iklan

✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-Dasar, Ukuran Lapangan

Sepak Bola – Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan paling banyak di gandrungi oleh para khalayak umum di seluruh dunia.


Sepak bola ialah cabang olahraga yang memakai bola yang biasanya bahannya terbuat dari kulit. Dan permainan ini dimainkan oleh dua regu atau dua tim. Yang setiap regu beranggotakan 11 orang atau pemain inti dan beberapa pemain cadangan.


Sepak Bola berasal dari dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak artinya menendang bola memakai kaki. Dan bola artinya alat permainan yang berbentuk bundar dan terbuat dari materi kulit maupun karet.Abad 21. Olahraga ini dimainkan lebih dari 250 orang dari 200 negara. Maka dari itu tak heran kalau olahraga ini menjadi olahraga terkenal nomor 1 di seluruh belahan dunia.


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan


Sejarah asal undangan sepak bola


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan


   Sejarah permainan sepak bola  ini dimulai semenjak periode ke 2 dan periode ke 3 sebelum masehi. Pertama kali diciptakan oleh orang tiongkok, awalnya hanya permainan di daerah sendiri. Pada masa dinasti han. Permainan serupa juga dimainkan oleh orang jepang, di jepang permainan ini biasa di sebut kemari.


 Di Italia, permainan ini mulai di gemari semenjak periode ke 16. Sepak bola mulai berkembang di negara inggris, dengan peraturan peraturan dasar. Namun ketika itu banyak terjadi kekerasan sehingga permainan ini dihentikan oleh raja edward pada tahun 1365. Dan keputusannya pun di dukung oleh raja james I dari skotlandia, namun seiring dengan perkembangan zaman. Permainan ini pun jadi terkenal dan banyak di gemari dari seluruh orang di dunia ini. Di lingkungan sekolah dan universitas.  Permainan ini berkembang pesat hingga sekarang. Bahkan kini sudah di adakan kompetisi di tingkat sekolah, umum, nasional, maupun internasional. Sepak bola modern terjadi di freemasons tavern, pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merundingkan aturan-aturan yang baku dalam olahraga tersebut. Supaya terjadi keamanan yang relevan.


Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan antara permainan rugby dengan sepak bola. Pada tahun 1869, bermain bola memakai tangan dihentikan dalam olahraga ini. Selama tahun 1800an, olahraga ini dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara inggris ke aneka macam belahan dunia. Pada tahun 1904 asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) di bentuk pada awal tahun 1900 an. Berbagai kompetisipun di mainkan di aneka macam negara. Olahraga ini pun juga digemari terutama pada periode ke 16. Adapun peraturan dan tata cara dalam permainan sepak bola sebagai berikut.


Dasar dasar permainan sepak bola


Sebenarnya dasarnya cukup gampang untuk di mengerti oleh para pemain maupun penggemar, dasarnya sebagai berikut:



  • Mencetak gol di gawang lawan

  • Menggunakan konsep kekompakan

  • Bermain dalam durasi yang di tentukan

  • Jaga sportifitas

  • Menaati peraturan yang berlaku


Teknik dasar permainan sepak bola


Teknik menendang bola yaitu teknik menyentuh maupun menendang bola memakai kaki. Dengan tujuan mengoper bola maupun menendang bola ke arah gawang atau mencetak gol. Adapun beberapa teknik menendang bola di antaranya;


Teknik menendang bola memakai kaki pecahan dalam


Langkah yang di gunakan untuk menendang bola yaitu mengarahkan kaki pecahan dalam ke arah bola dengan timming yang tepat. Caranya berdiri  dengan perilaku melangkah, satu kaki berada di depan dan yang satu di belakang. Kaki yang berada di depan sebagai acuan dan kaki belakang sebagai penendang atau power. Badan bangun agak tegak angkat kaki belakang yang dipakai untuk menendang bola dengan posisi pergelangan di putar ke arah luar.


Teknik menendang bola memakai kaki pecahan luar


Langkah untuk menendang bola memakai kaki pecahan luar. Yaitu bangun dengan perilaku melangkah satu kaki di depan dan yang satu di belakang. Kaki depan akrab dengan bola sekaligus jadi tumpuan. Badan bangun agak tegak angkat kaki belakang sebagai kaki yang di gunakan untuk menendang bola. Dengan posisi pergelangan kaki di putar ke arah dalam , Kemudian tendang bola dengan sentuhan kaki pecahan luar.


Teknik menendang bola memakai kaki pecahan punggung


Langkah untuk menendang dengan memakai kaki pecahan punggung ini ialah , perilaku tubuh di belakang bola dan agak condong ke depan , salah satu kaki berada di depan dan sekaligus menjadi acuan dan menghadap ke target dengan lutut agak sedikit di tekuk.  Kaki yang untuk menendang berada di pecahan belakang bola dan punggung kaki menghadap bola, kemudian ayunkan ke depan sehingga mengenai bola sempurna pada punggung kaki, dan posisi bola ketika di kaki berada pada pecahan tengah atu punggung kaki.


Teknik menghentikan bola


Teknik menghentikan bola yaitu gerakan yang dilakukan untuk menahan laju bola yang tiba ke arah kita, ada beberapa macam teknik untuk menghentikan bola, di antaranya ;



  • Teknik menghentikan bola memakai kaki pecahan dalam

  • Teknik menghentikan bola memakai kaki pecahan luar

  • Teknik menghentikan bola memakai kaki pecahan punggung

  • Teknik menghentikan bola memakai kaki pecahan telapak atau sol sepatu

  • Teknik menghentikan bola memakai kaki pecahan paha

  • Teknik menghentikan bola memakai perut dan dada


Teknik menggiring bola


Teknik menggiring bola yaitu mendorong bola dan menendang bola kedepan secara pelan , menggiring bola juga sanggup di padukan dengan variasi ke samping, ada juga yang meng otak atik bola ketika berhadapan dengan lawan, teknik ini sanggup dilakukan memakai kaki pecahan dalam, luar, punggung kaki, baik memakai kaki kanan ataupun kiri secara bergantian sama saja.


Teknik menyundul bola


Mungkin teknik ini jarang keluar atau di gunakan dalam pertandingan di banding teknik memakai kaki , akan tetapi teknik ini juga sering kita lihat dalam pertandingan , dan kerap , bukan hanya sekali teknik ini menghasilkan poin atau skor, alasannya untuk pengegolan memakai teknik ini tidak gampang , menimbulkan teknik ini teknik berkelas , dan mempunyai variasi yang cukup anggun dan terlihat tampak unggul.


Passing


Passing ialah seni mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya, di dalam sepakbola passing lebih maksimal memakai kaki, meskipun sanggup memakai anggota tubuh yang lain , namun memakai kaki lebih gampang , dan alhasil pun lebih maksimal. Mengapa passing di sebut seni karena di dalam sepak bola bukan hanya mencetak gol , namun juga keindahan dalam bermainnya pun menjadi ciri khas dari pemain pemain sepak bola. Menggunakan pasing sanggup mempermudah dalam mencari ruang kosong untuk menjebol pertahanan lawan. Passing memakai kaki pecahan dalam biasanya untuk mengoper bola yang datar , dan passing dengan punggung kaki biasanya untuk mengoper bola secara melambung atau oper tinggi.


Peraturan dalam sepak bola


Dalam permainan sepak bola, harus dimainkan oleh dua regu yang masing masing regu berjumlah 11 pemain, dan beberapa pemain cadangan. Adapun peraturan yang harus di patuhi para pemain sepak bola yaitu:



  • Dilarang memegang bola kecuali kiper

  • Dilarang bertindak bernafsu kepada lawan

  • Pemain harus mematuhi peraturan


Lapangan


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan


Untuk ukuran lapangan sendiri mempunyai aturan, untuk olah raga nasional maupun internasional, yaitu berukuran ;



  • Panjang 100-120 meter

  • Lebar 65-75 meter


Di tengah lapangan pecahan ujung terdapat dua gawang berbentuk persegi dengan ukuran:



  • Lebar 7.32 meter

  • Tinggi 2.44 meter


Waktu (timer)


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan


Untuk waktu dalam pertandingan inipun di tentukan oleh hukum pertandingan yaitu 2 X 45 menit. setelah pertandingan berlangsung selama 45 menit di berikan waktu 15 menit bagi para pemain untuk istirahat, dan diujung waktu ketika nilai seimbang , maka akan diadakan waktu pemanis beberapa menit hingga salah satu regu unggul skor nya, namun kalau masih imbang, maka akan diadakan sabung penalti , namun sabung penalti tidak merubah nilai skor akhir, melainkan sebagai penentu pemenang dalam suatu pertandingan.


Read: Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan


 Posisi pemain


Pada umumnya , posisi pemain dari tiap regu ialah 1 orang sebagai penjaga gawang(kiper), 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 pemain tengah dan 1-3 pemain penyerangPenjaga gawang ialah satu satunya pemain yang boleh memakai tangan untuk mencegah bola masuk ke gawang sendiri, biasanya sang kiper memakai kaos yang berbeda dari pemain lainnya. Pemain bertahan (back) tugasnya menghadang lawan dan menghalangi pihak lawan jangan hingga membobol benteng pertahanan.


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran LapanganPemain tengahatau biasa di sebut gelandang atau playmaker ini tugasnya menyokong dan mengatur tempo permainan. Adapun pemain sayap yang tugasnya hampir sama dengan pemain tengah namun posisinya berada di sisi kanan atau kiri. Striker atau pemain penyerang yang menjadi pola utama dalam sebuah tim, biasanya setriker ini ialah salah satu pemain yang unggul dan di letakkan di garis depan , dan tugasnya mencetak gol.


Dan juga sang kapten yang biasanyamengatur timnya semoga bermain dengan sempurna dan secara kompak, biasanya sang kapten sanggup dikenali dengan adanya tanda melingkar di lengan atas pada atribut.Dan posisi pemain atau pola permainan diantaranya  ialah pola 4-4-2 , pola ini sering dipakai para tim tim kebanyakan di dunia , pola 3-4-2-1 pada pola ini kekuatan paling utama berada di pecahan tengah lapangan, serta pola 4-3-3 pola ini ialah gugusan bentuh posisi pemain yang sudah ada semenjak tahun 1970 an yang sering di gunakan oleh pemain Belanda dan Jerman.


Pelanggaran


Di dalam sebuah permainan sepak bola , apabila sang pemain melaksanakan pelanggaran yang cukup keras maka sang wasit akan menunjukkan peringatan berupa kartu kuning , dan kalau pemain melaksanakan pelanggaran terlalu fatal atau tidak terima dengan keputusan wasit maka akan diberikan kartu merah sebagai keputusan yang terakhir dari wasit.Sang wasit akan menunjukan sebuah kartu berwarna kuning atau merah di depan pemain yang melaksanakan sebuah  pelanggaran.


Dan kemudian sang wasit akan menulis nama pemain yang melaksanakan pelanggaran di dalam buku sang wasit. Kartu kuning di berikan atas pelanggaran menyerupai contohnya perilaku pemain yang tidak sportif , atau melaksanakan sleeding atau pun menjagal pihak lawan, misalnya, Kartu merah, kartu ini diberikan apabila pemain sudah mendapat kartu kuning dua kali , maupun ia tidak terima dengan keputusan wasit dan tidak menaati peraturan permainan. pemain yang mendapat kartu merah akan di keluarkan dari lapangan, namun tidak di ganti dengan pemain lain , dan regu akan kehilangan satu jumlah pemain.


Wasit dan petugas


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran Lapangan


Di dalam sebuah pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan , yaitu seorang wasit, 2 hakim garis dan satu orang petugas di pinggir, dalam lapangan. Serta wasit gawang yang berada di pinggir lapangan pecahan daerah gawang. wasit mempunyai peluit yang menunjukan berhenti atau memulai sebuah pertandingan, Wasit juga mempunyai wewenang untuk menunjukkan hukuman atas tindakan pemain, Masing masing penjaga garis bertanggung jawab atas separuh dari lapangan, mereka membawa bendera yang berwarna cerah semoga gampang di lihat ketika ada pelanggaran dikala offside maupun bola keluar, umumnya penjaga garis bertugas di sisi daerah belakang sekitar pemain back.


 Permainan sepak bola ialah suatu permainan atau olahraga nomor satu yang terkenal dan pal ✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-dasar, Ukuran LapanganDan bertugas memilih keseluruhan waktu yang telah berhenti selama pertandingan dan juga menunjukkan info wacana pemanis waktu di final babak. Petugas ini juga bertugas untuk mengusut pergantian pemain , selain itu juga bertugas menjadi penghubung antara manager tim dengan wasit. Dalam sebuah pertandingan , memakai teknologi video atau orang kelima untuk memilih ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Contoh, yang memilih apakah suatu bola telah melalui garis atau seorang pemain berada dalam posisi off side ketika mencetak gol.


Kejuaraan internasional


Kejuaraan sepak bola internasional terbesar yaitu Piala Dunia  yang di selenggarakan oleh  Federation International de football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan di mulai di Uruguay pada tahun 1930. Ide itu di cetus oleh Jules Rimet , seorang pengacara dan pengusaha Perancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris tahun 1924.


Kompetisi internasional tertua ialah Copa America yang mempertandingkan tim tim dalam wilayah Amerika Selatan setiap dua tahun sekali . Copa America  pertama kali diadakan pada tahun 1916 dan diikuti oleh 10 negara yang membentuk The South American football confederation (Conmebot). Pada tahun 1960, kompetisi tingkat regional Eropa di adakan untuk pertama kalinya dengan nama European Nations Cup yang kemudian disebut sebagai UEFA.


European Championship (Piala Eropa) atau biasa di sebut EURO. Di wilayah Oseania , mencakup Selandia Baru dan aneka macam Kepulauan Pasifik. Kompetisi Internasional setiap dua tahun di mulai semenjak tahun 1996 dan di sebut Piala Oseania. Untuk wilayah Afrika, kompetisi Piala Afrika mulai diadakan semenjak tahun 1957 di Khartoum. Di daerah asia pun juga terbentuk adonan menyerupai negara jepang dalam Asian Football Confederation (AFC).


Sepak bola di indonesia


Sejarah sepak bola di indonesia sendiri  berawal dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 di pimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo. Tetapi dikala itu olahraga ini terkait dengan kegiatan politik yang menentang penjajahan oleh belanda. Kelahiran PSSI pun kalau diteliti dan dianalisa pda dikala sebelum maupun sehabis lahirnya.


Ketika setelah 5 tahun pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, terperinci sekali bahwa PSSI lahir alasannya dibidangi politisi bangsa yang baik secara pribadi maupun tidak, menentang penjajahan dengan seni administrasi membuatkan organisasi dan jiwa nasionalisme di dada para cowok Indonesia. Setelah wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim sepak bola Indonesia menurun dan kurang memuaskan alasannya secara pembinaan, tim nasional kurang diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.


Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasari, dan Tan Liong Houw dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.


Selain itu, PSSI juga aktif membuatkan kompetisi sepak bola perempuan dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu, contohnya U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23. Sayangnya sejarah panjang sepak bola Indonesia belum bisa merubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah Internasional. Butuh administrasi bola yang bertekad untuk merubah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.




jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Sepak Bola Beserta Sejarah, Teknik, Dasar-Dasar, Ukuran Lapangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel