iklan

Koordinasi Di Dalam Manajemen

Koordinasi Dalam Manajemen 












Koordinasi Manajemen


Pengertian Koordinasi 


Koordinasi merupakan supaya semua tindakan ditujukan serta memperlihatkan pertolongan nya kepada tujuan umum (laba) perusahaan.


Menurut para andal :


Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

koordinasi yaitu acara mengarahkan, mengintergasikan, dan mengkooridnasikan unsur-unsur administrasi (6M) dan pekerjaan-pekerjaan para bawahan dalam mencapai tujuan organisasi.


E.F.L Brech

Koordinasi yaitu mengimbangi dan menggerakan tim dengan memperlihatkan lokasi kegitan pekerjaan yang cocok kepada masing-masing dan menjaa biar kegiatan  itu dilaksanakan dengan keselarasaan yang semesti nya diantara para anggota itu sendiri.


G.R. Terry 

Koordinasi yaitu suatu perjuangan yang singkrondan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat, dan mengarhkan pelaksanaan untukmenghasilkan sutu tindakan yang seragam dan serasi pada target yang telah ditentukan.


Dr. Awaluddin Djamin 

Koordinasi yaitu suatu perjuangan kolaborasi antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu sedemikian rupa, sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu, dan saling melengkapi.


Tipe-Tipe Koordinasi 



  1. Koordinasi vertikal  merupakan kegiatan-kegiatan penyatuan, pengerahan yang dilakukan oleh atasan terhadap acara unit-unit, kesatuan-kesatuan kerja yang ada dibawah wewenang dan tangung jawab nya.

  2. Koordinasi Horizontal merupakan mengkoordinasikan tindakan-tindakan atau kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan terhadap acara penyatuan, pengarahan yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan dalam tingkat organsisasi (aparat) yang setingkat.


Sifat- Sifat Koordinasi 



  1. koordinasi yaitu dinamis bukan statis 

  2. koordinasi menekankan pandangan menyeluruh oleh seorang koordinator (manjer) dlam rangka mencapai sasaran.

  3. koordinasi hanya meninjau suatu pekerjaan secara keseluruhan. 


 Tujuan Koordinasi 



  1. Untuk mengarahkan dan menyatukan semua tindakan serta aliran ke arah tercapai nya target perusahaan.

  2. Untuk menjuruskan keteramapilan seorang andal kearah target perusahaan.

  3. Untuk menghindari kekosangan dan tumpang tindih pekerjaan.

  4. Untuk menghindari kekacuan dan penyimpangan kiprah dari sasaran.

  5. Untuk mengintergasikan tindakan dan pemanfaatan 6M ke arah target organisasi atau perusahaan.

  6. Untuk menhindari tindakan overlaping dari target perusahaan. 


Fungsi Koordinsi Manajemen


1. Perencanaan 

Perencanaan memfasilitasi koordinasi dengan mengintegrasikan banyak sekali planning melalui diskusi bersama, pertukaran ide. Misalnya – koordinasi antara anggaran keuangan dan anggaran pembelian.


2. Pengorganisasian 

Mooney menganggap koordinasi sebagai esensi pengorganisasian. Bahkan dikala manajer kelompok dan memperlihatkan banyak sekali acara untuk bawahan, dan dikala ia membuat menonjol koordinasi departemen dalam benaknya.


3. Staffing 

Seorang manajer harus ingat bahwa hak no. personil di banyak sekali posisi dengan sempurna jenis pendidikan dan keterampilan yang diambil yang akan menjamin orang yang sempurna pada pekerjaan yang tepat.


4. Mengarahkan

Tujuan memberi perintah, instruksi & bimbingan kepada bawahan dilayani hanya dikala ada keselarasan antara atasan dan bawahan.


5. Mengontrol

Manajer memastikan bahwa harus ada koordinasi antara kinerja kasatmata dan kinerja standar untuk mencapai tujuan organisasi.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Koordinasi Di Dalam Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel