Defenisi Media Sosial
Sejarah sosial media diawali pada kurun 70-an, yaitu semenjak ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan seseorang sanggup berafiliasi dengan orang lain.Sistem tersebut memakai surat elektronik dengan cara mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Sistem tersebut memakai saluran telepon yang terhubung dengan modem. Konsep dasar media umum berangkat dari perkembangan teknologi informasi berupa e-mail. E-mail pada awalnya dikatakan sebagai media umum dimana setiap pengguna sanggup saling terhubung tanpa terbatas ruang dan waktu. Namun, e-mail yang hanya sanggup menghubungkan satu orang terhadap satu orang lainnya, korelasi ini dianggap tidak sesuai dengan deifinisi sosial yang mencakup orang banyak.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein (bimbingan.org) menyatakan bahwa media umum yaitu seperangkat aplikasi yang berjalan dalam jaringan internet yang berfungsi untuk saling tukar menukar konten. Media sosial sering disebut sebagai situs jejaring sosial yang pada pada dasarnya menekankan pada interaksi sosial yang berbasis web di jaringan internet. Media sosial yaitu media online dimana para penggunanya bisa dengan gampang berpartisipasi, mengembangkan dan membuat isi, menyerupai contohnya blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual. Pendapat lain menyampaikan bahwa jejaring sosial yaitu media online yang mendukung interaksi sosial. Jejaring sosial memakai teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi obrolan interaktif. Jika media tradisional penyebaran informasinya memakai media cetak dan media broadcast maka internet memakai sanggup digolongkan sebagai media baru. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi bantuan dan feedback secara terbuka, memberi komentar serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tidak terbatas. Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk mengembangkan informasi dan berkomunikasi. Kehadiran media umum mengakibatkan media gres yang mempunyai banyak peminat.
Rogers (Hamidati dkk, 2011: 15) menguraikan tiga ciri-ciri media gres yaitu:
- Interactivity yaitu bersifat interaktif yang tingkatannya mendekati sifat interaktif pada komunikasi antarpribadi secara tatap muka.
- De-massification yaitu mempunyai kontrol pengendalian terhadap pesan yang dipertukarkan.
- Asynchronous yaitu kemampuan media gres untuk mengirimkan dan mendapatkan pesan pada waktu yang dikehendaki oleh penerima komunikasi.
Pesatnya perkembangan teknologi ketika ini memunculkan banyak aplikasi gres yang bermunculan di dunia maya, menyerupai media sosial. Perkembangan media umum yang pesat ini tidak hanya terjadi pada negara maju saja tetapi juga di negara berkembang menyerupai Indonesia.
Berikut perkembangan media sosial
1. E-mail (1978)
Awal penemuan sistem papan buletin yang memungkinkan seseorang sanggup berafiliasi dengan orang lain memakai surat elektronik atau menggugah dan mengunduh perangkat lunak. Semua ini dilakukan masih dengan memakai saluran telepon yang terhubung dengan modem.
2. Geocities (1995)
Kelahiran situs GeoCities yang menjadi awal berdirinya situs web lain. Situs ini melayani Web Hosting, yaitu layanan penyewaan penyimpanan data situs web supaya halaman tersebut bisa diakses dari manapun.
3. Sixdegree (1997)
Kemunculan situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com.
4. Blog (1999) Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blog. Situs ini menyampaikan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. Para blogger sanggup membuat banyak sekali hal termasuk hal pribadi atau untuk mengkritisi pemerintah.
5. Friendster (2002) Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada ketika itu menjadi populer.
6. LinkedIn (2003) Berdirinya LinkedIn yang berkhasiat untuk bersosialisasi dan untuk mencari pekerjaan. Selain itu juga ada My space yaitu jejaring sosial yang berfungsi untuk mengembangkan karya berupa foto atau musik.
7. Facebook (2004) Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal sampai ketika ini. Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang mempunyai anggota terbanyak.
8. Twitter (2006) KemunculanTwitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lain. Pengguna Twitter hanya bisa memperbaharui status atau disebut Tweet yang dibatasi hanya 140 karakter.
9. Wiser (2007) Munculnya Wiser yaitu jejaring sosial yang diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April 2007). Situs ini dibutuhkan bisa menjadi petunjuk online organisasi lingkungan di seluruh dunia, termasuk pergerakan lingkungan yang dilakukan individu maupun kelompok.
10. Instagram (2010)
Munculnya jejaring sosial yang fokus pada acara mengembangkan foro dan video yang didirikan pada tahun 2010 dan masih menjadi musim sampai tahun 2015 ini. Dalam penelitian ini, peneliti lebih fokus pada media umum facebook dan twitter yang paling banyak dipakai oleh para remaja.
Facebook
Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling berkomunikasi sampai bertukar informasi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Asal mula facebook ketika Mark Zuckerberg membuat situs kontak jodoh untuk rekan-rekannya di kampus. Mark terinspirasi dari situs Hot Or Not menamai situs buatannya dengan nama Facemash.com. Merasa kurang puas, dirinya membuat situs gres berjulukan The Facebook yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Disadur dari beberapa sumber disimpulkan bahwa awalnya situs tersebut untuk mahasiswa Harvard saja. Namun sebab peminatnya banyak, pada bulan Maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, Amerika Serikat menyerupai Stanford, Columbia, Ivy League. Pertengahan 2004, thefacebook.com menerima investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal berjulukan Pieter Thiel. Pada bulan Mei 2005 dirinya mndapatkan santunan dana besar dari Accel Partners. Pada tahun 2005, facebook memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Pada tahun 2006-2008 facebook diakuisisi oleh banyak perusahaan dan mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang. Facebook terus berkembang dan mengalami banyak perubahan, sekarang para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang berisi foto dan informasi pribadi lainnya. Selain itu, pengguna juga sanggup saling berkirim pesan, bergabung dengan satu atau lebih grup. Secara tampilan facebook berwarna biru dengan lambang abjad “F”. Secara default, pengguna facebook mengatur profil hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini, bisa dirubah sesuai keinginan. Pengguna facebook sekarang sanggup bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur menurut kota, lokasi kerja, sekolah maupun Negara. Sesama pengguna sanggup berafiliasi dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi. Fitur yang dimiliki facebook yaitu fitur interaksi antar sesama pengguna yang disebut fitur Wall (dinding) yaitu ruang daerah dimana para pengguna mengirimkan pesan terbuka. Fitur Foke (colek) yang merupakan sarana untuk mencolek secara virtual. Fitur Photo (foto) yaitu ruang untuk memasang foto. Kotak Status yaitu sarana menampilkan kondisi atau ide terkini si pengguna. Pada Juli 2007, facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim banyak sekali lampiran (tautan, aplikasi dan sebagainya) pribadi ke Wall, dimana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja. Pada September 2006, facebook mengumumkan peluncuran News Feed (rangkaian berita) yaitu kabar informasi yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Pada awalnya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun sesudah mendapatkan keluhan dari beberapa pengguna, pihak facebook merubah pengaturan fitur ini. Sehingga sekarang pengguna sanggup mengatur mana yang bisa atau tidak ditampilkan di News Feed. Fitur Notes (catatan) yang ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Tanggal 7 April 2008, facebook meluncurkan fitur Chatt (obrolan) yakni daerah para pengguna saling berkirim pesan pribadi secara real time. Kemudian pada 8 Februari 2007, facebook menambah fitur Gifts (hadiah), fitur ini yaitu fitur untuk saling berkirim hadiah yang bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Pada Juli 2008, facebook mengubah tampilan situsnya sehingga setiap kategori (dinding, info, foto dan lain-lain) mempunyai tab-tab terpisah. Pada 2009, facebook merapikan tampilan home (beranda). Hingga tahun 2015 tampilan facebook semakin tepat dan memanjakan para penggunanya. Kini facebook sanggup diminati tidak hanya melalui komputer, namun juga melalui smartphone Android dan iOs dengan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.
Twitter
Asal undangan twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biztone, Evan Williams dan diluncurkan tahun 2006. Situs ini dibentuk di San Bruno, California Udekat San Fransisco. Konsep pembuatan twitter ini cukup sederhana yaitu dengan mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Awalnya layanan ini diberi nama twttr terinsipirasi dari nama situs sharing photo flickr. Layanan ini juga dipakai hanya untuk internal perusahaan Oddeo saja. Pada Juli 2006, layanan ini mulai diluncurkan unuk publik dengan nama twitter. Nama tersebut diperkuat dengan logo burung berwarna biru yang berjulukan Larry The Bird. Arti nama twitter itu sendiri yaitu kicauan burung. Twitter yaitu sebuah microblogging atau blog mikro atau sanggup dikatakan sebuah jejaring sosial menyerupai halnya facebook. Sejak awal kemunculannya twitter mengalami perkembangan yang sangat pesat sampai keseluruh dunia. Popularitas twitter semakin bersaing dengan facebook. Pengunaan twitter mengalami perkembangan yang sangat cepat sehingga mengakibatkan semakin banyak inovasi-inovasi yang sanggup memudahkan jalan masuk ke situs ini. Saat ini twitter telah bekerjasama dengan banyak penyedia layanan web dan menghasilkan jumlah penyedia twitter client yang beragam. Twitter Client yaitu penyedia fitur-fitur pemanis dalam penggunaan twitter. Tweetdeck, Seesmic Desktop, tweetie.net, instagram.com, yfrog.com, twitpic.com dan slandr.co.uk merupakan twitter client yang sanggup terkoneksi dengan twitter. Pengguna sanggup mengembangkan postingan twitter dengan memakai layanan tersebut. Ada terdapat beberapa istilah yang dipakai dalam media umum twitter (tweetadd.net) yaitu:
1. Home Pada halaman utama kita bisa melihat tweet yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi sahabat kita.
2. Profile Halaman ini berisi profil atau data diri si pengguna serta tweet yang sudah pernah di-posting dan sanggup dilihat oleh semua orang
3. Followers (Pengikut) Pengguna lain yang menjadi sahabat kita. Bila pengikut tersebut menjadi followers akun seseorang maka tweet orang yang telah ia ikuti akan masuk ke dalam halaman utamanya.
4. Following (Mengikuti) Kebalikan dari followers, following yaitu akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain supaya tweet yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
5. Mentions (Sebutan) Mentions merupakan jawaban dari dari percakapan supaya sesama pengguna bisa pribadi menyebut orang yang akan diajak bicara.
6. Favorite Tweet yang ditandai sebagai favorit supaya tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
7. Direct Message (Pesan Langsung) Fungsi direct message lebih disebut sebagai SMS sebab pengiriman pesan pribadi diantara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut, kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
8. Hastag Penanda yang ditulis di depan topik tertentu supaya pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
9. List (Daftar) Pengguna twitter sanggup mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list. Sehingga memudahkan untuk sanggup melihat secara keseluruhan para pengguna yang mereka follow.
10. Trending Topic Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
11. Tweet (Kicauan) Pesan yang dikirim via twitteryang berisi 140 karakter, Pear Analytics dibadi menjadi:
- Berita
- Spam
- Promosi diri
- Celoteh tidak berarti
- Percakapan
12. Retweet (RT) Meneruskan pesan dari orang lain untuk diteruskan kepada para pengikut.
Sumber http://tugasakhiramik.blogspot.com/
0 Response to "Defenisi Media Sosial"
Posting Komentar