iklan

Kunci Tanggapan Ekonomi Esis Kelas X Pecahan 1

BAB 1
A.
  1. D
  2. C
  3. C
  4. A
  5. D
  6. C
  7. E
  8. C
  9. C
  10. E

B.
1. Penyebab timbulnya duduk kasus ekonomi ialah sebagai berikut.
  1. Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yang ada di alam.
  2. Kerusakan sumber daya alam akhir ulah manusia.
  3. Keterbatasan kemampuan insan untuk mengolah sumber daya alam.
  4. Peningkatan kebutuhan insan yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan.

2. Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang ialah sebagai berikut.
            Biaya sehari-hari ialah pengorbanan yang harus dilakukan untuk melaksanakan suatu aktivitas ekonomi, tanpa memperhitungkan kerugian lantaran dikorbankannya aktivitas lain. Jadi, biaya sehari-hari muncul dari aktivitas apa yang dilakukan. Sedangkan, biaya peluang ialah biaya yang muncul secara implisit lantaran melaksanakan suatu aktivitas dan mengorbankan aktivitas yang lain. Dengan kata lain, biaya peluang muncul dari aktivitas lain yang tidak bisa dilakukan.

3. Kebutuhan berdasarkan sifat ialah sebagai berikut.
1.      Kebutuhan jasmani
2.      Kebutuhan rohani

4. Individu atau organisasi harus mengadakan pilihan dalam memenuhi kebutuhan alasannya ialah jenis dan jumlah benda pemuas kebutuhan yang tersedia terbatas (langka), sementara jumlah dan jenis yang diperlukan tidak terbatas.

5. Saya tidak pernah merasa semua kebutuhan telah terpenuhi. Sebab insan akan selalu menghadapi duduk kasus kelangkaan lantaran sumber daya yang tersedia tidak akan pernah cukup untuk memuaskan semua kebutuhannya. Kebutuhan tersebut begitu banyak, beragam, dan terus berkembang serta akan terus berlanjut hingga insan menghembuskan napas terakhirnya.

6. Hubungan antara kenaikan harga BBM oleh pemerintah dengan kelangkaan ialah sebagai berikut.
            Kelangkaan minyak bumi yang disertai oleh tingginya undangan rumah tangga dan industri terhadap BBM telah mengakibatkan kenaikan harga BBM oleh pemerintah.
7. Tindakan yang seharusnya diambil oleh pemerintah untuk mengatasi kelangkaan pupuk ialah menyebarkan pemanfaatan kotoran binatang dan banyak sekali jenis flora yang sanggup menggantikan tugas pupuk sebagai penyubur tanaman.

8.        
9. 

10. Perbedaan keuntungan ekonomi dengan keuntungan akuntansi ialah sebagai berikut.

            Laba akuntansi diperoleh dari selisih pendapatan atau penerimaan dengan biaya eksplisit (biaya peluang sumber daya perusahaan dalam bentuk pembayaran tunai). Sedangkan, keuntungan ekonomi diperoleh dari selisih pendapatan atau penerimaan dengan biaya eksplisit dan implisit (biaya peluang dari penggunaan sumber daya milik perusahaan). Perusahaan gres dikatakan memperoleh keuntungan ekonomi jikalau keuntungan tersebut lebih besar daripada biaya peluang atau opportunity cost.

Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Kunci Tanggapan Ekonomi Esis Kelas X Pecahan 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel