iklan

5 Wna Ini Berani Menginisiasi Acara Relawan Di Indonesia, Lho!

Hai, Smart Buddies! Tahukah kau setiap tanggal 19 Agustus diperingati sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia? Bertepatan pada hari ini, masyarakat di seluruh dunia mengenang jasa para penggerak yang kehilangan nyawa ketika sedang menjadi relawan di wilayah bencana. Adanya momen ini, dibutuhkan sanggup meningkatkan motivasi dalam membantu sesama. Nah, bahwasanya pejuang kemanusiaan tidak hanya berasal dari kalangan masyarakat biasa, lho. Banyak juga dari mereka yang merupakan tokoh penting di bidang pemerintahan, pebisnis, sampai pemain film terkenal. Bahkan, ternyata banyak WNA dari negara maju yang turut menginisiasi acara relawan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, ikuti pembahasannya!

1. Zack Petersen
kegiatan relawan - Zack Petersen dalam misi kemanusiaan
Zack Petersen dalam misi kemanusiaan (Sumber: kitabisa.com)

Jiwa petualang yang dimiliki Zack, membuatnya meninggalkan Amerika dan bergabung menjadi relawan dalam agenda Peace Corps di Mauritania, Afrika. Kemudian ia mengunjungi Indonesia, dan tertarik untuk menetap alasannya ingin mencicipi hidup di tengah penduduk secara umum dikuasai muslim. Ia pun berkarier sebagai editor di sebuah media nasional Indonesia, dan mulai mengenal banyak gerakan kemanusiaan. Zack pun tertarik mendalami isu-isu humaniora untuk membantu sesama, dan ia memutuskan berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Alumni Sastra Inggris, University of Northern Iowa ini balasannya memfokuskan diri pada kajian mengenai taktik LSM, pengurangan kelaparan, dan peningkatan kualitas hidup manusia. Sejak 2014, Zack juga terlibat aktif sebagai relawan untuk bawah umur penderita kanker di yang dirawat di Bangsal A, RSCM Jakarta, lho!

2. Andre Graff
kegiatan relawan - Andre Graff/ Andre Sumur Andre Graff/Andre Sumur (Sumber: kompasiana.com)

Siapa yang tidak luluh melihat keindahan alam di timur Indonesia? Area berbukit dengan rumput kecokelatan yang dipadu dengan kemilau air biru memang begitu cantik, bukan? Inilah yang membuat sosok Andre Graff tertarik untuk menetap di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Bagi kita, namanya memang cukup terdengar asing. Namun, siapa sangka ia yaitu pendekar bagi masyarakat Sumba yang telah membantu fasilitas air bersih. Tidak ada yang mengenal nama Graff di sana. Semua memanggilnya dengan sebutan Andre Sumur, dikarenakan telah membuat sumur yang airnya sanggup mengakomodasi kebutuhan 1.250 keluarga. Wah, andal sekali ya!

3. Leonardo DiCaprio
Foreigner - Leonardo Dicaprio di Aceh Leonardi Dicaprio di Aceh (Sumber: cdn4thr.com)

Sang pemain film utama film legendaris Titanic, Leonardo DiCaprio, juga merupakan penggerak kemanusiaan, lho. Pria yang memulai kariernya di layar lebar semenjak awal tahun 1990-an ini, juga mempunyai Yayasan Leonardo DiCaprio Foundation. Selain itu, Ia telah menyumbangkan dana 14.3 miliar untuk misi kemanusian. Aktor yang juga sangat peduli terhadap lingkungan ini juga sedang dalam proyek pembuatan film dokumenter di tempat Aceh dan Medan. Tujuan film dokumenter ini untuk memberikan kampanye menjaga alam secara lebih luas.

4. Bill Clinton
kegiatan relawan - Bill Clinton dalam acara kemanusiaan di Aceh Bill Clinton dalam acara kemanusiaan di Aceh. (Sumber: wwl.hdnux.com)

Mantan orang nomor satu di Amerika Serikat ini sempat mengunjungi Aceh usai peristiwa tsunami yang terjadi pada 2004 lalu. Bill Clinton melalui Yayasan Clinton Foundation telah memperlihatkan pertolongan dana kemanusiaan kepada para korban bencana. Hal ini ditujukan untuk kembali melaksanakan pembangunan kota. Salah satu lokasi yang dibangun ketika itu adalah, adanya tempat pendaratan ikan di Desa Layeun Lhokseudu, Kab. Aceh Besar.

5. Bill Gates
kegiatan relawan - Bill Gates Bill Gates (Sumber: imgur.com)

Menurut The World’s Billionaires 2017 versi majalah Forbes, Bill Gates merupakan orang terkaya nomor satu di dunia. Tentu saja, ini bukan hal yang baru, kan? Namun siapa sangka, pengusaha sukses ini mempunyai sisi kemanusiaan yang luar bisa. Melalui Bill and Melinda Gates Foundation, ia menyumbangkan dana USD40 miliar untuk mengatasi permasalahan kesehatan di Indonesia. Gates berharap supaya permasalahan kesehatan menyerupai penyakit tuberculosis, polio, HIV-AIDS, dan malaria di Indonesia sanggup terselesaikan.

Luar biasa sekali ya kebaikan hati mereka, Smart Buddies! Kamu juga perlu untuk mempunyai hati yang gemar memberi terhadap sesama. Jika, kau mengetahui siapa lagi WNA kemanusiaan lainnya. Bisa lho untuk menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, supaya temanmu juga termotivasi untuk menolong sesama! 

New Call-to-action

0 Response to "5 Wna Ini Berani Menginisiasi Acara Relawan Di Indonesia, Lho!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel