iklan

Cara Jitu Ternak Ikan Koi Dibahas Tuntas Disini Wajib Coba

Ternak ikan koi – Ikan koi berasal dari negara Jepang. Di negara Jepang sendiri ikan koi dijadikan simbol persahabatan dan cinta. Selain itu ikan koi dipercaya sebagai pembawa hoki oleh sebagian masyarakat di sana. Namun secara umum ikan koi difungsikan sebagai ikan hias untuk mempercantik rumah. Tahukah Anda bahwa ikan koi merupakan saudara dekat dari ikan mas atau karper?


 Di negara Jepang sendiri ikan koi dijadikan simbol persahabatan dan cinta Cara Jitu Ternak Ikan Koi Dibahas Tuntas Disini Wajib Coba
Ternak ikan koi

Tidak mengherankan jikalau di negara yang dekat dengan sebutan matahari terbit itu ikan koi disebut juga ikan karper bersulam emas. Dikatakan demikian alasannya ialah corak di tubuh ikan koi yang beraneka ragam dan indah. Awal mula ikan koi muncul di Indonesia ialah sekitar tahun 60-an. Dahulunya ikan koi dibawa oleh pemimpin China sebagai hadiah kepada Presiden pertama di negara ini yaitu Presiden Soekarno. Selanjutnya oleh Presiden Soekarno ikan koi tersebut diberikan kepada peternak ikan yang berada di tempat Batu, Malang. Dari sinilah ternak ikan koi mulai menyebar di Indonesia.


Artikel terkait ikan koi: Bisnis Ikan Air Tawar Yang Potensial 


Pada tahun 60-an kualitas ternak ikan koi di negara ini masih kurang baik, bahkan dikatakan sangat jauh dari kualitas super. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, serta didukung dengan pengalaman dan isu yang ada maka kualitas ternak ikan koi lokal sekarang mempu bersaing dengan ikan koi kualitas import. Selain itu dengan banyaknya lomba – lomba kecantikan dan keindahan  yang diadakan oleh para pecinta ikan koi, terang hal ini sanggup menambah nilai jual ikan koi dimata mata masyarakat umum.


Ternak ikan koi sesunggunya relatif mudah. Anda cukup mencari indukan yang mempunyai corak dan warna yang bagus untuk budidaya ikan koi. Selanjutnya pemijahan dan penyortiran untuk anakan ikan koi yang sudah layak untuk dijual.


Pemilihan Indukan Ternak Ikan Koi


Pemilihan indukan merupakan hal yang terpenting dalam ternak ikan koi. Apabila Anda mempunyai indukan yang bagus serta didukung dengan perawatan dan pakan yang baik, maka 90% keturunannya akan bagus pula. Untuk mendapat indukan ikan koi yang bagus atau berkualitas untuk budidaya ikan koi, Anda sanggup membeli ataupun berhubungan dengan peternak ikan koi lainnya.


Umur ikan koi yang baik sebagai indukan ialah umur 3 tahun untuk koi betina dan 2 tahun untuk koi jantan. Pilihlah indukan dengan fisik yang baik atau tidak cacat, pergerakan gesit, warnanya cerah, serta telah matang sebagai indukan. Namun, tidak selalu dengan indukan yang baik sanggup menghasilkan anakan yang bagus juga. Yang terpenting dalam ternak ikan koki ialah indukan mempunyai sifat – sifat dari ikan koi unggulan.


Proses Pemijahan Ternak Ikan Koi


Dalam ternak ikan koi sebelum pemijahan dilakukan sebaiknya bersihkan kolam terlebih dahulu dan biarkan kolam terkena sinar matahari hingga benar-benar kering. Isi kolam dengan air secukupnya kemudian diendapkan terlebih dahulu selama sehari. Masukkan ijuk kedalam kolam, ijuk ini berfungsi sebagai media tempat ikan koi menaruh telurnya.


 Di negara Jepang sendiri ikan koi dijadikan simbol persahabatan dan cinta Cara Jitu Ternak Ikan Koi Dibahas Tuntas Disini Wajib Coba
Sampel kolam pemijahan

Kolam Ternak Ikan Koi


Terdapat 3 macam kolam ikan koi yang wajib disediakan dalam ternak ikan koi diantaranya sebagai berikut:



  • Kolam pemijahan


Kolam pemijahan untuk ternak ikan koi dibentuk dengan ukuran 4 m2, kedalaman 0.5 m serta dilengkapi dengan susukan untuk sirkulasi air kolam. Pilihlah tempat atau lokasi pembuatan kolam ikan koi dengan kecukupan sinar matahari serta jauh dari keramaian. Proses pemijahan sebaiknya dilakukan dilakukan pada sore hari. Masukkan indukan betina kedalam kolam terlebih dahulu dan 3 jam kemudian gres indukan jantan dimasukan ke dalam kolam pemijahan. Hal ini bertujuan supaya betina menyesuaikan diri lebih dahulu dengan lingkungan kolam.



  • Kolam penetasan telur dan perawatan benih


Kolam penetasan telur dan perawatan dalam ternak ikan koi dibentuk menjadi satu kolam dengan ukuran 2 – 3  m2. Umumnya pemijahan dilakukan pada malam hari. Keesokan harinya, pindahkan kedua indukan ke kolam ikan koi lain. Hal ini untuk menghindari indukan memakan telurnya sendiri. Usahakan telur yang melekat pada ijuk tetap terendam air. Anda sanggup memakai pemberat supaya ijuk-ijuk tersebut tetap terendam air. Setelah 48 jam semenjak pemijahan telur akan menetas, biarkan  benih benih tersebut hingga 5 hari barulah diberikan pakan. Disarankan Anda memperlihatkan pakan berupa kutu air yang berukuran kecil. Apabila burayak (anak ikan yang masih sangat kecil) telah berukuran 1 cm, Anda sanggup memperlihatkan pakan berupa kutu atau udang artemia. Jika burayak telah berukuran 1,5 cm Anda sanggup menambahkan cacing sutera hingga berumur 21 hari.



  • Kolam pendederan


Ketika burayak telah memasuki usia 21 hari, sebaiknya benih ikan dipindahkan ke kolam pendederan hingga berumur tiga bulan. Kolam pendederan dibentuk dengan ukuran 3 m2. Kapasitas kolam ikan koi pendederan yaitu 200 hingga 300 ekor benih ikan koi. Pada tahap pendederan Anda sanggup memperlihatkan pakan berupa pelet dengan intensitas 2x sehari. Takaran pakan ialah ¼ hingga ½ ons hingga benih koi tersebut kenyang. Berikan udang atau cacing 2 – 3 hari sekali. Hal ini berkhasiat untuk mempercepat pembentukan warna dan corak pada tubuh ikan koi.


Setelah koi berumur 3 bulan, Anda sanggup menyortirnya sesuai dengan kualitas warna dan besarnya tubuh koi. Mulai dari sini Anda sudah sanggup melihat mana ikan dengan nilai jual tinggi dan rendah.


 Di negara Jepang sendiri ikan koi dijadikan simbol persahabatan dan cinta Cara Jitu Ternak Ikan Koi Dibahas Tuntas Disini Wajib Coba
Anakan ikan koi

Catatan Tambahan Dalam Ternak Ikan Koi :


Cara karantina dalam ternak ikan koi yang gres tiba :


Berikut ini ialah langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam proses karantina pada budidaya ikan koi yang gres hingga ditempat Anda:



  • Karantina dalam ternak ikan koi sanggup dilakukan pada sebuah kolam dengan dinaungi atap supaya terhindar dari air hujan secara langsung. Namun sebaiknya kolam tetap terkena sinar matahari supaya air tidak terlalu dingin. Tempatkan kolam untuk karantina ditempat yang cukup jarang dilewati oleh orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari kaget pada ikan koi dan benturan kedinding bak.

  • Siapkan air dalam kolam karantina 1 – 2 hari sebelum ikan datang. Ketinggian air ialah 25 – 30 Nyalakan aerator dan sirkulasi air. Masukan garam ikan sebanyak 1 ons/m2 atau garam kasar, tutup sebagain dari kolam tersebut supaya ikan koi tidak meloncat keluar.

  • Masukan ikan yang gres tiba bersama plastiknya supaya ikan menyesuaikan diri dengan suhu pada kolam karantina. Diamkan selama 30 – 40 menit barulah koi dikeluarkan pelan-pelan dari plastik. Hanya ikan saja yang dimasukkan ke kolam karantina, air dari plastik tidak ikut dimasukkan ke kolam tersebut. Jangan campurkan ikan usang dengan ikan baru.

  • Selama dikarantina, ikan sebaiknya tidak di beri pakan supaya air kolam tidak kotor. Tetapi jikalau ikan ingin diberi pakan, boleh diberi pakan sedikit asalkan air tidak kotor.

  • Gantilah air dalam kolam karantina setiap hari sebanyak 20% dari volume air, supaya air yang gres menggantikan sebagian dari air usang semoga kualitas air tetap terjaga.

  • Sebaiknya dilakukan pengamatan pada masa karantina. Setelah 8 hingga 10 hari koi yang terlihat sehat akan ditandai dengan ikan koi berenang mengelilingi kolam serta sesekali naik kepermukaan menyerupai meminta makan.


Artikel terkait ikan mas: Pakan Ikan Mas Alternatif


Sumber gambar: nabilafarm, bibitmurah, kampungkoi, davoskoi


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Jitu Ternak Ikan Koi Dibahas Tuntas Disini Wajib Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel