokumen yang sangat penting. Anda tidak sanggup mengambil dokumen penting atas nama orang lain kalau tidak menyertakan surat ini. Dan ada beberapa hal yang sangat penting yang harus kau ketahui dalam melaksanakan pembuatan dari surat kuasa ini. Apabila tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan maka tidak sanggup di gunakan. Berikut beberapa hal yang harus kau ketahui ketika ingin menciptakan surat kuasa.




  • Pilih orang yang sudah benar-benar kau kenal




Karena berafiliasi oleh banyak sekali dokumen penting, sebaiknya kau menentukan orang yang betul-betul kau percayai supaya pembuatan surat ini sanggup berjalan dengan lancar. Kamu sanggup menyuruh orang terdekat menyerupai keluarga, saudara, dan sobat dekat. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal jelek yang tidak di inginkan yang sanggup saja terjadi pada dikala menciptakan surat ini.




  • Pastikan tidak hanya mengandalkan surat kuasa




Apabila kau menjadi pihak yang di berikan kuasa, maka sebaiknya kau tidak hanya mengandalkan surat kuasa tersebut untuk mengurus beberapa sebuah permasalahan. Kamu juga harus membawa sebuah dokumen pendukung surat kuasa tersebut. Misalnya kau sanggup membawa surat keterangan mengetahui dari ketua RT atau RW setempat terkait menyerahkan surat kuasa tersebut. Jangan lupa kau juga harus membawa kartu identitas KTP, sehingga kau tidak kerepotan apabila pihak terkait meminta identitas anda untuk di samakan dengan surat kuasa.




  • Beri materai




Hal penting yang biasanya sering di lupakan dalam menciptakan surat ini ialah santunan materai. Pada surat kuasa kau harus menyertakkan materai sebagai bukti bahwa surat itu sah secara hukum.


FUNGSI SURAT KUASA


fungsi utama dari surat kuasa ialah sebagai bukti tertulis bahwa si akseptor surat mempunyai kewajiban untuk bertindak sesuai isi surat yang di inginkan.


JENIS SURAT KUASA


Pada umumnya jenis surat kuasa di bagi menjadi tiga cuilan :


1. Surat Kuasa Kedinasan


Surat kuasa kedinasan ialah merupakan surat yang di buat oleh perusahaan yang di buat oleh jabatan maupun pimpinannya kepada bawahannya supaya melaksanakan pekerjaan yang berafiliasi dengan perusahaan itu sendiri. Seperti : Surat kuasa pengambilan naskah ujian, pengawasan proyek dan lain sebagainya. Surat kuasa kedinasan ini sangat di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.


2. Surat Kuasa Perseorangan


Surat kuasa perseorangan ialah surat yang di buat seseorang untuk orang yang dipercaya dalam hal menuntaskan kepentingan pribadi atau urusan pribadi pemberi surat tersebut. Misalnya : surat kuasa pengambilan ijasah, pengambilan uang honor pensiun dan sebagainya.


3. Surat Kuasa spesial / Khusus


Surat kuasa spesial yaitu surat yang di buat oleh perusahaan kepada pihak pengacara yang bertujuan untuk menuntaskan duduk masalah yang berafiliasi eksklusif dengan pihak pengadilan.


CIRI-CIRI SURAT KUASA


Surat ini tentunya sangat berbeda dengan surat biasa,. Surat ini mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu :



  • Mengandung kalimat pelimpahan kuasa tertentu.

  • Terdapat judul “surat kuasa”.

  • Memakai bahasa yang baku dan gampang di pahami.


Baca Juga: Contoh Surat Rekomendasi, Perusahaan, Sekolah, Beasiswa


UNSUR-UNSUR PENYUSUN SURAT KUASA


Bagian-bagian surat kuasa yang di buat seseorang tentunya mempunyai perbedaan dengan surat kuasa yang di buat oleh sebuah perusahaan. Walaupun surat itu sama-sama surat resmi. Kalau ingin tahu perbedaannya nanti kau sanggup lihat pada rujukan surat kuasa. Tetapi secara umum unsur-unsur penyusun surat kuasa ialah sebagai berikut :


1. Nomor surat ( opsional )


2. akseptor Kuasa


3. Judul dan nomor surat


4.Identitas pemberi kuasa


5. Nama / organisasi oembuat surat kuasa


6. Tanggal & waktu pembuatan surat kuasa


7. Hal yang akan di limpahkan / dikuasakan


8. Tanda tangan pemberi dan akseptor kuasa


9. Materai sebagai simbol kekuatan hukum


Di bawah ini yaitu rujukan surat kuasa yang baik dan benar :


1. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB ATAU STNK MOTOR


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Surat kuasa pengambilan BPKB atau STNK motor ini sangat di perlukan untuk mengambil BPKB atau STNK. Tetapi bukan oleh si pemilik langsung, melainkan melewati orang lain.


Kalau ingin mengambil STNK atau BPKB sebaiknya harus menggunakan surat ini kalau mengambilnya ingin di wakilkan. Contoh yang tertera di atas merupakan rujukan surat kuasa yang di berikan kepada Erwin Sutoyo untuk melaksanakan pengambilan BPKB motor miliknya.


2. CONTOH SURAT KUASA KHUSUS PIDANA


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Pada dikala seseorang di hadapkan oleh masalah pidana dan membutuhkan surat kuasa aturan atas dirinya, maka harus di butuhkan surat kuasa khusus pidana. Yang menyatakan bahwa ada pihak kuasa aturan yang mewakili dirinya atas masalah pidana tersebut.


Pemberian surat kuasa khusus pidana di dalam ranah aturan yang sedang berkaitan dengan suatu masalah kebanyakan di berikan kepada lawyer / pengacara atau advokat.


Pada gambar rujukan di atas surat kuasa khusus pidana tersebut di berikan oleh terdakwa Yudi Setiawan kepada empat pengacara yang berasal dari law office “Fidelangwarmasse & partners”. Yang bertujuan untuk mengurus hal terkait dengan masalah dugaan korupsi yang di tujukan kepadanya.


3. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Pengambilan honor ini biasanya di lakukan oleh para pegawai terkait yang sedang memperoleh gaji. Tetapi kalau ada hal yang menjadi penghalang untuk mengambil bonus atau honor secara langsung. Pegawai itu sanggup mengambil honor dengan cara di wakilkan kepada seseorang yang mereka percaya.


Namun biasanya, pihak perusahaan yang terkait meminta surat kuasa pengambilan honor yang menerangkan bahwa pegawai tersebut memberi kuasa penuh kepada perwakilan yang sedang mengambil gajinya. Dan pada dikala itu juga telah di nyatakan bahwa semua resiko di tanggung oleh yang memberi kuasa.


4. CONTOH SURAT KUASA TANAH


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Surat kuasa tanah ialah merupakan sebuah surat yang sedang menyatakan kepentingan sebuah bidang tanah tertentu. Pada surat kuasa tanah ini biasanya di cantumkan identitas akseptor dan pemberi kuasa. Serta di butuhkan saksi-saksi mahir waris yang menyatakan bahwa sang akseptor kuasa berhak melaksanakan kepentingan atas tanah milik pemberi kuasa tersebut. Surat ini sangat di butuhkan oleh akseptor mahir waris.


5. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG DI BANK


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Pada umumnya pengambilan uang di Bank hanya sanggup di lakukan oleh si pemilik rekening itu sendiri. Baik melalui Teller Bank atau melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).


Tetapi kalau di temukan hal yang sifatnya darurat dan menciptakan yang mempunyai rekening surat tersebut tidak sanggup mengambil uang sendiri. Maka cara pengambilan uang itu biasanya boleh di wakilkan dengan cara menggunakan surat kuasa pengambilan uang di Bank yang di maksud.


Adapun hal-hal yang harus di cantumkan pada surat kuasa di Bank diantaranya ialah :

1. Nominal uang yang akan di ambil dari Bank


2. Penerima dan pemberi kuasa


3. Detail rekening bank


4. Tanda tangan kedua belah pihak


6. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Pengambilan ijazah baik ijasah SMP, Kuliah maupun Sekolah Menengan Atas biasanya sanggup di wakilkan kalau ada halangan yang menciptakan si pemilik ijazah tersebut tidak sanggup mengambil ijazahnya sendiri.


Adapun alasan kenapa si pemilik tidak sanggup mengambil ijazahnya. Biasanya sedang sakit ataupun sudah merantau hingga pengambilan ijazahnya tersebut di wakilkan oleh orang lain yang sudah di percaya. Akan tetapi sebuah ijazah merupakan dokumen yang sangat penting dan sangat belakang layar yang dihentikan sembarangan di ambil oleh orang lain selain si pemilik ijazah tersebut.


Kalau pengambilan ijazahnya ingin di wakilkan biasanya membutuhkan beberapa cara khusus yaitu dengan menciptakan surat kuasa pengambilan ijazah. Yang menyatakan bahwa ijazah tersebut akan di ambil oleh orang lain yang sudah di percaya, biasanya di wakilkan oleh keluarga dari pemberi kuasa.


7. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN PASPOR


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Paspor ialah sebuah dokumen yang wajib harus dimiliki oleh warga negara yang mau melaksanakan perjalanan jauh ke luar negeri. Tanpa adanya paspor ini anda tidak sanggup melaksanakan perjalanan ke luar negeri. Paspor yaitu syarat utama seseorang yang ingin pergi ke luar negeri.


Dalam pembuatan sebuah paspor biasanya memakan waktu yang agak usang yaitu selama 4 hari semenjak proses pembuatannya hingga hingga sanggup di ambil. Walaupun paspor ini yaitu dokumen yang sangat penting namun paspor ini pengambilannya sanggup di wakilkan yaitu dengan cara menggunakan surat kuasa.


Surat kuasa pengambilan paspor ini berisi perihal identitas akseptor dan pemberi kuasa, yang menyatakan bahwa akseptor kuasa berhak mengambil paspor dan tanda tangan kedua belah pihak yang bersangkutan untuk kesahan surat kuasa itu sendiri.


8. CONTOH SURAT KUASA AHLI WARIS


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Surat kuasa mahir waris ialah surat yang isinya perihal pernyataan santunan kuasa dari sang mahir waris untuk tujuan melaksanakan pembagian sebuah harta, penagihan hutang pewaris, penjualan harta warisan, dan pelunasan hutang pewaris. Surat ini sangat penting sehinga harus di tandatangani kedua belah pihak untuk menyatakan keabsahannya.


Seperti rujukan di atas, harta warisan yang atas nama werkudara yang sudah meninggal yang di berikan untuk hak kuasa akseptor melaksanakan tindakan yang lain yang mana masih berafiliasi dengan pembagian harta warisan.


9. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN DOKUMEN


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Isi dari surat kuasa pengambilan dokumen ini bahu-membahu hampir sama dengan surat kuasa pengambilan ijazah, paspor maupun dokumen penting lainnya. Yang membedakannya yaitu sifatnya lebih umum dengan jenis dokumen tertentu yang dinyatakan dengan sangat detail pada surat kuasa yang bersangkutan.


10. CONTOH SURAT KUASA PERDATA


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Kalau surat kuasa khusus pidana di berikan oleh tergugat kepada pengacaranya, sedangkan surat perdata di gunakan oleh penggugat untuk menentukan pengacara terpilih dari tubuh aturan dalam proses penggugatan suatu insiden perkara. Di dalam surat kuasa itu, telah di nyatakan bahwa pemberi kuasa sudah memilih  seorang pengacara untuk mengguggat seseorang yang di tunjuk terkait masalah hukum.


Dengan surat ini, pengacara berhak untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang sanggup di butuhkan mengenai somasi dari pemberi kuasa contohnya newakili menghadap polisi, menghadap pejabat, dan instansi pengadilan keterangan yang dipakai sanggup secara verbal maupun tertulis, permohonan, pengaduan atau gugatan, serta tindakan-tindakan yang lainnya yang diharapkan dalam somasi pemberi kuasa.


11. CONTOH SURAT KUASA UMUM


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Surat kuasa umum sama menyerupai namanya, surat ini bersifat umum atau bukan surat kuasa yang rahasia. Seperti yang ada pada rujukan di atas, surat kuasa itu di tujukan untuk memperlihatkan kuasa atau wewenang buku sumbangan, pengumpulan buku kiprah akhir, pengambilan toga, dan pengambilan seruan wisuda.


Surat kuasa umum itu di buat lantaran adanya halangan pemberi kuasa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut secara langsung. Untuk menyatakan keabsahannya, surat kuasa tersebut di tandatangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan. Walaupun di sebut surat kuasa umum tetapi surat ini di anggap bukan surat sembarangan lantaran tanpa adanya surat kuasa umum ini seseorang yang berkepentingan mendadak tidak sanggup melaksanakan perizinan tanpa adanya surat kuasa umum ini.


12. CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN BARANG


 tentunya kalian semua sudah mendengar mengenai apa itu surat kuasa ✔ Contoh Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat


Surat kuasa pengambilan barang ini dibentuk untuk proses pengambilan barang dengan cara di wakilkan. Surat kuasa pengambilan barang ini di butuhkan untuk mengambil barang yang di ambil oleh orang yang sedang bersangkutan. Surat kiuasa ini biasanya di gunakan untuk mengambil sebuah barang.


Tetapi bila ada halangan dari orang yang seharusnya mengambil barang, maka orang itu sanggup memperlihatkan surat kuasa kepada orang lain untuk mengambil barang yang di maksud.


Lebih jelasnya sudah tertera pada rujukan di atas, si pemberi kuasa memperlihatkan kuasa untuk mengambil hadiah dan hadiah itu berupa Televisi 60 inch disebabkan pemberi kuasa tersebut lantaran sedang ada kiprah kantor ke luar kota. Kalau di perlukan surat kuasa ini dibubuhkan materai 6000. Akan tetapi juga sanggup cukup di tanda tangani oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.


Setelah kita membahas bersama-sama mengenai  klarifikasi dari surat kuasa tentunya kita akan lebih tahu lagi. Setelah membaca artikel ini surat kuasa apa yang akan kau bikin, tentunya sudah sanggup dan paham bukan??


Demikian sedikit iformasi yang sanggup kami sampaikan mengenai surat kuasa, mulai contoh, pengertian, cara membuat, fungsi, ciri-ciri, dan lainnya. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah wawasan bagi anda. Terima Kasih.


Kunjungi juga cara menciptakan surat lamaran kerja di sini



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Pola Surat Kuasa Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Cara Membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel