iklan

Keragaman Budaya Indonesia

Bangsa Indonesia mempunyai budaya yang beragam. Keragaman budaya yang dimiliki tercermin dalam kehidupan sehari-hari, contohnya bahasa daerah, kesenian daerah, cara berpakaian, upacara susila dan sebagainya.
a.       Bahasa Daerah
Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia. Bahasa dipakai untuk memberikan pesan, baik itu secara mulut maupun secara tertulis. Dengan bahasa pula insan memberikan isu kepada yang lainnya.
Indonesia mempunyai bahasa kawasan yang beragam. Hamper di tiap kawasan mempunyai bahasa wilayahnya sendiri. Bahasa daerah yaitu bahasa yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu. Misalnya bahasa Sunda tumbuh dan berkembang di Propinsi Jawa Barat, Bahasa Batak berkembang di Provinsi Sumatera Utara, Bahasa Minang berkembang di kawasan Sumatera Barat.
Bahasa kawasan dipakai untuk percakapan sehari-hari ataupun dalam pertunjukkan kesenian daerah.
Dengan banyaknya keragaman bahasa kawasan di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 665 bahasa kawasan yang tumbuh dan berkembang di wilayah Indonesia. Bahasa-bahasa tersebut memperlihatkan proteksi yang besar terhadap bahasa Indonesia.

NO
Nama Daerah
Jumlah Bahasa Daerah
1
2
3
4
5
6
7

Papua
Maluku/Maluku Utara
Sulawesi
Kalimantan
Nusatenggara Barat
Sumatera
Jawa/Bali
250 bahasa
233 bahasa
105 bahasa
77 bahasa
53 bahasa
38 bahasa
9 bahasa

b.      Kesenian Daerah
Kesenian kawasan yang kita miliki sangat beragam. Hamper setiap wilayahmemiliki kesenian kawasan yang unik dan hanya terdapat di wilayah tesebut. Keragaman kesenian kawasan yang dimiliki merupakan sumber kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan.

Contoh tarian daerah
Nama Tarian
Asal Daerah
Tari Seudati
Tari Tor-tor
Tari Zapin
Tari Piring
Tari Gending Sriwijaya
Tari Topeng
Tari Serimpi
Tari Jaran Kepang
Tari Gambir Anom
Nanggaroe Aceh Darussalam
Sumatera Utara
Riau
Sumatera Barat
Sumatera selatan
Jakarta
Jawa Tengah
Jawa Timur
Yogyakarta

Tari Piring
Merupakan tarian tradisional dari tradisional dari Sumatera Barat. Tarian ini dilakukan secara berpasangan maupun berkelompok. Gerakan tarian bersifat cepat dan dinamis serta diselingi suara piring yang berdenting yang dibawa oleh sang penari. Tarian ini banyak menggambarkan kegembiraan, kebersamaan, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Minang Kabau.



Tari Saman
Tarian ini berasal dari Provinsi Nanggaroe Aceh Darussalam. Tarian ini dilakukan secara berkelompok, sambil bernyanyi dengan posisi duduk berlutut dan berbanjar/bersaf tanpa memakai alat musik penggiring. Tarian ini banyak memainkan tanganyang ditepuk-tepukkan pada banyak sekali anggota tubuh yang digerakkan ke baerbagai arah dan dipandu oleh seorang pemimpin yang lazim disebut syeh

c.       Rumah Adat
Rumah susila merupakan rumah orisinil penduduk atau masyarakat suatu daerah. Tiap-tiap rumah susila mempunyai nama masing-masing. Beberapa rumah susila yang populer terutama alasannya bentuk diantaranya Rumah Gadang, Rumah Tongkonan, Rumah Joglo, rumah Kebaya dan lain-lain.

Contoh Rumah Adat


d.      Alat Musik Tradisional
Indonesia mempunyai alat musik tradisional yang beragam. Di daerah-daerah tertentu terdapat alat musik tradisional yang biasa dipakai sebagai pengiring dalam upacara adat. Alat musik tradisional juga berfungsi sebagai alat untuk menghibur. Beberapa pola alat music tradisional yaitu Tehyan, Gendang, Talempong, Angklung dan lain-lain.


Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Keragaman Budaya Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel