iklan

Asam Amino Esensial Dan Non Esensial

       Pengertian Asam amino secara biologisnya yaitu Asam amino Esensial yang sanggup diperoleh melalui kuliner tiap harinya lantaran tidak sanggup disintesa di dalam badan Asam amino Non Esensial. Selain dari kuliner sanggup juga disintesa didalam badan melalui proses transaminasi,berikut pengertian asam amino esensial dan asam amino non esensial secara singkat :


1.     Asam amino esensial
Dari sekian banyak  asam amino yang sudah kalian kenal, sekitar antara sepuluh macam yang tidak sanggup dibuat oleh badan insan dan harus didapatkan dari asupan kuliner tiap harinya. Itulah yang dinamakan asam amino esensial, juga sering disebut asam amino indispensable. Asam amino esensial ini dibutuhkan untuk pertumbuhan badan manusia. Jika hingga kekurangan asam amino sanggup berakibat menderita busung lapar (kwashiorkor). lain dengan lemak atau karbohidrat yang sanggup disimpan, badan insan tidak sanggup menyimpan asam amino. Itu sebabnya keharusan asupan asam amino yang cukup dari banyak sekali kuliner selalu diharapkan setiap hari.
Sebetulnya  dari banyak sekali jenis asam amino esensial yaitu arginin sanggup dibuat oleh tubuh, namun prosesnya sangat usang dan tidak mencukupi untuk seluruh kebutuhan manusia. Makara juga harus diberikan dari makanan. Selain itu jenis - jenis asam amino lainya juga berfungsi saling melengkapi satu sama lain. Contohnya metionin dibutuhkan untuk memproduksi cystein, atau fenilalanin dibutuhkan untuk membentuk tirosin.
Berikut ini yaitu daftar asam amino esensial.
a.      Histidin (His)
b.      Isoleusin (Ile)
c.       Leusin (Leu)
d.      Lisin (Lys)
e.       Metionin (Met)
f.       Fenilalanin (Phe)
2.     Asam amino non esensial
Asam amino non esensial atau asam amino dispensable yaitu asam amino yang sanggup dibuat oleh badan manusia. Karena sanggup dibuat sendiri oleh badan maka tidak harus memperoleh asupan dari makanan.
Berikut ini yaitu daftar asam amino non esensial.
a.      Prolin (Pro)
b.      Serine (Ser)
c.       Alanin (Ala)
d.      Arginin (Arg)
e.       Asparagin (Asn)
f.       Asam aspartat (Asp)
g.      Sistein (Cys)
h.      Glutamine (Gln)
i.        Asam glutamate (Glu)
j.        Glisin (Gly)

     Demikian pengertian asam amino esensial dan asam amino esensial mohon maaf jikalau ada kesalahan kata atau kesalahan dalam penulisan secara aku hanya insan biasa yang tak luput dari kesalahan sekian dan terima kasih atas kununganya.

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Asam Amino Esensial Dan Non Esensial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel