iklan

Sejarah Singkat Kerajaan Singasari

Sejarah Singkat Kerajaan Singasari

   Kerajaan Singasari intinya merupakan asal muasal berdirinya Kerajaan Majapahit. Sumber sejarah Kerajaan Singasari berasal dari dalam dan luar negeri. Sumber sejarah dari dalam negeri umumnya berupa kitab Paraton, kitab Negarakertagama, patung Jokodolog, candi Kidal, candi Jago, dan candi Singasari.

    Adapun sumber sejarah dari luar negeri berupa catatan dari dinasti Yuan di Cina wacana pengiriman utusan ke Singasari pada tahun 1280, 1281, dan 1289 biar raja Singasari mengakui kekuasaan Kubilah Khan .

                   

Raja Raja Kerajaan Singasari


  1.   Ken Arok (1222-1227) 
  2.  Anusapati (1227-1248)
  3.  Ranggawunu/Wisnuwardhana (1248-1268)
  4.  Kertanegara (1268-1292) 

Aspek Aspek Kehidupan Kerajaan Singasari

Aspek Kehidupan Agama

   Agama Hindu dan Budha sama-sama menerima perhatian dari kerajaan

Aspek Kehidupan Sosial

   Masyarakat ketika itu terbagi atas masyarakat kelas atas (raja dan bangsawan) dan kelas bawah (masyarakat biasa), yang pemerintahanya bersifat feodal, artinya setiap pejabat memiliki kawasan kekuasaan dan berhak menarik upeti dari wilayah tersebut.

Aspek Kehidupan Ekonomi

   Dilihat dari letak geografisnya yang berada di erat sungai Berantas, kemungkinan rakyat Singasari bertumpu padasektor pertanian. Selain itu diduga juga terlibat dalam sektor perdagangan kalau melihat ambisi raja Kertanegara yang berupa untuk menguasai jalur perdagangan di Selat Malaka .

Aspek Kehidupan Budaya

   Banyaknya inovasi candi, seni sastra, seni ukir, dan seni pahat mengatakan ketentraman dan kemakmuran telah mewarnai kehidupan masyarakat Singasari .

Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Kerajaan Singasari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel