iklan

Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran Ipa Kelas 4 Sd

Pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk sekolah dasar kelas 4 perihal simbiosis mahluk hidup dan kekerabatan antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Pejelasan juga mencakup perihal rantai makanan, piramida makanan, dan jaring-jaring makanan. Ini merupakan kelanjutan dari bahan ipa kelas iv sebelumnya yaitu metamorfosis mahluk hidup dari kumpulan pelajaran ipa sd yang semakin lengkap.

A. Hubungan Khas antara Mahluk Hidup (Simbiosis)
Mahluk hidup satu dengan yang lain saling berhubungan. Hubungan khas mahluk hidup yang satu dengan mahluk hidup yang lain disebut simbiosis.
Hubungan khas mahluk hidup (simbiosis) dibagi menjadi tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

1. Simbiosis mutualisme, yaitu kekerabatan antar mahluk hidup yang saling menguntungkan.
Contoh simbiosis mutualisme :
  • Hubungan antara kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu yang hinggap di bunga menerima laba alasannya sanggup mengambil nektar dari bunga. Bunga juga menerima laba alasannya kupu-kupu sanggup membantu terjadinya penyerbukan.
  • Hubungan antara burung jalak dan kerbau. Burung jalak yang hinggap di punggung kerbau makan kutu, sementara kerbau juga untung alasannya kutunya habis.
Gambar simbiosis mutualisme :
 dan kekerabatan antara mahluk hidup dengan lingkungannya Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran IPA Kelas 4 SD
Gambar simbiosis mutualisme
 

2. Simbiosis parasitisme, yaitu kekerabatan antar mahluk hidup yang satu dengan yang lain dirugikan.
Contoh simbiosis parasistisme :
  • Hubungan antara parasit dan pohon mangga. Benalu yang hidup melekat pada pohon mangga menerima laba dengan menyerap masakan dari pohon mangga. Sementara pohon mangga dirugikan alasannya makanannya "dirampas" oleh benalu.
  • Hubungan antara tali putri dengan tumbuhan pagar. Tanaman pagar akan mati alasannya makanannya dimakan tali putri.
Gambar simbiosis paraistisme :
 dan kekerabatan antara mahluk hidup dengan lingkungannya Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran IPA Kelas 4 SD
Gambar Simbiosis Parasitisme


3. Simbiosis komensalisme, yaitu kekerabatan antar mahluk hidup yang satu untung yang lain tidak menerima laba tetapi juga tidak dirugikan.
Contoh simbiosis komensalisme:
  • Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu. Ikan remora yaitu ikan kecil yang sering menjadi masakan ikan lain. Ikan hiu yaitu ikan yang sangat besar dan ditakuti oleh ikan-ikan lain. Ikan remora sering mengikuti bahkan melekat pada badan ikan hiu. Dengan demikian ikan remora merasa aman, alasannya terlindungi oleh ikan hiu. Sementara itu ikan hiu tidak dirugikan, alasannya keberadaan ikan remora di sekitarnya tidak menjadi beban bagi ikan hiu.
  • Hubungan antara bunga anggrek dengan pohon inang. Bunga anggrek tumbuh melekat pada pohon. Bunga anggrek menerima laba dengan makan sisa-sisa kotoran kayu. Sementara itu pohon inang tidak menerima laba dan tidak dirugikan.
Gambar simbiosis komensalisme :
 dan kekerabatan antara mahluk hidup dengan lingkungannya Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran IPA Kelas 4 SD
Gambar Simbiosis Komensalisme


B. Hubungan antar Mahluk Hidup dan Lingkungan
Mahluk hidup satu membutuhkan mahluk hidup lain. Ada saling ketergantungan antar mahluk hidup. Hewan hidupnya tergantung kepada tumbuhan, alasannya binatang makan tumbuhan.
Contoh : Kuda hidupnya tergantung kepada rumput, alasannya masakan kuda yaitu rumput. Bila semua rumput kering, maka kuda akan menderita alasannya tidak menerima makanan. Kuda akan kelaparan dan kesannya akan mati.

Setiap mahluk hidup membutuhkan masakan untuk melaksanakan acara hidupnya. Mahluk hidup yang sanggup menciptakan masakan sendiri yaitu flora hijau. Karena sanggup menciptakan masakan sendiri, flora hijau disebut produsen.
Manusia dan binatang tidak sanggup menciptakan masakan sendiri. Manusia dan binatang makan flora atau binatang lain. Karena insan dan binatang memperoleh masakan dari mahluk hidup lain, maka insan dan binatang disebut konsumen. Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut :
  1. Konsumen Tingkat I, yaitu binatang atau mahluk hidup yang pribadi akan flora (produsen). Contohnya : Kambing dan kerbau makan rumput, burung gelatik makan biji-bijian, belalang makan rumput.
  2. Konsumen Tingkat II, yaitu hewan-hewan yang makan konsumen tingkat I. Contoh : Burung makan belalang, kucing makan tikus.
  3. Konsumen Tingkat III, yaitu hewan-hewan yang makan konsumen tingkat II. Contoh : Harimau makan kambing, insan makan ayam, burung elang makan ular.
Dalam hal itu terjadi kekerabatan makan dan dimakan antar mahluk hidup. Contoh : Padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan burung elang :
Padi - Tikus - Burung Elang
Hubungan makan dan dimakan antar mahluk hidup semacam itu disebut rantai makanan.

 dan kekerabatan antara mahluk hidup dengan lingkungannya Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran IPA Kelas 4 SD
Gambar Rantai Makanan

Alam akan menjadi seimbang kalau jumlah produsen lebih banyak dari pada konsumen tingkat I. Jumlah konsumen tingkat pertama lebih banyak dari pada konsumen tingkat II. Jumlah konsumen tingkat II lebih banyak dari pada konsumen tingkat III dan seterusnya. Perbandingan antara jumlah produsen dan konsumen akan membentuk sebuah piramida yang disebut piramida makanan.
Tumbuhan dan binatang yang hidup di suatu tempat, contohnya kebun atau sawah sanggup membentuk beberapa rantai makanan.
  • Padi - Tikus - Burung Elang
  • Padi - Belalang - Burung - Ular
  • Padi - Ayam - Ular - Burung Elang
Padi tidak hanya dimakan oleh satu jenis mahluk hidup. Padi sanggup dimakan oleh tikus, belalang, dan ayam. Beberapa rantai masakan menyerupai itu sanggup digabungkan dan dihubung-hubungkan menjadi suatu jaringan. Beberapa rantai masakan yang saling berafiliasi membentuk jaringan yang disebut jaring-jaring makanan

Lanjut ke latihan soal.

Sumber http://smartinyourhand.blogspot.com

0 Response to "Simbiosis Pada Mahluk Hidup | Pelajaran Ipa Kelas 4 Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel