Makalah Pengantar Teknologi Gosip Dan Komunikasi
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
Disusun oleh
Nama : Arina Ayuningtias
NPM : 4118500016
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Aplikasi Komputer Ekonomi
Dosen Pengampu : Deddy Prihadi,SE,M.Kom
PROGRAM STUDI MANAGEMENT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
2018
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, alasannya yaitu berkat kemurahan-Nya makalah ini sanggup kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “ 6 Teknologi Informasi ”, suatu permasalahan yang selalu dialami bagi mahasiswa yang menggunakan teknologi informasi untuk mengakses suatu informasi dengan menggunakan internet, terlebih yang secara pribadi mx word bergabung dengan Makalah ini dibentuk dalam rangka memperdalam pemahaman duduk kasus dalam mengakses yang benar dan sangat dibutuhkan dalam suatu keinginan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan mx word sekaligus melaksanakan apa yang menjadi kiprah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Teknologi Informasi ”.
Dalam proses pendalaman bahan ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan :
• Deddy Prihadi,S.E,M.Kom , selaku dosen mata kuliah “Keamanan Jaringan informasi” yang memperlihatkan bimbingan saran dan wangsit untuk menciptakan makalah ini .
• Rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memperlihatkan masukan untuk makalah ini.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh alasannya yaitu itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,
Tegal, September 2018
Arina Ayuningtias
BAB I
TEKNOLOGI PERANGKAT MASUKAN
Pengertian perangkat input komputer
Perangkat input yaitu (masukkan) perangkat masukan unit komputer yang berkerja memperlihatkan proses perintah secara eksklusif dengan menghasilkan berupa informasi secara terjemahan digital kepada para pengguna
Berbagai pola dan macam-macam alat perangkat keras yang merupakan alat input terdiri dari beberapa kegunaan tersendiri, menyerupai :
A. KeyBoard
Keyboard yaitu termasuk perangkat keras input komputer yang berfungsi untuk perintah memasukkan angka, huruf, karakter lainnya pada sistem operasi komputer. Tak jarang juga keyboard dikenal dengan istilah papan ketik komputer
Jenis-Jenis keyboard :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya digunakan yaitu keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini menyerupai mirip tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY mempunyai empat bab yaitu :
1) Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini memperlihatkan bahwa abjad yang diketik akan menjadi abjad besar atau Kapital, jikalau lampu indicator caps lock mati, maka abjad akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke simpulan baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris gres atau untuk melaksanakan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2) Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3) Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari aktivitas komputer yang digunakan.
4) Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi jikalau ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
B. Mouse
Mouse yaitu salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, sanggup sebagai perintah mudah dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal semenjak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penitikberatan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penitikberatan ini akan berfungsi jikalau mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi jikalau tidak berada pada objek yang ditunjuk penitikberatan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan menyebabkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
C. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya sanggup kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini sanggup digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad yaitu model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
D. Light Pen
Light pen yaitu pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yang sanggup mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
E. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Baca Juga : Laporan Prakerin Flashing Bios
F. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini yaitu untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya melekat pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
G. Scanner
Scanner yaitu sebuah alat yang sanggup berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini menyerupai mirip mesin fotocopy, perbedaannya yaitu mesin fotocopy akhirnya sanggup dilihat pada kertas sedangkan scanner akhirnya sanggup ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita sanggup melaksanakan perbaikan atau modifikasi dan kemudian sanggup disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar balasan komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melaksanakan scan lembar balasan komputer yaitu SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang sanggup mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran yaitu scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan kemudahan OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
H. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer bisa mendapatkan input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih anggun dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian sanggup dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran dikala ini ada aneka macam macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis hingga dengan kamera yang sanggup merekan gambar hidup atau bergerak menyerupai halnya video.
I. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan bunyi yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita sanggup merekam bunyi ataupun sanggup berbicara kepada orang yang kita inginkan pada dikala chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk mendapatkan input bunyi yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
J. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) sanggup menciptakan rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan menggunakan alas tegangan rendah, yang pada alas tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan alas sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya yaitu dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
BAB VI
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
1. PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi yaitu teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu kawasan ke kawasan lain. Dalam kaitannya dengan ‘Telekomunikasi’ bentuk komunikasi jarak jauh sanggup dibedakan atas tiga :
Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan peserta informasi tidak sanggup menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
a) Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan peserta informasi sanggup menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
b) Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan peserta informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Jaringan telekomunikasi yaitu segenap perangkat telekomunikasi yang sanggup menghubungkan pemakaiannya (umumnya manusia) dengan pemakai lain, sehingga kedua pemakai tersebut sanggup saling bertukar informasi (dengan cara bicara, menulis, menggambar atau mengetik ) pada dikala itu juga.
2. Jaringan telekomunikasi terdiri atas dari tiga bab utama, yaitu :
A Perangkat transmisi
Perangkat transmisi bertugas memberikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik dekat, maupun jauh). Media transmisinya sanggup berupa kabel, serat optik maupun udara, tergantung jarak dari tempat-tempat yang dihubungkan serta tergantung pada beberapa banyak kawasan yang saling dihubungkan.
B Perangkat penyambungan (switching)
Perangkat penyambungan bertugas supaya pemakai sanggup menghubungi pemakai lain sesuai menyerupai yang diinginkannya. Perangkat penyambungan disebut masih menggunakan sistem manual jikalau dibutuhkan seorang operator yang bertugas menyambungkan pemakai dengan pemakai lain yang diingininya.
C Terminal
Terminal yaitu peralatan yang bertugas merubah sinyal informasi orisinil (suara insan atau lainnya) menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.
Ini dibutuhkan alasannya yaitu perangkat transmisi yang bisa memberikan informasi tersebut dari satu kawasan ketempat yang lain yang umumnya tidak bersahabat dalam waktu cepat, memang mempersyaratkan supaya sinyal informasi diubah menjadi sinyal listrik (untuk dilewatkan kabel) atau menjadi sinyal elektromagnetik (untuk dilewatkan udara) atau menjadi sinyal cahaya (untuk dilewatkan serat optik).
Perangkat dan media transmisi sebagai penghubung antara perangkat penyambungan dengan terminal disebut sebagai JARLOKAT (Jaringan Lokal Akses Tembaga). Untuk sistem analog, biasanya jaringan kabel lokal menyediakan transmisi kanal telepon analog 4 kHz untuk setiap saluran pelanggan. Untuk ISDN, biasanya berupa kabel serat optik. Perangkat dan media transmisi sebagai penghubung antara perangkat penyambungan dengan perangkat penyambungan di kawasan lain disebut jaringan penghubung atau jaringan interlokal. Jaringan penghubung biasanya berupa jaringan radio gelombang mikro, komunikasi satelit atau kabel serat optik.
Perangkat penyambungan disebut juga sebagai sentral. Karena jenis komunikasi yang paling awal yang dilayani sentral yaitu komunikasi telepon maka selanjutnya kita sebut sentral telepon.
3. pola dan manfaat telekomunikasi
A Telepon
Telepon yaitu alat telekomunikasi yang sanggup mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon yaitu Alexander Graham Bell.
B Radio
Radio yaitu teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, alasannya yaitu gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
C Televisi
Televisi yaitu sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Makara televisi berarti tampak atau sanggup melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan inovasi roda, alasannya yaitu inovasi ini bisa mengubah peradaban dunia.
D. jaringan komputer
Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bantu-membantu untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah.
0 Response to "Makalah Pengantar Teknologi Gosip Dan Komunikasi"
Posting Komentar