iklan

Laporan Study Tour Wisata Malang Jawa Timur

       Membuat laporan bagi siswa sekolah biasanya dilakukan sesudah kunjungan wisata ke daerah tertentu,dimana guru kita mengatakan kiprah menciptakan laporan study baik itu kelompok maupun perorangan dengan tujuan untuk memenuhi suatu pelajaran tertentu,berikut saya bagikan laporan Hasil Study Tour Di Malang yang dibentuk Sekolah Menengah Pertama 1 Dukuhturi Tegal semoga bermanfaat bagi kita semua :

LAPORAN HASIL STUDY TOUR 
SMPN 1 DUKUHTURI


( Contoh Gambar lambang Sekolah Menengah Pertama 1 Dukuhturi Tegal )

NAMA KELOMPOK
1.    ABDILLAH RIZQI        ( 01 )
2.    ACHMAD SUBKHAN  ( 02 )
3.    HASIM ASYARI            ( 18 )
4.    TOPAN ARDIAN           ( 30 )

SMPN 1 DUKUHTURI

KATA PENGANTAR

Segal Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan inayahnya,sehingga kami sanggup menuntaskan Hasil Laporan Study Karya Ilmiah di Malang .
Dengan tersusunnya laporan ini semua berkat kolaborasi antar teman-teman serta tak lepas dari bimbingan Bapak atau ibu guru dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembuatan laporan ini .
Kami menyadari bahwa meskipun kami telah bekerja secara maksimal,namun masih banyak yang perlu diperbaiki,untuk iti kami mengharapkan saran dan kritik Bapak/kbu guru
Serta semua pembaca demk perbaikan laporan ini sangat kami butuhkan.
Kemudian kepada semua pihak yang telah membantu di dalam penynsunan laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih.
Tegal, Desember 2018



                                                                                                      Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Laporan Study tour / karya wisata yaitu salah satu kegiatan suatu sekolah yang tidak wajib. Dengan adanya karya wisata kita sanggup mengerti perkembangan wisata secara nyata, dan sanggup pula membuatkan daya pikir atau imajinasi kita. Kegiatan tersebut merupakan jadwal yang telah dibimbing dan sanggup digolongkaan dalam ekstrakurikuler sekolah. Kegiatan ini juga dilakukan semoga sanggup menyusun karya tulis. Sehingga dengan adanya wisata selain akan menambah wawasan, juga sanggup dijadikan kegiatan refreshing / penyegaran.

B.     TUJUAN PENULISAN

1)      Memperkaya wawasan para siswa terhadap lingkungan.
2)      Peserta sanggup mengetahui pengetahuan perihal sejarah suatu tempat.
3)      Peserta sanggup mengetahui manfaat telah dibangunnya suatu tempat.
4)      Memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan pengamatan.

C.    TEMPAT KUNJUNGAN STUDY TOUR

1)      Jawa Timur Park 2
2)      Museum Angkut
3)      Batu Paradise Resort Hotel
4)      Batu Night Spectaculer (BNS)
5)      Armatim
6)      Suramadu

D.    ALASAN MEMILIH TEMPAT KUNJUNGAN

1)      Daerah yang strategis, sehingga gampang dijangkau.
2)      Untuk mengetahui info secara mendetail perihal lokasi tersebut.

E.     PESERTA KEGIATAN STUDY TOUR

Peserta pelaksanaan Study Tour (karya wisata) tahun pelajaran 2018/2019 dari Sekolah Menengah Pertama N 1 DUKUHTURI ke Malang diikuti oleh hampir seluruh siswa kelas VIII beserta guru pendamping disetiap busnya.
1)      Jatim Park 2
Jatim Park II yaitu sebuah wahana wisata gres di Kota Batu, kebanyakan orang menduga Jatim Park II berada di Kota Lamongan. Di Kota Lamongan bukanlah Jatim Park II melainkan WBL Wahana pendidikan yang menjadi sentra perhatian diantaranya yaitu volcano dan galeri nusantara yang juga terdapat tanaman argo, diorama binatang langka dan miniatur candi – candi.
Jatim Park 2 atau yang biasa di sebuat Museum Satwa (Secret Zoo ) merupakan sebuah wahana wisata gres di kota Batu. Kebanyakan orang menduga Jatim Park 2 berada di kota Lamongan. Di kota Lamongan bukanlah jatim park 2, melainkan WBL (Wisata Bahari Lamongan). Jatim Park 2  atau yang biasa disebut Museum Satwa (Secret Zoo ) sendiri berada di kota Batu, berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 14 Hektar. Museum satwa yang berada di lokasi Jatim Park 2 kota Batu, lebih tepatnya berada di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu.
Di Jawa Timur Park 2 ini terdapat 2 objek wisata yang terpisah namun tetap dalam satu area yakni Museum Satwa dan Secret Zoo. Kedua tempat tersebut selain menyajikan nuansa rekreasi yang seru dan menarik juga mengatakan pembelajaran modern perihal satwa kepada para wisatawan yang berkunjung. Namun yang mengakibatkan kedua tempat ini (Secret Zoo dan Museum Satwa) berbeda yaitu sarana dan fasilitas di dalamnya. Jika Museum Satwa menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil binatang purba dari banyak sekali Negara lain lagi dengan Secret Zoo yang menyajikan bermacam-macam satwa-satwa hidup dari banyak sekali penjuru Dunia.
Baca Juga : Laporan Hasil Observasi Pasar Tradisional
2)      Museum Angkut

Museum Angkut merupakan sebuah tempat wisata gres yang mempunyai konsep unik. Dibuka pada tanggal 9 Maret 2014, Museum Angkut menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia. Maka tak mengherankan bila di sini Anda sanggup menyaksikan banyak sekali koleksi moda transportasi mulai dari yang masih memakai tenaga binatang hingga tenaga listrik.

Letak Museum Angkut secara administratif berada di kecamatan Batu, Kab malang, Jawa TImu. lebih tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung Atas no. 2 Kota Wisata Batu, malang,  Jawa Timur.  Lokasinya musem angkut ini tidak berada jauh dari wiata jajim park 1. Untuk menuju kesana sangat lah mudah, kita tinggal mengikuti petunjuk arah dari sentra kota malang menuju ke wisata jatim park 1.
Setelah berada  di  Jawa Timur Park 1, kita hanya tinggal melanjutkan jalan lurus saja, nah di ujung jalan itu yaitu lokasi musem angkut. Jika kalian masih galau juga, Kalian sanggup memakai GPS di ponsel pintar. Musem angkut berada di titik koordinat -7.877655, 112.518969

Fasilitas di musem angkut kerikil malang sangat lengkap. Dari restaurant hingga penginapan sudah tersedia. di dalam musem ataupun di sekitar musem. Apalagi lokasinya berdekatan dengan wisata jatim park 1 , 2 dan BNS (Batu Night Spectacular).
Museum angkut kerikil malang membagi areanya dalam beberapa zona. Setiap zona dirancangdan didesain sesuai dengan kotaa atau negara asaldari alat-alat transportasi tersebut berasal. Pihak pengelola mengharapkan dengan desain menyerupai ini pengunjung benar-benar mencicipi keadaan sebenarnya.

3)      Batu Paradise Resort Hotel
Batu Paradise Resort Hotel merupakan salah satu hotel modern minimalis yang terletak di Kota WisataBatu tepatnya di Jalan Diponegoro 6 Batu – Malang. Hotel yang berdiri semenjak tahun 2010 ini menjamin kepuasan pelanggan sebagai prioritas utamanya mulai dari untuk sarana liburan, perjalanan bisnis, serta konferensi untuk banyak sekali jadwal dan event.

Karena lokasinya yang strategis yakni  satu lokasi dengan Batu Paradise Factory Outlet membuat hotel bintang 3 ini dilirik banyak wisatawan sebagai tempat peristirahatan yang cocok di sentra perkotaan. 
Hotel Batu Paradise juga menghadirkan banyak sekali fasilitas dan pelayanan untuk memperkaya penginapan Anda selama menginap disanayakni diantaranya bar, coffee shop, restoran, ruang keluarga, bak renang, taman, wi-fi di tempat-tempat umum, laundry/dry cleaning, jasa transfer bandara/hotel serta tempat parkir kendaraan beroda empat yang luas dan beberapa fasilitas lainnya. Batu Paradise Resort Hotel menawarkan banyak sekali macam tingkatan kamar yang terbagi dalam beberapa tipe diantaranya Junior Suite Room, Superior Suite Room, Deluxe Suite Room, Executive Suite Room, Super Executive Suite Room dan Royal Suite Room. Semua kamar tersebut sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas kenyamanan menyerupai ruang duduk, shower, internet wireless, televisi, meja tulis dan sarana pelayanan lainnya sesuai dengan tipe kamar yang dipilih. Hotel Batu Paradise Malangdapat menjadi destinasi penginapan yang cocok untuk Anda ketika menentukan kemudahan hotel berkualitas di daerah Kota Wisata Batu.
4)      Batu Night Spectaculer (Bns)

Batu Night Spectacular yaitu sebuah wahana wisata terbaru dari Kota Batu. Malam hari anda sanggup menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang sanggup dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan sanggup Anda lupakan sesudah menikmatinya menyerupai galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga sanggup menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana menyerupai drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain.

Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk belum dewasa menyerupai kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain banyak sekali wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata mala mini anda sanggup menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di daerah Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia disana. Batu Night Spectacular ( BNS ) juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan menyerupai lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menar

Usai menikmati bermacam-macam wahana yang disediakan di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, silahkan anda menuju night market. Arealnya tak hanya sekedar menjajakan bermacam-macam kebutuhan dan buah tangan khas. Tetapi, juga banyak sekali kebutuhan lainnya. Di ujung night market, ada ratusan bangku berjajar yang disediakan bagi pengunjung di areal food court. Ada banyak pilihan hidangan minuman maupun kuliner di area ini. Tinggal pilih minuman cuek atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak hidangan yang sanggup dipilih sesuai selera.
5)      Patung Raksasa Berseragam Tentara
Pergi berwisata ke Surabaya, Jawa Timur para pelancong bergotong-royong sanggup melihat-lihat patung raksasa yang sekaligus berfungsi sebagai monumen.
Patung raksasa yang dinamai Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) itu terletak di daerah Komando Armada Timur (Armatim) Tentara Nasional Indonesia AL  yang sanggup dikunjungi dengan cara minta ijin kepada petugas jaga.

Patung raksasa  berseragam lengkap  pakaian dinas upacara perwira Tentara Nasional Indonesia AL  itu mempunyai tinggi 29 meter dan dibentuk dari materi kuningan bekas longsong peluru meriam kapal perang.
Pembuat  patungnya yaitu seniman terkenal, Nyoman Nuarta. Selain berfungsi sebagai patung yang jadi pujian personel Armatim dan monumen, patung itu juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal-kapal perang Tentara Nasional Indonesia AL yang akan berlabuh ke pangkalannya.
Sebagai  monumen di dalam bangunan yang berfungsi sebagai penyangga patung terdapat semacam museum yang menampilkan benda-benda bersejaah Tentara Nasional Indonesia AL.
Benda-benda itu mulai dari miniatur kapal perang, miniatur pesawat terbang milik Penerbal, banyak sekali seragam Tentara Nasional Indonesia AL yang pernah digunakan, diorama sejarah, toko cendera mata dan lainnya.
Patung yang penempatannya di lokasi strategis itu diresmikan pada bulan Desember 1996 dan telah menjadi tujuan wisata potensial dan pernah menerima penghargaan The Most Favorite Destination Award 2012.
Dari lantai atap bangunan  yang menyangga patung para pelancong selain sanggup melihat pemandangan kota  Surabaya dan Jembatan Suramadu juga sanggup menyaksikan jajaran bermacam-macam kapal perang Tentara Nasional Indonesia AL yang sedang bersandar.

6)      Jembatan Suramadu

Selain pemandangan, asal usul dan sejarah tempat wisata Jembatan Suramadu Surabaya juga sering menciptakan orang penasaran. Oleh alasannya yaitu itu, kami memutuskan untuk membahasnya sekilas di sini.
Destinasi ini pertama kali dibangun di zaman pemerintahan Presiden Megawati tahun 2003 lalu. Proses pembangunan Jembatan Suramadu Surabaya memakan waktu 6 tahun dan gres selesai dikala Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden.
Pembangunannya dilakukan dari tiga sisi secara bersamaan, yakni Surabaya, Madura, dan dari bentang tengah. Diperkirakan ada 650.000 ton beton dan 50.000 ton besi baja yang dipakai sebagai bahan. Total biayanya sendiri mencapai Rp4,5 triliun.
Mahal ya kelihatannya? Akan tetapi, jembatan ini sangat penting alasannya yaitu dibutuhkan sanggup mempercepat pembangunan di Pulau Madura. Masyarakatnya pun jadi lebih gampang menyeberang. Dari yang awalnya harus menempuh 30 menit perjalanan dengan kapal feri, kini hanya butuh sekitar 10 menit saja.
Apalagi, tak hanya mempermudah kehidupan masyarakat setempat, pada alhasil jembatan ini juga menjadi pujian masyarakat Indonesia. Dengan panjang mencapai 5.438 m, Jembatan Suramadu Surabaya memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di negeri kita.

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Laporan Study Tour Wisata Malang Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel