iklan

Pengertian Kewirausahaan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian wirausaha berdasarkan para ahli. Sebelumnya ada baiknya admin bahas pengertian dari wirausaha itu sendiri. Wirausaha atau kewirausahaan yakni kemampuan untuk bangun sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut Pengertian Kewirausahaan Menurut Beberapa Para Ahli:
  1. Peter F Drucker kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres dan berbeda (ability to create the new and different).
  2. Arif F. Hadipranata wirausaha yakni sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta mendapatkan keuntungan financial ataupun non uang.
  3. Thomas W Zimmerer kewirausahaan yakni penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
  4. Kathleen mengemukakan bahwa wirausaha yakni orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.
  5. Andrew J Dubrin wirausaha yaitu seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah perjuangan yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
  6. Robbin & Coulter “Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness, no matter what resources are currently controlled”. Kewirausahaan yakni proses dimana seorang individu atau kelompok individu memakai upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk membuat nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui penemuan dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang ketika ini dikendalikan.

Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa:
  1. Wirausaha yakni orang yang memiliki semangat, sikap, sikap dan kemampuan kewirausahaan.
  2. Kewirausahaan yakni semangat, sikap, sikap dan kemampuan seseorang dalam menangani perjuangan atau acara yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk gres dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memperlihatkan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh laba yang lebih besar.

Jadi wirausaha itu mengarah kepada orang yang melaksanakan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan. Kewirausahaan dilihat dari sumber daya yang ada di dalamnya yakni seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar daripada sebelumnya dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.

Kewirausahaan dalam arti proses yang dinamis adalah kewirausahaan merupakan sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui perjuangan keras dan waktu yang sempurna dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resiko social, dan akan mendapatkan reward yang berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal. 

Melalui pengertian tersebut terdapat empat hal yang dimiliki oleh seorang wirausahawan yakni :
  1. Proses berkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang gres dengan menambahkan nilainya. Pertambahan nilai ini tidak hanya diakui oleh wirausahawan semata namun juga audiens yang akan memakai hasil kreasi tersebut.
  2. Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan perjuangan yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam perjuangan ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan.
  3. Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam hal ini resiko yang mungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko sosial.
  4. Memperoleh reward. Dalam hal ini reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi. Sedangkan reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatu bentuk derajat kesuksesan usahanya.

Sumber:
Almar, Buchori, 2001, kewirausahaan, Bandung, Alfabeta.

Sekian uraian ihwal Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, supaya bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Kewirausahaan Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel